window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik

Enda · 4 Feb, 2021 08:00

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik 01

Wuling Confero S ACT 2021

Wuling Confero S ACT 2021 pertama kali diperkenalkan oleh PT SGMW Motor Indonesia, selaku agen pemegang merek mobil di Tanah Air pada 2019. Tipe ACT ini merupakan pengembangan dari Wuling Confero S yang lebih dulu melantai di Tanah Air.

Masuk ke segmen Low MPV satu-satunya asal negeri Tiongkok yang mampu bersaing dengan LMPV produkan Jepang, Wuling Confero S ACT 2021 ditawarkan dengan transmisi manual yang berbeda dari biasanya.

Ingin mengenal lebih dekat keunggulan Wuling Confero S ACT 2021 ini? Simak terus ulasannya.

Pindah Gigi di Wuling Confero S ACT 2021 Tidak Perlu Injak Kopling

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik 02

Transmisi Wuling Confero S ACT 2021

Teknologi e-clutch yang ada pada gear box Auto Clutch Transmission kepunyaan Wuling Confero S ACT 2021 ini, merupakan transmisi manual yang koplingnya diatur menggunakan komputer.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kehadiran teknologi sistem transmisi e-Clutch dari Schaeffler, produsen komponen otomotif terkemuka asal Jerman ini, memudahkan pengoperasian transmisi manual pada Wuling Confero S ACT 2021 tanpa perlu menginjak pedal kopling.

Dengan adanya teknologi ini pengguna tentunya akan merasa lebih efisien dan lebih berkonsentrasi dalam mengemudi. Dalam sistem transmisi ini, fungsi kopling yang dioperasikan melalui pedal telah dihilangkan.

Secara prinsip kerja, terdapat dua bagian utama dalam kinerja transmisi e-clutch, yakni peran kopling yang dihilangkan dan perpindahan gigi. Transmisi e-clutch didukung oleh beberapa perangkat vital, seperti sensor dan modul kopling.

Gear shift dan sensor bekerja secara berkesinambungan yang terhubung ke Electronic Control Unit. Fungsinya membaca keinginan pengemudi saat menggerakan tuas transmisi untuk memindahkan percepatan.

Sensor lain membaca putaran mesin dan torsi yang diperlukan pada saat perpindahan gigi. Hasil sensor-sensor ini selanjutnya dibaca oleh modul dan kemudian modul secepatnya mengirimkan perintah untuk menggantikan fungsi kopling.

Sementara itu, alur perpindahan gigi sama seperti pada varian Wuling Confero lainnya. Perbedaannya adalah pada transmisi e-clutch Wuling Confero S ACT 2021 mendapat 6 tingkat percepatan.

Tidak perlu khawatir mesin tiba-tiba mati saat macet

Kelebihan lain dari transmisi e-clutch ini, kalian tidak perlu khawatir bila mesin mobil tiba-tiba mati pada saat stop and go atau lupa menginjak pedal kopling.

Kalian cukup menggerakkan tuas transmisi ke posisi netral, atau ke gigi satu untuk dapat kembali berjalan. Teknologi ini tentunya memberikan kemudahan lebih saat berkendara.

Wuling Confero S ACT 2021 Lebih Hemat BBM

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik 01

Pengisian BBM Premium untuk Nozzle berwarna kuning

Karena tidak perlu menginjak pedal kopling dalam setiap perpindahan percepatannya, Wuling Confero S ACT 2021 dengan transmisi e-clutch ini akan lebih hemat dalam konsumsi BBM. Ini karena pengemudi tidak perlu menekan pedal gas lebih dalam ketika stop and go untuk mengimbangi kopling pada transmisi pure manual.

Meski tidak menggunakan pedal kopling untuk menahan putaran mesin agar bisa memindahkan tingkat percepatan, tenaga yang dihasilkan Wuling Confero S ACT 2021 sama-sama responsif seperti Wuling Confero lainnya.

Kampas Kopling Lebih Awet

Begitu juga penggunaan clutch plate atau kampas kopling, Wuling Confero S ACT 2021 dirasa akan lebih awet. Karena pergerakannya yang diatur oleh sensor pada e-Clutch, hal ini tentunya dapat meminimalisir penggunaan tingkat kampas kopling yang tinggi.

Berbeda dengan Wuling Confero biasa, untuk dapat menjalankan mobil dari posisi berhenti, pengemudi diwajibkan mempunyai keseimbangan antara melepas kopling dengan penambahan akselerasi.

Jika tidak seimbang, maka mesin mobil akan mati ataupun mesin akan meraung akibat telat melepas pedal kopling. Hal ini tentunya dapat membuat umur clutch plate lebih pendek.

Perawatan Transmisi Wuling Confero S ACT 2021 Lebih Mudah

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik 02

Wuling Confero S ACT 2021 dengan dua pedal

Karena ini adalah transmisi manual yang penekanan kampas koplingnya diatur menggunakan komputer, maka secara mendasar perawatannya sama seperti transmisi manual pada umumnya.

Pelumas pada transmisi Wuling Confero S ACT 2021 ini tidak perlu menggunakan oli khusus ataupun oil automatic transmission. Dalam setiap penggantiannya, pengguna bisa menggunakan oli transmisi manual yang dijual dipasaran.

Bukan Cuma Transmisi Canggih, Wuling Confero S ACT 2021 Banyak Fitur Keren

Wuling menghadirkan beberapa fitur unggulan pada Confero S ACT 2021. Fitur tersebut diantaranya Electric Adjustable Foldable Mirror, Emergency Stop Signal (ESS) hingga driver seat height adjuster.

Tidak hanya itu, LMPV jenama Cina ini juga mendapat penunjang kenyamanan berkendara lainnya. Sebit saja Rear Parking Camera, TPMS, Head unit 8” Touchscreen, USB Charging hingga baris ketiga, Audio Control & Answering Call Button. Tidak ketinggalan Dual SRS Airbag, Parking Sensor, ABS & EBD, seatbelt indicator, immobilizer, ISOFIX, serta anti-theft alarm untuk memberikan keselamatan terhadap penumpang dan pengemudi.

Mesin Gahar Wuling Confero S ACT 2021

Mengenal Lebih Dekat Keunggulan Wuling Confero S ACT 2021, Transmisi Manual Rasa Matik 03

Mesin Wuling Confero S ACT 2021

Terasa responsif, transmisi e-clutch pada Wuling Confero S ACT 2021 ini karena didukung oleh mesin yang cukup bertenaga. Melihat data di atas kertas, LMPV terbaik Wuling ini memiliki kubikasi mesin 1.485 cc P-TEC DOHC, DVVT ini mampu merilis tenaga 109 PS @5.800 Rpm. Torsinya sendiri berada di angka 142 Nm @3.800-4.400 Rpm.

Harga Wuling Confero S ACT 2021 Cukup Terjangkau

Menelusuri situs resminya, Wuling Confero S ACT 2021 ini dibandrol Rp197,5 juta on the road Jakarta. Bila dibandingkan dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina bahkan Honda Mobilio, LMPV jagoan Wuling ini ditawarkan dengan harga paling murah diantara para pesaingnya itu.

Meski dibandrol berada di bawah para pesaingnya, pada kenyataanya Wuling Confero S ACT 2021 mendapat fitur kenyamanan, keselamatan, teknologi, serta hiburan yang bisa dikatakan lebih baik dari para rivalnya.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Wuling Confero S C MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil