Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia

Yongki Sanjaya · 25 Okt, 2021 17:30

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 01

Dari sekian model Renault yang hadir di Indonesia, Koleos menjadi model Renault yang patut kita soroti. SUV ini merupakan hasil rebadge dari Nissan X-Trail T32. Dengan cita rasa Eropa, dan kali ini kita akan membahas kelebihan hingga Kelemahan Renault Koleos ini. 

Nama Renault mungkin terdengar sedikit asing bagi masyarakat Indonesia, karena memang produk merk asal Prancis ini juga penjualannya relatif minim. Terlebih, reputasi merek Perancis di Indonesia juga tak setenar merek Jerman. Hal inilah yang membuat masyarakat kurang yakin dengan produk dari negaranya N'golo Kante tersebut.

Dulu, stereotype mobil Prancis ini gampang overheat dan sparepart susah dicari Padahal, merek Perancis di era modern sekarang ini telah banyak berinovasi dan menjalin kerja sama dengan merek Jepang. Renault misalnya, telah menjalin aliansi bersama dengan Nissan dan Mitsubishi untuk pemasaran produk secara global.

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 01

Artinya, akan banyak alih teknologi dan platform antara merek Jepang dan Eropa, termasuk pada sosok Renault Koleos ini. Artinya, kita bisa menikmati sosok Nissan X-Trail dengan rupa atau penampilan karya dari tim desainer Renault.

Renault Koleos sebenarnya sudah beredar disini sejak 2017. Sayangnya popularitas Renault Koleos sendiri memang kurang di Indonesia meskipun sudah beredar sejak lama karena kalah tenar dengan rivalnya seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5.

Nah, mari kita bahas seperti apa kelebihan dan kelemahan Renault Koleos versi Indonesia ini.

Kelebihan Renault Koleos, Cita Rasa Eropa yang Stylish dan Elegan

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 02

Hal pertama yang bisa langsung kita nikmati saat melihat sosok Renault Koleos ialah desainnya yang khas mobil Prancis. Gagah, maskulin, elegan dan pastinya stylish.

Renault Koleos terlihat berbeda dengan Nissan X-Trail meskipun berbagi platform. Kap mesin terkesan lebih gemuk, padat, dan berisi sehingga memberikan nuansa kekar. Pada sisi fascia, headlamp Koleos gayanya futuristik dengan lampu LED dan dipercantik dengan LED DRL berbentuk "C" yang membentang dari bagian atas headlamp hingga ke bumper.

Renault Koleos terlihat lebih tinggi dan lebih gagah dari samping, tarikan garisnya yang padat berisi mengingatkan kita akan sosok VW Tiguan. Ground clearance 210 mm yang sangat mumpuni melewati rintangan di berbagai medan.

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 03

Desain belakangnya juga cenderung kalem, tidak agresif dan radikal seperti pada Nissan X-Trail T32. Desain lampu belakang dengan garis LED, ditarik hingga ke tengah dan dipisahkan oleh logo "Renault" membuatnya semakin cantik.

Interior Modern dan Premium di Renault Koleos

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 04

Dengan cita rasa Eropa yang khas, Koleos ini cocok untuk kamu yang ingin tampil beda tapi tetap memikirkan soal kemudahan perawatannya. Interior Koleos menonjolkan kesan modern dan futuristik, terlihat dari instrument meter digital yang dapat di-customize serta head unit berorientasi portrait yang cukup besar, berukuran 8,7 inci.

Head unit-nya ini juga berfungsi untuk mengatur kecepatan blower AC. Sementara itu knob putar hanya untuk mengatur temperatur. Bila dibandingkan dengan X-Trail, jelas fitur kenyamanan yang ada pada Koleos lebih lengkap. Alunan suara kian berkualitas dengan dukungan audio Bose melalui 12 speaker dan subwoofer 11,5 inci.  

- 8.7" Integrated Portrait Oriented Head Unit with Navigation
- Steering Wheel Audio Control
- Cruise Control
- Digital Instrument Meter with MID
- Digital AC (Integrated with Head Unit)
- Rear AC Vent
- Ambient Lights
- Leather Seats
- Center Console with Chiller
- Electric Adjustable Driver Seats

Kelemahan Renault Koleos, Spesifikasi Teknis Tak Ada Improvement

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 05

Karena memakai basis platform yang sama seperti Nissan X-Trail T32, maka mesin dan banyak komponennya juga serupa. Artinya, spesifikasi teknis tak ada improvement signifikan dari Renault. Performa Koleos terbaru ini masih terasa bertenaga, meski harus menopang bobot badan yang cukup berat karena bobot mobil ini mencapai 2,1 ton. 

Dari data teknis New Renault Koleos hanya memiliki satu pilihan, mesin bensin 4-slilinder 2.5L yang sama persis dengan milik Nissan X-Trail T32. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 170 tk @6.000 rpm, di mana torsi puncak 233 Nm @4.000 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis X-Tronic berteknologi CVT.

Kelebihan dan Kelemahan Renault Koleos, SUV Tampang Eropa, Jiwa Asia 06

Kelemahan lainnya yang terdapat pada Renault Koleos ini ialah Tidak ada all-around view monitor. Selain itu, harganya juga lebih mahal bila dibandingkan dengan Nissan X-Trail.

Sebagai perbandingan, New Renault Koleos ditawarkan dengan harga Rp 588 juta on the road Jakarta. Untuk harga Nissan X-Trail 2021 yaitu Rp. 549.750.000. Namun kalau membandingkan fitur yang tersedia Koleos ini sebenarnya cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih mahal, Koleos menawarkan sensasi mobil Eropa yang premium ketimbang X-Trail. Harga yang lebih mahal terbayar dengan eksklusivitas di jalanan, sistem audio yang lebih berkualitas, panoramic sunroof yang besar, hingga jumlah airbags yang lebih banyak. Tidak perlu khawatir soal perawatannya karena part mesin dan kaki-kaki bisa substitusi dengan X-Trail.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Renault Koleos Luxury

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru