window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Alasan Mobil Sedan Masih Tetap Diproduksi Walau Peminatnya Makin Sedikit

Yongki Sanjaya · 5 Feb, 2023 11:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Honda Accord Maestro, Mercy E-Class Ala Jepang Era 90-an

Kelebihan Mazda6, Jadi Pilihan Polisi Untuk Mobil Dinas Daripada Honda Accord & Camry

Model sedan yang biasanya masih dijual biasanya berupa model ikonik yang sudah punya nama besar sejak lama. Sebut saja Toyota Corolla, Honda Civic atau Accord, BMW 3-Series, Mercedes-Benz E-Class dan mungkin hanya sedikit sisanya yang merupakan pendatang baru seperti MG5 GT.

Lantas kenapa sedan ini masih terus diproduksi atau dijual? Bukankah kebutuhan mobil jenis SUV atau MPV jauh lebih besar? Berikut ini penjelasannya.

1. Kabin Mobil Sedan Umumnya Lebih Nyaman

3 Alasan Mobil Sedan Masih Tetap Diproduksi Walau Peminatnya Makin Sedikit 01

Sedan hingga kini masih dibuat karena orang masih membelinya. Dengan permintaan yang hanya sedikit, mobil sedan terbukti masih sanggup bertahan karena punya beberapa kelebihan tersendiri. Poin utama yang dibutuhkan oleh para konsumen sedan jelas karena tingkat kenyamanan yang paling baik. 

Untuk tingkat insulasi suara tertentu, kabin sedan lebih senyap. Selain itu, proses pendinginan ruang yang dilakukan oleh AC lebih efektif karena ukuran ruang lebih kecil ketimbang MPV atau SUV. 

2. Mobil Sedan Lebih Stabil Bermanuver

3 Alasan Mobil Sedan Masih Tetap Diproduksi Walau Peminatnya Makin Sedikit 02

Sedan tidak hanya lebih baik secara aerodinamis, tetapi juga lebih ringan bobotnya. Itu memainkan peran besar pada kelincahan saat dikendarai. 

Berkendara pun lebih stabil karena desainnya yang rendah membuat sisi aerodinamika lebih oke. Lebih lanjut, desain seperti ini juga membuat center of gravity lebih baik sehingga mobil sedan jelas minim limbung ketika bermanuver di kecepatan tinggi. 

Satu hal yang tak kalah penting, center of gravity ini juga membantu aspek pengereman lebih baik dan lebih singkat. Mobil bisa stabil ketika kita diharuskan mengerem mendadak, dan tidak rentan terguling seperti SUV yang posturnya tinggi. 

3. Lebih Hemat BBM Ketimbang SUV

3 Alasan Mobil Sedan Masih Tetap Diproduksi Walau Peminatnya Makin Sedikit 03

Dimensi yang lebih ceper pun berdampak pada aspek efisiensi BBM yang lebih oke. Hal ini dengan membandingkan jenis mobil lain seperti SUV bila menggunakan tipe mesin yang sama seperti versi sedan. 

Alasannya jelas karena bobot sedan lebih ringan dari SUV. Dengan begini pengemudi tak perlu injak gas lebih dalam untuk menjalankan mobilnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 BMW 3 Series Sedan 320i Dynamic

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil