Honda Jazz 2021 Siap Meluncur di Singapura, Lengkap dengan Varian e:HEV

Dhoni · 12 Jan 2021 10:07

Kehadiran dari Honda Jazz 2021 diperkirakan pada awal tahun kuartal pertama tahun ini,. Menariknya adalah Negara Singapura sebagai tempat kemunculan perdana untuk mobil yang telah mengalami beragam ubahan, termasuk tersedia varian Hybrid. Untuk waktu resmi, pihak Honda masih belum mengatakan kepastian tanggalnya.

Honda Jazz 1.5L generasi keempat yang diperkenalkan di Singapura

Selain versi Hybrid, sebagai generasi keempat, Honda Jazz 2021 akan tersedia dalam Honda Jazz 1.5 Base dan Honda Jazz 1.5 Home. Sedangkan untuk varian hybrid mengunakan nama produk Honda Jazz 1.5 Luxe e:HEV. Khusus pada Hybrid, sebenarnya dua generasi sebelumnya telah tersedia, tetapi baru tahun ini ada di Singapura. Sedangkan Indonesia?

Untuk dua varian Honda Jazz 2021 yakni Honda Jazz 1.5 Base dan Honda Jazz 1.5 Home akan menggunakan mesin bensin 1.5 L naturally-aspirated  yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 121 Ps dengan torsi sebesar 145 Nm. Sistem transmisi menggunakan transmisi otomatis CVT yang seperti pada Honda City. Pihak Honda mengklaim untuk konsumsi bahan bakar sangat efisensi dengan perhitungan 4,5L untuk 100 kilometer.

Honda Jazz 1.5L varian Home (carbuyer.com.sg)

Sedangkan pada Honda Jazz 1.5L Luxe e-HEV  telah mengadopsi i_MMD Petrol-electric hybrid powertrain. Kemampuan dari motor yang digunakan dapat menghasikan tenaga mencapai 109 Ps dengan torsi sebesar 253 Nm. Hasil tenaga dan torsi dapat membuat mobil melaju 0-100km/h dalam waktu 9,4 detik dan kecepatan maksimal atau top speed Honda Jazz Luxe e:HEV mencapai 175 kilometer per jam.

Honda Jazz 1.6 Luxe e:HEV versi hybrid yang dipastikan hadir di Singapura

Sementara mesin bensin 1.5L yang terdapat pada varian hybrid lebih ditujukan sebagai generator pengisi daya hingga menambahkan traksi maupun bekerja secara optimal untuk menggerakan roda depan ketika kecepatan tinggi. Kinerja mesin bensin ini mengirimkan tenaga ke motor listrik melalui kopling.

Penggunaan transmisi pada Honda Jazz 1.5L Luxe e:HEV tergolong unik dibandingkan model transmisi CVT konvesional. Jika pada transmisi konvensional masih menggunakan belt sebagai penyalur tetapi pada model  terbaru untuk mobil hybrid telah dihilangkan. Dengan transmisi e-CVT memebrikan sensasi berkendara tanpa merasakan jeda perpindahan.

Pada sistem keamanan, Honda Jazz 2021 yang akan hadir secara perdana di Singapura dipastikan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk 6 buah airbags sebagai standar untuk seluruh varian. Namun untuk serangkaian fitur keamanan Sensing ADAS, hanya terdapat pada varian tertingginya, yakni Honda Jazz 1.5L Luxe e:HEV.

Logo Honda Jazz 1.5L Luxe e:HEV (carbuyer.com.sg)

Sedangkan untuk fitur lainnya yang tersedia pada Honda Jazz 2021 belum dapat dipastikan, tetapi sangat mungkin Honda menanamkan autonomous emergency braking, adaptive cruise control hingga lane keeping assist,

Untuk harga Honda Jazz 1,5L gen 4 di Singapura akan dibanderol mulai dari SGD 94.999 (senilai Rp 1,014 milyar) untuk Honda Jazz 1.5 Base, sedangkan Honda Jazz 1.5 Home dihargai SGD 97.999 (setara Rp 1,042 milyar). Khusus Honda Jazz 1.5 Luxe e: HEV sebagai varian tertinggi dibanderol dengan harga SGD 99.999 (sekitar Rp 1,066 milyar). Harga yang fantastis.

Komentar

Mobil Terbaru