Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021?

Enda · 8 Jun, 2021 19:00

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 01

Honda Civic Estilo 1994 vs Honda Brio RS 2021

Bicara soal Honda Civic Estilo, mobil jenis hatchback ini sedang naik daun dan banyak diidam-idamkan kalangan anak muda dan orang tua. Mobil ini kembali eksis berkat tampilan, performa, serta populasinya yang terbatas.

Di era 90-an, harga barunya dulu dibandrol Rp60 jutaan. Mengetahui harga bekasnya saat ini melansir pada salah satu situs jual beli kendaraan bekas, Honda Civic Estilo lansiran 1994 dengan kondisi original kini justru dipatok jauh lebih mahal, mencapai Rp225 juta.

Harga bekas Honda Civic Estilo yang kini tembus di atas Rp200 juta, bisa dikatakan setara bahkan lebih mahal dari Honda Brio RS CVT Urbanite Edition, yang merupakan trim teratas dari Honda Brio yang mana kondisi barunya saat ini ditawarkan Rp205,8 juta on the road Jakarta.

Dengan uang Rp200 jutaan, jadi mending pilih Honda Civic Estilo atau Honda Brio RS?

Baca juga: Kenapa Honda Brio pilih Transmisi Matic CVT Dibanding AT Konvensional? Ini Alasannya!

Tak Lagi Muda, Tampilan Honda Civic Estilo Tak Kalah Stylish Dari Honda Brio RS

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 02

Tampilan depan Honda Civic Estilo 1994

Civic Estilo dalam wujud hatchback tiga pintu secara tampilan luar menyuguhkan kesan aura sporty yang kental, meski umurnya kini hampir menginjak kepala tiga. Memiliki bentuk body yang simpel namun timeless, membuat mobil ini selalu sedap dipandang dari segala sisi meski melihatnya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Uniknya, Honda Civic Estilo ini mempunyai bukaan pintu bagasi yang terpisah. Dimana kaca belakangnya ini bisa dibuka tanpa melibatkan pintu besinya. Keren!

Berbeda dengan Estilo, Honda Brio RS hadir dengan bentuk yang lebih sporty. Tampilan luarnya ini mengaplikasikan banyak garis tegas untuk memberikan kesan yang atraktif yang disukai para kaula muda saat ini.

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 03

Tampilan depan Honda Brio RS Urbanite Editon

Mobil hatchback tulang punggung HPM ini hadir dengan Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle, menjadikan Brio RS terlihat semakin sporty dari berbagai sudut.

Penyuka Kecepatan, Jangan Pilih Honda Brio RS 2021

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 04

Mesin D16 pada Honda Civic Estilo

Di Indonesia, Honda Civic Estilo hadir dengan mesin berkodekan D16. Spesifikasi mesin yang diusung Civic Estilo versi Indonesia berbeda dengan varian Estilo lainnya di beberapa negara di belahan dunia, yaitu berkubikasi 1.590 cc, SOHC 16 Valve, PGM-FI non VTEC. Jantung pacu yang dibenamkan ini mampu memuntahkan tenaga hingga 122 PS @6.300 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm @5.500 rpm.

Bila dibandingkan mesin yang disematkan pada Honda Brio RS sebesar 1.199 cc SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm, Honda Civic Estilo terbukti jauh lebih unggul.

Baca juga: Komparasi Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs Honda Brio RS, Jadi Senjakala Hatchback di Indonesia?

Keunggulan mesin D16 di Civic Estilo kerap kali dioprek oleh sebagian pemilik mobil ini dan dimanfaatkan untuk dijadikan balap. Performanya makin nikmat digeber karena didukung dari tingkat kearodinamisan yang dimilikinya.

Selain itu, pada suspensinya Honda Civic Estilo menggunakan jenis Double Wishbone di bagian depan dan belakangnya. Sistem pengeremannya pun sudah memakai disc brake di keempat rodanya. Jadi kalian tidak perlu khawatir kehilangan rigid yang berlebih ketika melakukan handling dan pengereman di kecepatan tinggi.

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 05

Bicara Honda Brio RS, mobil ini menggunakan suspensi model MacPherson Strut di bagian depan, serta H-Shape Torsion Beam dibelakangnya. Untuk meredam guncangan, suspensi yang digunakannya ini terbilang cukup baik dan nyaman.

Mengenai sistem pengeremannya, Brio RS mengaplikasikan ventilated disc brake di roda depan serta drum brake di roda belakang.

Untuk Berkendara Sehari-hari Lebih Baik Menggunakan Honda Brio RS

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 06

Beberapa pemilik Honda Civic Estilo melakukan konvoi bersama

Melihat populasinya yang kini semakin sedikit atau sekitar 150 unit yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, membuat para pemilik Honda Civic Estilo lebih memilih untuk menyimpannya di garasi ketimbang harus digunakan sehari-hari.

Faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi dikarenakan parts body Civic Estilo mulai sulit didapatkan, dan apabila adapun harganya sudah melambung tinggi. Para pemilik mobil ini pun lebih senang menggunakannya di akhir pekan bersama keluarga ataupun kerabat terdekat dimana kondisi lalu lintas di kota-kota besar juga tidak terlalu padat.

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 07

Honda Brio RS cocok digunakan sehari-hari

Dengan begitu, untuk berkendara sehari-hari di harga Rp200 jutaan, Honda Brio RS sangat pantas digunakan terlebih untuk menembus kemacetan di kota-kota besar. Honda Brio RS pun juga terasa nyaman digunakan ketika terjebak macet cukup lama dikarenakan varian maticnya ini sudah menggunakan transmisi jenis CVT with Earth Dreams Technology.

Honda Civic Estilo Cocok Sebagai Investasi Jangka Panjang

Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021? 08

Selain menjadi mobil hobi dan koleksi, Honda Civic Estilo cocok sebagai investasi jangka panjang

Memiliki harga bekas yang terus terkerek setiap tahunnya, membuat Honda Civic Estilo cocok sebagai alat investasi jangka panjang di ranah otomotif. Tidak hanya itu, mempunyai Honda Civic Estilo di garasi juga menjadi nilai tersendiri di mata para otomotif yang juga menginginkan hatchback tiga pintu berlogokan ‘H’ tegak ini.

Kesimpulan

Dengan uang Rp200 jutaan, kalian bisa memilih mobil jenis hatchback seperti Honda Civic Estilo lansiran 1994 atau Honda Brio RS 2021. Untuk mobilitas sehari-hari, Honda Brio RS ini merupakan pilihan yang tepat.

Selain irit konsumsi bahan bakar, mobil ini juga memakai transmisi CVT yang dapat memindahkan tingkat percepatan secara otomatis dengan cara yang lebih halus.

Apabila kalian menginginkan mobil hanya untuk sekedar hobi, koleksi, investasi ataupun kegiatan balapan, Honda Civic Estilo menjadi pilihan yang bijak.

Baca juga: Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru