Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW?

Adit · 11 Jan, 2022 16:32

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 01

Mercedes-Benz benar mobil mewah terlaris di Indonesia?
  • Mercedes-Benz klaim sebagai APM mobil mewah terlaris di Indonesia
  • Penjualan Mercedes-Benz di 2021 naik 14 persen dibandingkan 2020
  • Model Mercedes-Benz GLC, GLE, dan E-Class jadi kontributor utama

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengumumkan telah melakoni penjualan sebanyak 2.537 unit mobil penumpang sepanjang 2021 lalu. Torehan ini meningkat 14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Dengan begitu, agen pemegang merek ini kembali mengklaim dapat mempertahankan posisinya sebagai brand mobil mewah dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Pada 2020, pabrikan menjual 2.226 unit kendaraan penumpang dan juga mengakui hal yang sama. 

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 02

Jajaran produk Mercedes-Benz di Indonesia

Baca Juga: Mercedes-Benz Sprinter, Minibus Mewah Eropa Pilihan Panglima TNI Andika Perkasa

Presiden Direktur PT MBDI Choi Duk Jun mengatakan, meskipun industri otomotif Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai tantangan, Mercedes-Benz tetap menjadi pilihan utama pelanggan Indonesia di segmen mobil mewah. 

"Kami mengawali 2021 sangat kuat dengan memperkenalkan C-Class Final Edition, generasi terbaru ini telah menjadi populer dan model pertama dari 10 model kendaraan terbaru yang diperkenalkan pada tahun 2021," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi AutoFun Indonesia. 

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 01

Mercedes-Benz C-Class Final Edition yang meluncur 22 Januari 2021

Dirinya juga mengatakan, selama 2021 pabrikan juga menambah portofolio model yang dirakit lokal di pabrik Wanaherang, Bogor. Modelnya meliputi new A-Class Sedan dan GLA yang dikenalkan pada Juni, kemudian new AMG A 35 Sedan dan AMG GLA 35 yang dirilis Oktober merupakan produk made in Wanaherang.

"Kesuksesan dari sedan-sedan ternama Mercedes-Benz di segmen ini telah menekankan lebih lanjut posisi Mercedes-Benz dalam menghadirkan kendaraan yang sangat diminati dan dilengkapi teknologi mutakhir. Tactical sales program bersama financing partner juga berkontribusi dalam pencapaian penjualan kami di 2021," lanjutnya. 

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 02

Mercedes-Benz yang dirakit lokal di pabrik Wanaherang, Bogor

Sayangnya tidak dirinci kontribusi model beserta angka penjualan selama 2021. Namun MBDI menjelaskan tiga model terlaris selama tahun kemarin adalah GLC, GLE, dan C-Class, yang artinya datang dari segmen SUV dan sedan kompak di kelas mobil mewah. 

Klaim mobil mewah terlaris di Indonesia ini akan lebih menarik bila dapat dikomparasikan dengan pabrikan lain yang bermain di segmen serupa seperti Lexus, BMW, maupun Audi. Sehingga berdasarkan data, dapat diketahui secara pasti pemain mobil mewah dengan penjualan terbanyak di Indonesia selama 2021. 

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 03

Mercedes-Benz C-Class Final Edition 2021

Namun pabrikan selain Mercedes-Benz belum merilis data penjualan tahun lalu. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga belum mengumumkan data penjualan mobil secara nasional pada periode Desember 2021.

Baca Juga: Mercedes-Benz OH 1626 Kini Makin Laris, Apa Rahasianya?

10 Mobil Baru Mercedes-Benz Meluncur di 2021

Seperti penjelasan sebelumnya, MBDI selama 2021 telah meluncurkan 10 mobil baru. Di awali Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition pada 22 Januari 2021, kemudian dilanjutkan pada model sedan paling mewahnya yakni new Mercedes-Benz S-Class pada 4 Mei 2021. 

Tak berhenti di situ, untuk menggairahkan pasar yang masih lesu akibat dihantam pandemi, pabrikan menawarkan inovasi baru berupa model A-Class dan GLA rakitan Wanaherang yang harganya jadi lebih murah. Keduanya dikenalkan pada 4 Juni 2021. 

Mercedes-Benz Klaim Sebagai APM Mobil Mewah Terlaris di Indonesia, Kalahkan BMW? 04

Mercedes-Benz S-Class kini statusnya sudah dirakit di dalam negeri

Kemudian untuk mengakomodasi perjalanan yang lebih mewah bersama kerabat maupun keluarga, MBDI juga merilis new Mercedes-Benz Sprinter dan V-Class pada 22 Juli 2021. Dilanjut peluncuran model new AMG A 35 Sedan dan AMG GLA 35 pada 9 Oktober 2021. 

Terakhir menujung penghujung tahun, MBDI menutup 10 mobil baru Mercedes-Benz dengan meluncurkan S-Class dan E-Class rakitan Wanaherang, Bogor pada 3 November 2021. Bagaimana kelanjutan kiprah Mercedes-Benz Indonesia di 2022? Mari nantikan bersama.

Baca Juga: Jadi Incaran Kolektor, Pilih BMW E30 Mas Boy atau Mercedes-Benz W201 Baby Benz?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mercedes-Benz GLC-Class 200 AMG Line

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru