Punya Performa Mirip Lamborghini, Konsumsi BBM BMW M5 Layak Dipuji

Yongki Sanjaya · 28 Agu, 2020 19:00

Punya Performa Mirip Lamborghini, Konsumsi BBM BMW M5 Layak Dipuji 01

Bicara soal performa, tentu akan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar yang terpakai. Namun seiring kemajuan teknologi, konsumsi BBM bisa ditekan sekalipun performa semakin baik. BMW M5 salah satunya, mobil sport ini punya konsumsi bahan bakar yang sangat irit dan kenyamanan yang terbaik.

Bagaimana tidak, sebagaimana dikutip dari laman resmi BMW Eurokars, konsumsi BBM dari BMW M5 berkisar 10,5 l/100 km alias 9,5 km/liter. Melihat angkanya, konsumsi tersebut kurang lebih setara dengan mobil sedan Jepang bermesin 1.500 cc turbo seperti Honda Accord atau Civic misalnya. 

Padahal, secara spesifikasi jelas BMW M5 ini sangat ngeri. Mesinnya saja 4,4 liter V8 TwinPower Turbo dengan tenaga 600 hp.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tenaganya cuma beda 10 hp dengan Lamborghini Huracan. Dengan kata lain, mesinnya berkapasitas nyaris tiga kali lipat dari Accord turbo tapi konsumsi bensinnya mirip.

Karena memakai basis dari 5-Series, tentunya kenyamanan kabin M5 juga tak kalah berkelas. Kursi baris kedua tetap seperti sedan pada umumnya, karena BMW M5 sejatinya adalah sedan 4 pintu. 

Sejarah Lahirnya BMW M5

Punya Performa Mirip Lamborghini, Konsumsi BBM BMW M5 Layak Dipuji 01

Sekitar 35 tahun yang lalu, BMW Motorsport GmbH menciptakan kategori kendaraan baru. Sedan performa tinggi pertama menggabungkan dinamika berkendara sports car dengan kenyamanan dan fungsionalitas kendaraan 4 pintu. BMW terus meningkatkan keahlian balap yang diasosiasikan dengan perusahaan yang kini dikenal sebagai BMW M GmbH.

Mengusung nama BMW M5 dan ditenagai oleh mesin 6 silinder in-line dari mobil sports mid-engine BMW M1, telah ada banyak varian model termasuk BMW M5 Competition yang sangat mengesankan. Saat ini BMW M5 adalah sedan sports berperforma tinggi paling sukses di dunia. 

Konsep mesin high-revving, teknologi suspensi distinktif yang selaras sempurna dengan tenaga mesin yang luar biasa, dan fitur desain spesifik M mengoptimalkan suplai udara dan kinerja aerodinamisnya. Semua hal tadi menjamin pengalaman berkendara optimal yang diwarnai kecepatan dan presisi - ciri khas BMW M5.

Kinerja Berkendara yang Bercita Rasa Balap

Punya Performa Mirip Lamborghini, Konsumsi BBM BMW M5 Layak Dipuji 02

Stabilitas dan kontrol tak tertandingi dicapai berkat sistem penggerak semua roda cerdas M xDrive baru yang dikembangkan untuk BMW M5. Sistem ini memiliki bias roda belakang yang jelas dan dapat disesuaikan antara tiga mode - 4WD, 4WD Sport, dan 2WD - untuk kinerja ideal di trek balap dan jalan raya.

M5 pun membuktikan sebagai yang terdepan dikelasnya. Sedan eksekutif performa tinggi ini memulai debutnya lebih dari tiga puluh tahun yang lalu, dan langsung menjadi tolok ukur dikelasnya. Sekarang, BMW M5 dan BMW M5 Competition Sedan memiliki karakter desain yang tajam dan ramping menetapkan standar baru, di trek setiap hari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru