Ini Dia Harga Honda Brio dan Perbedaan Antar Generasinya

Anissa · 28 Nov 2020 19:00

Honda Brio memang merupakan salah satu model mobil yang cukup digemari di Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak orang yang ingin tahu banyak tentang harga Honda Brio. Harga dari mobil Honda Brio ini memang memiliki perbedaan untuk beberapa variannya. Hal ini wajar, karena Honda Brio generasi pertama dan kedua yang dipasarkan di Indonesia ini juga memiliki beberapa perbedaan.

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang harga Honda Brio, kita akan lihat dulu beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Honda Brio generasi pertama dan kedua. Hal ini tentu akan membuat kita lebih paham tentang perbedaan harga yang dimiliki kedua generasi dari Honda Brio ini. Langsung disimak informasinya!

Apa Bedanya Dimensi Honda Brio Generasi Pertama dan Kedua?

Di Indonesia, Honda Brio sudah memiliki dua generasi sejak pertama kali kemunculannya. Generasi kedua Honda Brio di Indonesia dilrilis pada tanggal 2 Agustus 2018 silam. Generasi kedua tersebut disebut dengan nama All New Brio, mengingat tampilannya yang memiliki perubahan cukup besar jika dibandingkan dengan generasi pertamanya.

Pada generasi pertamanya, Honda Brio sendiri memiliki dimensi panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.470 mm. Sedangkan pada generasi keduanya, Honda Brio memiliki ukuran dimensi yang sedikit lebih besar, yakni panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Dimensi yang lebih besar pada Honda Brio generasi kedua ini memungkinkan generasi keduanya memiliki ruang kabin yang lebih leluasa. Hal ini tentu menjadi ubahan yang sangat baik pada Honda Brio generasi kedua karena penumpang bisa lebih nyaman berkendara di dalam ruang kabin yang lega.

Ternyata Ini Bedanya Eksterior Honda Brio Generasi Pertama dan Kedua

Membahas bagian eksteriornya, Honda Brio generasi pertama dan kedua juga memiliki beberapa perbedaan. Dilihat pada bagian eksteriornya, Honda Brio generasi pertama memiliki desain bodi yang lebih membulat dibandingkan dengan Honda Brio generasi kedua. Desain ini bisa dilihat dari bagian depan dan belakang mobil.

Honda Brio generasi kedua memiliki desain yang lebih aerodinamis dan sporty dengan banyaknya lekukan pada bagian bodinya. Pada bagian wajahnya, Honda Brio generasi kedua juga terlihat lebih mirip dengan Honda Mobilio.

Perbedaan lain yang bisa dilihat dari Honda Brio generasi pertama dan kedua adalah pada bagian grille, bumper, lampu, dan kap mesin yang berbentuk memanjang. Grille pada Honda Brio generasi pertama berukuran lebih kecil, lengkap dengan aksen chrome dan logo H khas Honda. Lampu depan Honda Brio generasi pertama ini pun berbentuk bulat, bumpernya disertai dengan lampu kabut yang juga berbentuk bulat di kanan dan kiri.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada Honda Brio generasi kedua, desainnya mirip dengan Honda Mobilio, terutama pada bagian grille. Grille pada Honda Brio generasi kedua ini masih dipadukan dengan aksen chrome serta logo H khas Honda.

Lamapu yang digunakan pada Honda Brio generasi kedua ini terlihat memanjang dan pipih, dan desain ini memberikan kesan yang lebih sporty pada mobil. Bagian bumpernya pun masih senada dengan desain sporty dengan adanya lekukan pada bagian rumah lampu kabut. Jika melihat tampilannya, Honda Brio generasi kedua ini memang lebih atraktif.

Beralih ke bagian belakang, perbedaan yang sangat jelas terlihat pada Honda Brio generasi pertama dan generasi keduanya. Pada Honda Brio generasi pertama, bagian belakangnya rata dengan kaca belakang, serta tidak memiliki pintu belakang, sehingga untuk membuka bagasi, kita harus membuka kaca belakang tersebut.

Pada Honda Brio generasi pertama ini juga kaca belakangnya dilengkapi dengan wiper. Sementara itu, fitur kaca belakang yang bisa dibuka ini tidak lagi disematkan pada Honda Brio generasi kedua. Honda Brio generasi kedua ini memiliki pintu belakang yang bisa dibuka untuk mengakses bagasinya. Hal ini tentu menjadi nilai plus karena lebih praktis bagi para penggunanya.

Lalu pada bagian lampu belakangnya, Honda Brio generasi pertama menggunakan desain lampu rem yang bulat dan cukup sederhana. Sedangkan pada Honda Brio generasi kedua, desain lampu rem yang digunakan terlihat lebih panjang dan besar.

Atap Honda Brio generasi kedua juga sudah ditawarkan dengan pilihan model single tone dan dual tone. Para pembeli Honda Brio generasi kedua ini bisa memilih varian atap yang sewarna dengan bodi atau atap berwarna hitam yang terlihat lebih sporty.

Selain itu, pada Honda Brio generasi kedua pun warna eksterior yang tersedia lebih beragam. Ada 7 pilihan warna baru yang bisa dipilih oleh para konsumen, yakni putih, silver, abu-abu, hitam, merah, kuning dan oranye. Khusus untuk warna oranye inilah yang atapnya ditawarkan dengan pilihan single tone dan dual tone.

Apa Bedanya Interior Honda Brio Generasi Pertama dan Kedua?

Pada bagian interior ini, perbedaan yang dimiliki Honda Brio generasi pertama dan kedua cukup signifikan. Pada Honda Brio generasi pertama, dashboard yang dimilikinya masih kelihatan standar. Kisi-kisi AC yang digunakannya masih berbentuk bulat, panel instrumennya standar dan head unitnya pun belum menggunakan layar sentuh. Pengaturan AC-nya pun belum digital, masih menggunakan model kenop putar.

Sementara itu, pada Honda Brio generasi kedua, panel instrumennya mengusung desain baru yang terlihat lebih mewah. Jarum speedometernya berwarna merah, dilengkapi dengan indikator yang sudah digital untuk menampilkan jarak tempuh pada pengemudi.

Selain itu, seperti yang kita tahu, Honda Brio generasi pertama memang tidak memiliki kabin yang terlalu besar. Hal ini berpengaruh juga ke bagian bagasinya. Honda Brio generasi pertama banyak dikeluhkan konsumen akibat bagasinya yang begitu kecil.

Hal ini ternyata diubah pada Honda Brio generasi kedua. Honda Brio generasi kedua ini memiliki bagasi yang lebih besar. Total luas bagasi Honda Brio generasi kedua mencapai 258 liter, dan dilengkapi dengan bukaan pintu yang lebih baik.

Mesin Honda Brio Mana Yang Lebih Baik?

Bicara soal mesin, tentu Honda Brio generasi kedua lebih unggul. Pada generasi kedua Honda Brio ini, pihak Honda memang diketahui telah melakukan ubahan pada mesinnya. Unit mesinnya sendiri masih sama dengan yang digunakan pada generasi pertamanya, tetapi kemampuannya ditingkatkan.

Mesin 4 silinder 1,2 liter yang ditanamkan pada Honda Brio generasi kedua ini memiliki tenaga yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Peningkatan performa mesin ini dilakukan dengan mengubah struktur piston yang mencapai intake lebih ringan. Hal ini diketahui dapat mengurangi gesekan pada mesin.

Kemudian untuk transmisinya sendiri, Honda Brio generasi kedua ini juga sudah menggunakan transmisi CVT yang berguna untuk mengurangi gesekan pada komponen transmisi dan berbagai sensor kontrol. Alhasil, efisiensi bahan bakar pun bisa menjadi lebih tinggi.

Bobot Honda Brio generasi kedua juga diketahui sedikit bertambah dibandingkan dengan generasi pertamanya. Demi mempertahankan kenyamanan penumpang dan memberikan handling yang baik, Honda Brio generasi kedua pun mendapatkan ubahan pada bagian suspensinya. Untuk suspensi depannya, Honda Brio generasi kedua menggunakan suspensi Macpherson Strut, sedangkan suspensi belakangnya menggunakan H-Shaped Torsion Beam.

Berapa Harga Honda Brio?

Setelah mengetahui perbedaan dari Honda Brio generasi pertama dan generasi kedua, sekarang kita akan masuk ke bagian harga dari Honda Brio. Harga Honda Brio untuk maisng-masing variannya memang beragam. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian harganya pada tabel berikut ini.

Varian Harga
Honda Brio S M/T Rp146.000.000
Honda Brio E M/T Rp154.700.000
Honda Brio E CVT Rp170.100.000
Honda Brio RS M/T Rp184.300.000
Honda Brio RS CVT Rp199.600.000

Komentar

Mobil Terbaru