window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengungkap Penunjang Keselamatan Honda Civic Hatchback

Alex · 29 Apr, 2020 10:00

Mengungkap Penunjang Keselamatan Honda Civic Hatchback 01

Honda Civic Hatchback merupakan model yang cukup memikat mata. Sebab tampilannya yang sarat akan nafas sporty tentu siap menggoda para konsumen berjiwa muda untuk meminangnya.

Tak cuma tampilannya saja yang sporty tapi Civic Hatchback juga punya mesin yang tak bisa dianggap remeh dalam hal tenaga. Dibanding kompetitor sekelasnya, mobil ini punya tenaga besar.

Namun tentunya bukan hanya tampang yang sporty dan mesin bertenaga besar yang dicari dari sebuah Civic Hatchback. Mobil ini harusnya juga memiliki pendukung keselamatan baik aktif maupun pasif yang sebanding.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terlebih harga yang harus ditebus untuk memiliki Civic Hatchback nyaris setengah milyar Rupiah alias Rp 499 juta untuk wilayah Jakarta. Fitur keselamatannya apakah sebanding dengan harganya?

Untuk itu mari kita kupas satu persatu fitur keselamatan yang dimiliki Civic Hatchback ini. Pertama adalah yang mengawal keempat roda. Untuk pengereman, rasanya akan kebangetan jika cakram hanya ada di roda depan. Maka Honda telah menyediakan 4 cakram untuk tiap roda dan masih ditambah ABS, EBD dan BA.

Mengungkap Penunjang Keselamatan Honda Civic Hatchback 01

Kelengkapan pengereman serupa juga hadir di kompetitornya, Mazda 3 hatchback. Jadi 4 rem cakram dan ABS, EBD plus BA bukan sesuatu yang istimewa. Ditambah lagi sistem pengeraman Mazda 3 sudah disokong oleh fitur pintar i-Activsense, menjadikan poin minus untuk Civic Hatchback.

Berlanjut kita lihat fitur keselamatan di dalam kabin. Bicara jumlah sabuk keselamatan dan head rest, kedua mobil ini sama-sama seimbang. Lantas bagaimana dengan kantung udaranya?

Keduanya juga sama-sama berlomba memberikan yang terbaik bagi keselamatan seluruh penumpang. Sebab, Honda memberikan 6 titik airbags pada kabin Civic Hatchback (front, side dan side curtain). Sedangkan Mazda menyebut kantung udaranya adalah berposisi dual front, curtain side dan knee driver.

Nah, selanjutnya adalah perbandingan fitur keselamatan aktif berbasis komputer dari kedua mobil ini. Hal ini cukup krusial, sebab dengan performa mesin yang besar harusnya para pabrikan menyediakan perangkat keselamatan yang baik.

Ternyata di sisi ini Honda Civic Hatchback lumayan tertinggal dari Mazda 3 hatchback. Sebab Honda hanya membekali dengan Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist. Sedangkan Mazda menyertakan paket keselamatan i-Activsense yang otomatis membuat produknya itu bukan cuma aman, tapi juga pintar. 

Dengan fitur i-Activsense, Mazda 3 hatchback bisa secara otomatis menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, memberikan peringatan akan adanya potensi bahaya di jalan, memberikan pengereman otomatis jika ada potensi tabrakan dan lainnya. 

Andai Honda memberi paket keselamatan serupa bernama Honda Sensing pada Civic Hatchback yang dijual Indonesia, tentu point minus di sisi safety bisa tertutup.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil