Honda HR-V 2021 di Malaysia Dapatkan Penyegaran dengan Penambahan Fitur dan Warna Baru

Dhoni · 14 Jan 2021 14:00

Setelah dikabarkan generasi terbaru dari Honda HR-V atau juga di kenal sebagai Honda Vezel di Jepang, akan segera hadir pada April 2012 mendatang, di Malaysia, Honda HR-V justru mendapatkan penyegaran. Pada 13 Januari kemarin, Honda HR-V yang dijual di Malaysia mendapatkan penyempurnaan fitur infotainment, update eksterior dan opsi warna baru.

Honda HR-V 2021 mendapatkan penambahan fitur untuk di Malaysia

Honda HR-V 2021 dengan Android Auto dan Apple CarPlay

Pada tipe sebelumnya, Honda HR-V yang beredar di Malaysia belum tersedia fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Pada facelift terbaru, kini semua varian mendapatkan layar sentuh berukuran 7 inci yang telah terdapat konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Dan juga tersedia koneksi USB sebanyak dua buah di bagian tengah mobil Honda HR-V.

Perbedaan infotaiment layar sentuh pada Honda HR-V terbaru di Malaysia

Sementara Honda HR-V di Indonesia sampai saat ini masih menganut sistem audio model lama tanpa fitur konektivitas Apple CarPlay maupun Android Auto meskipun pada tiga varian tertingginya sudah mendapatkan head unit 8 inci dengan kamera parkir. Bukan tidak mungkin, sebelum mendapatkan generasi terbaru Honda HR-V 2021, penyegaran serupa juga akan didapatkan HR-V di Indonesia. Ubahan lainnya juga terlihat pada model kemudi palang tiga yang kini berbalut kulit, berbeda dibandingkan sebelumnya yang menggunakan campuran kulit-urethane.

Sedangkan khusus pada Honda HR-V carian Sport Hybrid mengalami perubahan di sektor lampu utama. Jika sebelumnya menggunakan model projector berbohlam halogen, kini mengadopsi lampu berteknologi LED mulai dari lampu utama, lampu kabut dan lampu belakang. Di Indonesia HR-V 1.5L E CVT Special Edition dan 1.8L Prestige juga telah mendapatkan lampu LED.

Lampu Honda HR-V di Malaysia telah full LED

Masih di bagian ekterior, Honda HR-V facelift di Malaysia ini mendapatkan handle pintu berbalut chrome. Di Malaysia, juga tersedia pilihan warna Platinum White Pearl yang pada Honda City menjadi pilihan terlaris Warna ini menggantikan opsi warna White Orchard Pearl yang tersedia sebelumnya. Di Indonesia sendiri, pilihan warna mobil hitam atau putih menjadi opsi yang paling digemari, hampir 50% konsumen menyukainya.

Varian Honda HR-V di Malaysia hanya tersedia 4 tipe yang terdiri dari Honda HR-V 1.8 E, Honda HR-V 1.8 V, Honda HR-V 1.8 RS dan Honda HR-V 1.5 Sport Hybrid. Mesin yang digunakan pada Honda HR-V (E, V dan RS ) adalah mesin 1.8 liter yang dapat menghasilkan tenaga 142 PS dengan torsi 172 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT. Sementara pada Honda HR-V Sport Hybrid menggunakan mesin 1.5 liter berteynaga 152 PS dengan torsi 190 Nm yang dipadukan dengan transmisi otomatis dual-clutch (DCT) 7 percepatan.

Honda HR-V di Indonesia

Berbeda dengan versi Honda HR-V di Indonesia. Di sini tersedia tipe Honda HR-V 1.5L S, Honda HR-V 1.5L S CVT, Honda HR-V 1.5L E CVT, Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition dan Honda HR-V 1.8L Prestige. Di Indonesia belum tersedia varian Sport Hybrid yang ditawarkan di Malaysia dengan transmisi dual-clutch.

Honda HR-V 2021

Untuk penjualan di Indonesia, Honda HR-V telah terjual sebanyak 10.718 unit mobil. Tipe Honda HR-V 1.5L E CVT menjadi yang paling laris dibeli dalam kurun waktu Januari hingga November 2020 (sesuai data Gaikindo), sebanyak 6.712 unit (wholesales), sementara varian lainnya dari Honda HR-V berbagi angka penjualan.

Jika mengacu dari informasi PT Honda Prospect Motor, Honda HR-V yang dibanderol mulai Rp 297 juta merupakan mobil Honda terlaris kedua di Indonesia untuk penjualan di bawah Honda Brio.

Berikut ini adalah daftar harga Honda HR-V di Indonesia:

Varian Honda HR-V Harga Honda HR-V*
Honda HR-V 1.5L S M/T Rp303.000.000
Honda HR-V 1.5L S CVT Rp313.500.000
Honda HR-V 1.5L E CVT Rp338.000.000
Honda HR-V 1.5L E CVT
Special Edition
Rp355.500.000
Honda HR-V 1.8L Prestige Rp424.000.000

*Harga on-the road DKI Jakarta untuk kepemilikan mobil pertama

Komentar

Mobil Terbaru