window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual

Evan · 21 Okt, 2021 17:32

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 01

Generasi kesebelas Honda Civic baru-baru ini mendapatkan tambahan model baru, lewat debut global model Si yang merambah pasar Amerika pada Selasa lalu (19/10). Hadir dalam pilihan bentuk Sedan saja, Civic Si 2022 menawarkan tampilan serta pengendaraan yang lebih sporty dari versi standar.

Honda sengaja menelurkan mobil satu ini untuk mengincar konsumen Civic Type R terbaru yang tak ingin menunggu lama dan punya budget terbatas.

Mengambil desain dari mobil konsep Civic Proto yang pernah ditampilkan sebelumnya, Civic Si jadi sedikit lebih rendah, makin lebar dan tambah panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang telah diatur short thrownya oleh Honda, sehingga memberikan rasa shifting naik dan turun lebih pendek.

Baca juga: Honda Breeze PHEV 2021 Meluncur, Kembaran CR-V yang Lebih Ganteng dan Pakai Mesin Listrik

Tampilan Makin Sporty, Eksterior Dilabur Warna Mencolok

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 01

Tampang depan makin sporty

Dari bagian muka, Civic Si 2022 dapat dikenali dari grill depan dengan bentuk dan opening kisi-kisi yang lebih lebar, memastikan jalur udara terjaga bagi mesin bertenaga 200 PS.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 02

Emblem Si dipadu gril baru

Ada juga emblem Si melekat disampingnya, sebagai pembeda dengan model Civic lain. Sisanya soal fascia boleh dibilang mirip sama seperti bawaan model RS yang dijual di Thailand.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 03

Dari samping kelihatan lebih rendah

Berlanjut ke samping, perbedaan kelihatan jelas dari penggunaan pelek palang lima yang berwarna black glossy berukuran 18 inci.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 04

Pelek model baru, cakram lebih besar

Di dalamnya ada rem cakram yang menurut Honda telah diperbesar ukurannya di depan 1,2 inci dan  belakang 0,9 inci, untuk mengimbangi tenaga buas Civic Si. Selain itu ada juga tambahan aksen hitam di bagian kaca spion sebagai pemanis.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 05

Bagian belakang identik model RS

Buritan mungkin jadi area Civic Si yang tetap mempertahankan desain utuh dari Civic standar. Tetap dengan gaya modern dan dilengkapi spoiler belakang kepunyaan model RS.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 06

Dual knalpot lebih merdu

Bedanya ada di emblem Si, serta dual knalpot baru hasil rancang ulang tim engineer Honda, yang mampu menghasilkan suara merdu dari mesin empat silindernya.

Baca juga: Kalau Honda Civic 2022 Ada Versi Wagon, Bisa Lebih Menarik Saat Masuk Indonesia

Interior Pakai Jok Bucket Seat dan Tuas Persneling Aluminium

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 07

Interior banyak kemiripan dengan veris reguler

Masuk ke dalam, pembaruan terbesar dari Civic Si adalah joknya yang mengadopsi model bucket seat, lengkap dengan kombinasi merah-hitam dan emboss Si di bagian headrest.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 08

Kursi model bucket seat

Paduan warna ini juga bisa ditemukan pada sekeliling kabin, mulai dari jahitan stir, insert pada doortrim pintu, hingga trim di sekitar ventilasi AC.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 09

Transmisi dari aluminium

Di bagian konsol tengah, Honda menyematkan tuas persneling terbuat dari bahan aluminium yang mirip dengan bentuk Type R sebelumnya

Klaim pabrikan asal Minato Jepang ini, rasa short throw antar gigi jadi lebih pendek 10 persen, kemudian digabungkan dengan respons throttle gas yang lebih cepat berkat penurunan 30 persen pada flywheel.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 10

Lis merah di ventilasi AC

Dari segi konektivitas, Civic Si mendapatkan layar hiburan berukuran 9 inci yang sudah support duo Android Auto Apple Carplay.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 11

Layar instrumen 7 inci lengkap

Begitu pula dengan panel instrumen, dalam wujud layar LCD 7 inci yang mampu menampilkan informasi dan kelengkapan mobil. Khusus di tipe Si sudah memiliki sistem tata suara dari Bose dengan 12 speaker ditambah subwoofer.

Soal keselamatan Honda tidak pelit, ikut memasukkan sistem keselamatan ADAS dalam paket Honda Sensing (HS) sebagai standar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan

Mesin dan Transmisi Kombinasi Spesial

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 12

Mesin 1.500cc yang sama seperti Civic lain

Meski Civic Si masih menggunakan mesin 1.5-liter empat silinder turbo sama seperti model standar, tapi Honda melakukan perubahan pada flywheel sehingga menjadi lebih ringan.

Hal ini berdampak pada tenaga yang naik jadi 200 PS pada 6.500 rpm dan torsi yang lebih besar sejak putaran lebih awal, yakni 260 Nm di 1.800 rpm hingga 5.000 rpm. 

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 13

Manual 6 speed satu-satunya pilihan

Mesin ini diklaim memiliki output makin sigap serta delivery tenaga yang lebih menyenangkan saat  menginjak pedal gas.

Insinyur Honda juga banyak menghabiskan waktu pada bagian setir yang dibuat lebih berat dan direct, lengkap dengan mode Individual dimana pengemudi bisa mengatur kesesuaian berat setir bersama respons pedal gas.

Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual 14

Civic Si bersama pendahulunya

Tenaga dan torsi lalu dikirimkan ke satu pilihan transmisi berupa manual 6 percepatan yang memiliki teknologi rev-matching saat turun gigi.

Beberapa ubahan lain datang tak kasat mata, seperti model sasis diklaim lebih rigid 8 persen di sektor torsional rigidity, 13 persen peningkatan di bending stiffness, anti roll baru yang lebih stiff, dan spring rate lebih kaku 8 persen didepan 54 persen dibelakang.

Baca juga: Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil