Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas

Evan · 19 Okt, 2021 11:00

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 01

Meski digusur secara penjualan oleh segmen SUV dan MPV, tetapi mobil di kelas Low Cost Green Car (LCGC) masih tetap laris. Bahkan mencapai belasan ribu unit, berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada September 2021 lalu.

Secara total gabungan penjualan, LCGC menyumbang 13.977 unit alias 1/8 bagian dari semua kendaraan baru, yang berada di angka 83.319 unit.

Secara mengejutkan keperkasaan Honda Brio Satya harus tergerus, efek dari krisis chip semikonduktor yang memaksa konsumen harus inden berbulan-bulan lamanya.

Meski peringkatnya turun drastic, tapi Brio bukan jadi yang paling buncit loh. Lantas siapakah yang memegang tahta sebagai mobil murah terlaris saat ini?  Yuk lihat lebih jelasnya.

Baca juga: Toyota Avanza Kembali Pegang Mahkota Mobil Terlaris di Indonesia, Xpander Diurutan Buncit

1. Daihatsu Sigra

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 01

Si juara baru di September, Daihatsu Sigra

Siapa sangka sebuah MPV Daihatsu bisa melewati penjualan Toyota yang notabene jadi juara di segmen LCGC ini. Sigra mencatatkan penjualan wholesales sebesar 4.576 unit, membuatnya mendapatkan gelar sebagai kendaraan terlaris September 2021 mengalahkan kompetitor lain.

Angka terbanyak datang dari tipe Sigra 1.2 R bertransmisi manual yang laku 1.722 unit. Selanjutnya disusul oleh model transmisi otomatis tipe R dengan 751 unit. 

2. Toyota Calya

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 02

Toyota Calya menempati peringkat dua

Kembaran Sigra ini harus puas di tempat kedua lewat penjualan sebanyak 4.396 unit. Meski bukan jadi juara, tapi Calya mencatatkan kenaikan dari bulan sebelumnya yang hanya bercokol di angka 3.919 unit saja. Angka di bulan September ini merupakan yang terbesar sepanjang Januari-September 2021.

Penjualan paling banyak disumbangkan oleh Calya 1.2 G bertransmisi manual dengan 3.266 unit. Dibelakangnya menyusul tipe 1.2 G otomatis lewat 979 unit.

3. Daihatsu Ayla

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 03

Daihatsu Ayla Top 3

Dua mobil Daihatsu di Kelas LCGC masuk tiga besar mobil terlaris berdasarkan data wholesales Gaikindo bulan September lalu. Ayla membukukan penjualan di angka 2.441 unit, sekaligus juga mengalahkan kembarannya dari Toyota.

Tipe yang memberikan kontribusi terbesar dari enam delapan model yang ada adalah Ayla 1.2 R MT dengan 673 unit, disusul oleh model otomatisnya sebesar 448 unit.

Baca juga: 5 Mobil Pick Up Terlaris Pilihan Pengusaha di Indonesia, Ada yang Gak Pernah Ganti Model Tapi Tetap Laku!

4. Toyota Agya

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 04

Toyota Agya kalah dari saudaranya

Agaknya penyegaran Toyota Agya beberapa bulan lalu menjadi model GR Sport kurang mendapat animo masyarakat. Buktinya dari data penjualan wholesales, Agya hanya mencatatkan penjualan sebesar 2.086 unit, alias lebih sedikit 356 unit dibandingkan saudaranya Daihatsu Ayla.

Model Agya 1.2 GR Sport transmisi manual paling banyak menyumbangkan penjualan dari 10 model lainnya, yakni 1.000 unit. Disusul tipe otomatisnya sebanyak 918 unit.

5. Honda Brio Satya

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 05

Brio Satya terhempas dari posisi utama

Juara bertahan dua bulan lalu Honda Brio Satya harus puas terdegradasi dari posisinya di nomor satu, jadi turun ke nomor lima. Kekurangan chip semikonduktor ditengarai menjadi masalah utama pabrikan asal Jepang ini, sehingga hanya mencatatkan 372 unit saja.

Penyumbang terbesar hanya dari satu model saja, yakni tipe Brio Satya E AT dengan 372 unit, sedangkan dua model lainnya yang bertransmisi manual tercatat 0 unit.

6. Suzuki Karimun Wagon R

Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas 06

Wagon R menempati urutan terakhir

Mobil satu-satunya Suzuki di kelas LCGC ini sudah lama tidak mendapatkan penyegaran, makanya tak salah penjualannya juga turun terus setiap bulannya. Berdasarkan data wholesales, Karimun Wagon R hanya mencatatkan penjualan 106 unit kendaraan.

Model terlaris diisi oleh tipe Karimun Wagon R GS AT yang ada di angka 61 unit. Selanjutnya menyusul tipe GL sebanyak 24 unit saja.

Baca juga: LSUV Terlaris September 2021, Duet Toyota Rush - Daihatsu Terios Tak Terkalahkan

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Ayla 1.0L D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru