window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback, Paling Murah di Kelasnya

Enda · 17 Jul, 2023 20:05

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Kelebihan dan Kekurangan New Suzuki Baleno menjadi hal penting yang harus diketahui.

Berhadapan langsung dengan Toyota Yaris dan Honda City Hathback, Baleno begitu menarik karena memiliki harga baru paling murah di kelasnya.

Menyoal harga, city car jenama asal Negeri Matahari Terbit tersebut per Juli 2023 dibandrol Rp265,5 juta untuk varian MT, dan Rp277,5 juta tipe maticnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai informasi, untuk harga Toyota Yaris menurut situs resminya kini ditawarkan Rp326,1 juta hingga Rp349 juta, sedangkan Honda City Hatchback diniagakan Rp344,6 juta sampai Rp374,6 juta OTR Jakarta.

Sebelum membeli New Baleno Hatchback, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Jadi Kembaran Suzuki Baleno, Toyota Starlet Glanza Malah Lebih Laris

Kelebihan New Suzuki Baleno Hatchback

1. Lebih Aerodinamis

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Tampilan belakang New Baleno Hatchback

New Suzuki Baleno bukan cuma futuristis dan sporty, mobil ini juga lebih aerodinamis.

Mengusung filosofi liquid flow design, untuk atapnya dibuat lebih rendah dibandingkan model sebelumnya.

Diketahui ketinggian atap daripada mobil ini lebih rendah 25 mm sehingga dapat mengalirkan udara lebih bebas saat berjalan di kecepatan tinggi.

Meski atapnya dibuat lebih rendah, untuk ground clearance mobil ini dinaikan 15 mm guna memudahkan pengemudi ketika melewati jalan yang berbatu.

2. Stabil Minim Body Roll

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Tampilan samping New Baleno Hatchback

New Baleno Hatchback menggunakan suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring pada roda belakangnya.

Mengenai karakter yang dihasilkan suspensinya terbilang moderat, tidak empuk dan juga tidak keras.

Berkat suspensi yang dibuat sedikit sitff, ketika dipacu dalam kecepatan cukup tinggi mobil ini terasa stabil dan minim gejala body roll.

3. Fitur New Suzuki Baleno Hatchback Cukup Komplit

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Interior New Baleno Hatchback

Punya harga yang terjangkau, untuk fiturnya New Baleno Hatchback terbilang komplit.

Pada eksteriornya mobil ini disematkan LED Projector With 3 Point Signature LED Lamp and Guide Me Light, with Auto Headlight, serta foglamp.

Selain itu pada bagian samping untuk spion telah mengusung teknologi electric mirror dengan retractable, serta penggunaan velg dual-tone polished berukuran 16 inci.

Di belakang, untuk stoplamp mengadopsi 3 point LED & Additional Extension Lamp dengan bentuk yang dinamis, kemudian terdapat spoiler dengan high mount stoplamp.

Mengenai fitur yang ada di bagian dalam, mobil ini tersematkan head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci yang mendukung konektivitas Smartphone Linkage.

Tidak dimiliki rivalnya, New Baleno Hatchback telah mendapatkan Head-Up Display (HUD) yang dapat menampilkan informasi mulai dari kecepatan, RPM hingga tampilan konsumsi BBM. 

Melihat bagian lainnya, setirnya dilengkapi tombol pengatruran yang terhubung langsung dengan panel instrument serta head unit.

Menariknya, setirnya mendapat pengaturan tilt dan telescopic, serta adanya material soft touch di beberapa bagian.

Bukan cuma itu, mengenai pengaturan AC nya sudah auto serta memiliki tampilan digital, kemudian rear AC dengan port pengisian baterai smartphone jenis type C dibawahnya.

4. Dilengkapi 6 Airbag

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Airbags Baleno Hatchback

Selain nyaman, New Baleno Hatchback juga semakin aman ketika dikendarai.

Hal ini dikarenakan pabrikan telah membekalinya dengan 6 airbags yang mampu memberikan perlindungan lebih baik terhadap penggunanya ketika mengalami benturan.

Sebagai fitur keselamatan standar lainnya, mobil ini turut dibekali ABS with EBD, Brake Assist, HEARTECT Platform Body, parking sensor, cruise control, Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control (HHC), ISOFIX, Pedestrian Injury Mitigation Body, APAR, Pretensioner Front Seatbelt, dan terakhir key less dengan immobilizer.

Baca juga: Suzuki Baleno Berhasil Asapi Honda City Hatchback, Toyota Yaris Mulai Membosankan?

Kekurangan Suzuki Baleno Facelift

1. Belum Auto Door Lock

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Buka tutup kunci pintu masih manual dari central lock

Kekurangan pertama yang ada pada New Baleno yakni tidak dilengkapi fitur auto door lock.

Dengan begitu semua pintu tidak bisa terkunci secara otomatis apabila mobil berjalan.

Untuk mengunci semua pintu, kalian diharuskan menekan tombol yang ada didekat pengaturan kaca spionnya.

2. Akselerasi Lambat

Kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback

Mesin New Baleno

Berbeda dengan model sebelumnya, New Suzuki Baleno Hatcback kini menggunakan mesin baru berkode K15B sama seperti yang digunakan Ertiga dan XL7.

Di atas kertas jantung pacu berkapasitas 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC, Multi-Point Injection VVT yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 104,6 PS di 6.000 rpm serta torsi pada 138 Nm pada 4.400 rpm.

Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dikawinkan menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Bicara gaya berkendara yang dihasilkan, untuk varian maticnya menurut kami cenderung berat kurang begitu responsif bila dibandingkan kompetitornya.

Tarikannya terasa berat ketika ingin menambah kecepatan mulai dari 60-100 km/jam.  

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback melalui ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagai hatchback termurah di kelasnya Baleno memiliki tampilan futuristis serta fitur komplit yang nggak kalah menarik.

Tak hanya itu, dari segi berkendara mobil ini juga terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Namun untuk kelemahannya, mobil ini tidak dibekali dengan auto door lock sebagai fitur keselamatan, serta cenderung terasa berat untuk varian maticnya.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil