window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris?

Yongki Sanjaya · 25 Agu, 2022 13:30

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 01

Saat ajang GIIAS 2022 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan New Suzuki Baleno. Hatchback ini hadir dengan banyak pembaharuan, mulai dari jenis mesin hingga desain dan fitur. Lantas, apa sih kelebihan dan kelemahan New Suzuki Baleno? 

Bagi PT SIS, hatchback ini merupakan model facelift meskipun di India sana yang merupakan produsen, telah dianggap berganti generasi. Wajar saja dianggap begitu, karena New Suzuki Baleno kini memakai mesin berkode K15B 1.500 cc, sedangkan edisi sebelumnya memakai mesin K14B 1.400 cc.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

First Drive New Suzuki Baleno 2022: Hatchback Paket Komplit yang Fiturnya Nggak Pelit

Kepengen Beli New Suzuki Baleno Secara Kredit? Segini DP dan Cicilannya

Wajib Tahu, Inilah Detail Perbedaan Suzuki Baleno 2022 vs Model Lamanya

Lebih lanjut, upgrade yang hadir di New Baleno ini juga cukup signifikan. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan masih tetap ekonomis bila dibandingkan beberapa merek Jepang lain seperti Toyota Yaris atau Honda City Hatchback. Berikut harga On The Road (OTR) Baleno untuk wilayah Jakarta bulan Agustus 2022:

  • Baleno-AT    Rp274.900.000
  • Baleno-MT    Rp262.900.000

Kami pun tak melewatkan kesempatan untuk first drive New Suzuki Baleno saat GIIAS 2022 berlangsung untuk mendapat impresi awal sekaligus mengeksplorasi karakter hatchback andalan Suzuki ini.

Berikut ini kelebihan dan kelemahan New Suzuki Baleno berdasarkan hasil first drive kami.

Kelebihan New Suzuki Baleno

Desain Lebih Fresh dan Kesan Mobil India Makin Luntur

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 01

Perlu kalian ketahui, baik Baleno pre facelift ataupun facelift berwujud hatchback yang masuk ke Indonesia ini semuanya diproduksi di India. Nah untuk model facelift ini desainnya banyak berubah, dengan kombinasi sudut membulat dan aksen garis tajam.

Bila melihat gaya desain Baleno ini sudah berkesan ala mobil Eropa. Desain fascia dan headlamp seolah terinspirasi dari Peugeot karena siluetnya yang mirip. Namun kesan mobil India masih tersisa di desain belakang, mulai dari lampu hingga bumper masih khas Vrindavan.

Lampu depannya mengadopsi LED dengan 3-point signature lamp di bagian bawahnya, serta dilengkapi dengan auto headlamp dan guide me light. Sepasang foglampnya juga sudah mengadopsi LED. Pada sisi belakang memakai New Rear Combination 3 Point LED Tail Lamp & Additional Extension Lamp dengan New Parking Sensor + Rear Camera. Tak kurang, terdapat new roof-end spoiler yang ada di sisi atas kaca belakang. 

Baleno versi terbaru justru punya dimensi panjang dan tinggi lebih mini dibanding versi sebelumnya, yakni 3.990 mm dan 1.485 mm. Bandingkan dengan Baleno versi lawasnya yang memiliki panjang 3.995 mm dan lebar 1.510 mm.

Artinya versi terbaru ini 5 mm dan 25 mm lebih pendek dibandingkan sebelumnya. Namun, ground clearance Baleno terbaru justru lebih tinggi yakni 160 mm, sedangkan versi sebelumnya hanya 150 mm. Dimensinya terlihat lebih proporsional, dan tentunya membuat handling bakal lebih presisi.

Mesin Baru di New Suzuki Baleno Lebih Responsif 

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 02

Baleno yang baru saja diluncurkan ini menggunakan mesin K15B yang menghasilkan tenaga lebih baik. Mesin berkapasitas 1.500 cc tersebut memiliki tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm. Hal ini berbeda dengan Baleno versi sebelumnya yang menggunakan mesin K14B 1.400 cc yang tenaganya hanya sebesar 92,4 PS dan torsi 130 Nm. 

Selain itu, perawatan mesin ini pun dianggap mudah dan cenderung terjangkau. Ini karena mesin yang digunakan sama seperti milik Ertiga atau XL7. Pilihan transmisi yang ditawarkan kepada konsumen masih sama yakni manual 5-speed dan otomatis 4-speed. 

Soal performa, kemampuan mesin di New Baleno cukup oke untuk situasi stop and go perkotaan hingga momen akselerasi yang butuh tenaga gradual. Tarikannya responsif dengan akselerasi halus nyaris tanpa jeda. Perpindahan gigi di transmisi otomatisnya begitu halus, dan sensasinya mirip seperti CVT.

Kenikmatan berkendara juga didukung dari feedback setir yang pas, tidak ringan tapi juga tidak berat. Lebih lanjut, karakter setirnya ini juga langsung balik ke posisi lurus setelah selesai berbelok. Karakter seperti ini jelas membuat percaya diri saat berkendara.

Fitur New Suzuki Baleno di Interior Semakin Lengkap dan Berkelas

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 03

Desain interior New Suzuki Baleno berubah total dengan garnish satin silver di bagian dashboard yang menguatkan kesan stylish. Interiornya juga dipercantik aksen biru di dashboard, doortrim pintu depan, hingga bagian belakang sandaran kursi depan. 

Sejumlah fitur-fitur baru yang tak ada di Baleno lawas, kini hadir di versi facelift. Sebut saja, head up display, cruise control, auto dimming inside rear view mirror, head unit dengan koneksi Android Auto dan Apple Carplay, hingga kisi AC belakang ditambah USB port.

Fitur Keselamatan di New Suzuki Baleno Bertambah Signifikan

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 04

Agar tidak semakin tertinggal dengan merek Jepang lainnya, Suzuki pun berbenah dengan meningkatkan aspek keselamatan di New Baleno. jika sebelumnya fitur keselamatannya hanya mengandalkan dual airbag dan ABS, pada Baleno versi terbaru sudah memiliki enam buah airbag, electronic stability program (ESP), dan hill hold control (HHC) yang khusus tersedia di tipe transmisi otomatis.

Lebih lanjut, fitur seperti Braking System with ABS, EBD & BA; HEARTECT platform, Immobilizer, ISOFIX, Pretensioner Front Seat Belt, Pedestrian Injury Mitigation Body, hingga alat pemadam api ringan tetap tersedia menjadi fitur standar. 

Kelemahan New Suzuki Baleno

Visibilitas Kurang Leluasa, Pilar Besar dengan Ukuran Kaca Kurang Lebar

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 05

Hal yang kami soroti saat sesi first drive ialah soal visibilitas yang kurang leluasa. Ini karena ukuran jendela di New Baleno kurang lebar dengan windshield kurang luas. Hal ini diperparah dengan adanya stiker berwarna gelap bertulis Test Drive dari pihak penyelenggara GIIAS di kaca depan bagian atas yang semakin mempersempit pandangan.

Kelebihan dan Kelemahan New Suzuki Baleno, Layakkah Jadi Alternatif Toyota Yaris? 06

Saat kita ingin berbelok, pilar A yang cukup besar serta ukuran jendela pintu depan yang minimalis membuat pandangan kita jadi kurang leluasa ke sisi samping. Boleh dibilang, pandangan pengemudi di Suzuki Baleno ini pas-pasan. 

Kesimpulan

Dengan harga yang paling murah, kelengkapan fitur dan performa Suzuki Baleno ini sudah jauh lebih dari cukup dan proporsional untuk mendukung aktivitas berkendara sehari-hari. Fitur yang dimilikinya bahkan cuma kalah tipis dibanding Toyota Yaris yang harganya selisih mencapai Rp50 jutaan lebih mahal. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil