window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang?

Yongki Sanjaya · 12 Jan, 2023 08:30

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang? 01

Peluncuran Honda WR-V di penghujung tahun lalu langsung mengusik para pemain lama yang sudah terlebih dulu eksis di segmen small SUV. Salah satu model yang bakal ikut 'tersenggol' yaitu Kia Sonet. Pasalnya, dengan harga yang lebih murah ternyata Honda WR-V 2023 bisa memberikan fitur yang tak kalah melimpah.

Sebelum lebih jauh membahas soal kelengkapan fitur dari masing-masing model, terlebih dulu kita bandingkan harga di tipe tertingginya. Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda SENSING dengan harga Rp. 309.900.000 sedangkan Kia Sonet 1.5 L 5s Premiere iVT dijual Rp 344.000.000.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menyoal dimensi yang dimiliki, Honda WR-V 2023 mempunyai panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm. Untuk wheelbasenya 2.485 mm serta ground clearance 220 mm.  Kemudian pada rivalnya dari pabrikan Korea Selatan yaitu Kia Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm dengan ground clearance 205 mm. Selisih ukuran yang beda tipis membuat kedua model ini akan bersaing ketat memikat konsumen yang mencari mobil perkotaan dengan gaya SUV.

Tampilan depan Honda WR-V pada model ini hadir dengan gril depan yang mengusung desain tesselated bernuansa futuristik, dengan ampu depan LED tipis, tajam dan panjang. Desain Bagian belakang dan dashboard serupa Honda BR-V dan Pada bagian depan grillnya serupa dengan milik Honda Civic.

Sonet hadir bergaya mini SUV dengan postur yang lebar dan tinggi. Desainnya begitu khas dengan grill honeycomb dengan aksen Tiger Nose sebagai ciri khas dari mobil baru milik KIA yang dipasarkan di pasar global. Dengan harga yang lebih mahal apakah Sonet bisa menang banyak dari sisi fitur? Yuk kita bandingkan keduanya.

Kia Sonet, Royal Fitur Tapi Harganya Makin Overpriced

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang? 01

Kia tidak pelit bahkan royal urusan fitur di Kia Sonet yang masuk ke Indonesia. Hanya saja agak disayangkan harganya meroket hingga kini tembus Rp340 jutaan, padahal dulu di 2021 paling mahal di angka Rp289 juta dan selisihnya tipis dengan Raize 1.0T GR Sport CVT TSS.

Interiornya disuguhi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless melalui Bluetooth. 

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin yaitu pengaturan AC digital. Pada tipe Premiere tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong. Varian tertinggi ini juga dipersenjatai dengan kursi elektrik dan juga cruise control. 

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang? 02

Tak kalah menarik yaitu soal sound system pada Kia Sonet, karena memakai Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer. Dan satu fitur keren yang tak dimiliki Honda WR-V 1.5 RS tapi dimiliki Sonet yaitu sunroof. Pada bagian lampu depan, didesain menyipit yang terdapat lekukan dibuat mengikuti alur dari bagian kap mesin. Headlamp Sonet juga telah memakai teknologi LED dan juga DRL.

Bicara fitur keselamatan pada mobil ini, Kia menawarkan Sonet 5-seater dengan 6 buah Airbags, ABD, EBD, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, serta rear camera dengan dynamic guide. Namun harus kalian ingat, Kia Sonet sendiri belum mendapatkan fitur keselamatan dengan teknologi terdepan saat ini yang kita ketahui dengan sebutan ADAS.

Minus Sunroof, Fitur di Honda WR-V 2023 Lebih Canggih

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang? 03

Sebagai pendatang baru, Honda WR-V 2023 jadi salah satu opsi yang value for money di segmen small SUV. Sebab, mobil ini sudah memiliki fitur yang canggih berikut ADAS berupa Honda Sensing. Hal yang tidak dimiliki oleh mobil ini hanyalah fitur sunroof, dan hanya terdapat atap dengan kelir hitam supaya memiliki kesan dual tone.

Bicara teknologi multimedia,  Honda WR-V 2023 dilengkapi dengan 7" Capacitive Touchscreen Display Audio, AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, hingga Smartphone Connection. Fitur pendukung kenyamanan lainnya berupa Digital A/C, 6 Speakers, Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal, Meter Cluster dengan 4.2" TFT Display.

Komparasi Fitur di Kia Sonet Premiere iVT vs Honda WR-V RS with Honda Sensing 2023, Merek Korea Menang Harga Mahal Doang? 04

Dengan harga yang jauh lebih murah, kita disodori Honda WR-V tipe RS dengan Honda Sensing. Jelas, fitur keselamatan aktif ini memberi rasa aman saat berkendara. Khusus Honda WR-V RS with Honda Sensing, varian ini mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING.

Menyoal fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V 2023 meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil