window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda HR-V RS Juga Bakal Ada Varian Hybrid Setelah Sukses dengan CR-V e:HEV?

Prasetyo · 21 Agu, 2023 12:05

Honda HR-V RS e:HEV

Honda HR-V RS e:HEV merupakan varian dari All New Honda HR-V yang menggunakan mesin hybrid kombinasi mesin bensin 1.5L dengan baterai dan motor elektrik.

Dan kabarnya, Honda HR-V hybrid ini juga bakal hadir ke Indonesia dalam waktu dekat, menyusul All New CR-V yang kini juga sudah punya varian mesin Turbo dan hybrid e:HEV.

Baca juga: Honda HR-V Versi Listrik Jadi Favorit Pengunjung GIIAS 2023

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda HR-V RS

All New HR-V RS

Informasi ini Autofun terima dari sumber internal Honda Indonesia yang menuturkan kalau HR-V hybrid tersebut bakal ada di tipe HR-V RS.

"Nantinya jadi varian paling mahal HR-V," ucapnya singkat. Sumber tersebut juga menuturkan kalau selain CR-V e:HEV, HR-V e:HEV juga sudah jadi rencana produk baru Honda Indonesia dalam waktu dekat.

Penjualan Mobil Hybrid Honda Selalu Sukses

Honda CR-V e:HEV

Honda CR-V RS e:HEV

Masih dari sumber yang sama, rencana akan hadirnya HR-V Hybrid ini memang sengaja "ditahan" oleh pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) karena mau melihat reaksi pasar untuk CR-V e:HEV.

Namun ternyata SUV bermesin bensin dan motor listrik tersebut mendulang sukses, bahkan dalam sepekan pasca diluncurkan, CR-V hybrid sudah menyumbang 633 unit dari total 840 unit SPK untuk All New CR-V.

Baca juga: Honda N-Van EV Siap Bertugas Antar Oli Pertamina

Honda CR-Z

CR-Z pernah jadi mobil hybrid terlaris di Indonesia

Dengan kesuksesan inilah, HPM diungkapkannya makin yakin untuk menawarkan varian elektrifikasi lainnya dalam model hybrid dengan melihat tipe tertentu yang memiliki volume penjualan yang cukup tinggi.

Dan sebenarnya, sukses Honda menjual mobil hybrid bukan kali pertama, sebab saat CR-Z dulu dipasarkan mobil ini menjadi model hybrid terlaris di Indonesia dengan penjualan nyaris 700 unit dengan periode 2012 hingga 2016.

Padahal saat itu Honda CR-Z dibanderol dengan harga cukup tinggi, yakni Rp535 juta on the road Jakarta dan berstatus impor utuh (CBU).

Honda HR-V Hybrid Sudah Ada di Malaysia dan Thailand

Honda HR-V RS e:HEV

HR-V hybrid di Thailand

Jika memang HR-V RS e:HEV ini masuk ke Indonesia sebenarnya bukan hal yang terlalu mengejutkan, pasalnya negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand juga sudah menyedakan varian tersebut.

Dan ketika hal ini kami konfirmasi ke pihak HPM, sayangnya mereka masih belum mau buka suara tentang rencana mobil hybrid Honda apa selanjutnya setelah CR-V e:HEV.

"Belum lah, baru juga kita punya CR-V, model lain nanti lah," ucap Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director HPM sata ditemui di GIIAS 2023.

Namun kata dia, penampilan sejumlah mobil konsep Honda yang berjenis electric merupakan komitmen HPM untuk mempersiapkan era elektrifikasi di Indonesia.

Intip Spesifikasi Honda HR-V RS e:HEV

Honda HR-V RS e:HEV

Secara fisik masih identik dengan HR-V RS Turbo

Berkaca dari negara tetangga, HR-V RS e:HEV secara fisik sebenarnya mirip dengan HR-V RS Turbo yang dijual di Indonesia.

Tapi mesinnya diganti jadi 1.5-liter Atkinson Cycle 4 silinder DOHC i-VTEC dengan dikombinasikan dua electric motors dan baterai Lithium-Ion.

Terhubung dengan transmisi Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT), mesin bensinya mampu menghasilkan tenaga 107 PS dengan torsi 131 Nm, sementara motor elektriknya memproduksi daya 131 PS dengan torsi 253 Nm.

Baca juga: Pakai Honda Connect, All New CR-V Bisa Ngobrol dengan Pemiliknya

Honda HR-V RS e:HEV

Ada panoramic glass roof

Pengemudi juga disediakan tiga mode berkendara yaitu Sport, Normal, dan ECON, konsumsi BBM HR-V e:HEV ini diklaim bisa mencapai 24,39 km/liter.

Honda Sensing juga sudah disematkan pada mobil ini yang terdiri atas Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto High Beam, Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Departure Warning (LDW), Lead Car Departure Notification system (LCDN) 

Selain itu ada pula fitur lainnya seperti wireless charger, TFT MID 7 inch, headunit 8 unit dengan kemampuan Apple CarPlay dan Android Auto, panoramic glass roof, serta fitur terbaru Honda, yakni Honda Connect.

Di Malaysia, harga Honda HR-V RS e:HEV 141.900.000 Ringgit atau kira-kira (Rp467 juta), sedangkan di Thailand harganya 1.179.000 Baht (Rp511 jutaan). 

Kira-kira berapa harganya kalau masuk ke Indonesia ya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia