window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Review Lengkap Honda ADV 150

Verenicha · 23 Okt, 2020 16:15

Honda ADV 150 merupakan skutik petualang kelas 150 cc. Dia hadir dengan bentuk bodi yang bongsor tapi lebih tajam dan berotot. Honda ADV 150 dibekali mesin 150 cc eSP PGM-FI yang siap menjamin performa lebih agresif dan responsif namun tetap ramah lingkungan. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 14,5 PS / 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm / 6.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan bersama transmisi otomatis tipe V-Matic. Di sisi lain, skutik ini juga diberikan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi PGM – FI dengan rasio kompresi hingga 10.8:1.

Honda ADV 150 menyajikan panel indikator full digital yang sangat modern dan futuristik. Menampilkan berbagai informasi penting. Seperti speedometer, full meter, average consumption, konsumsi/pemakaian bahan bakar instan, odometer, trip meter, tanggal dan waktu, indikator baterai, indikator suhu luar ruangan serta indikator waktu atau jadwal penggantian oli mesin.

Simak Review Lengkap Honda ADV 150 01

Pros dan Cons

Skutik terbaru buatan pabrikan Jepang ini memiliki desain yang begitu gagah dan berotot dengan balutan konsep modern nan futuristik. Hal itu bisa dilihat dari beberapa sektor bodi fisiknya. Paling menonjol terlihat pada lampu utama atau headlamp dengan bentuk menyipit. Dilengkapi teknologi pencahayaan dari lampu Full LED, termasuk juga pada stoplamp maupun lampu sein. Tak heran jika skutik ini mampu memberikan penerangan yang lebih baik dan berkualitas serta jauh lebih efisien.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Honda ADV 150 ini juga sudah dilengkapi dengan kaca pelindung atau Wind Screen yang sangat fleksibel. Pasalnya, kaca pelindung ini memiliki dua posisi ketinggian yang bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan pengguna.

Simak Review Lengkap Honda ADV 150 01

Berikut beberapa alasan kenapa harus membeli Honda ADV 150:

1. Desain adventure banget dan menjadi kekuatan mutlak yang tidak dimiliki skutik lain di kelasnya.

2. Karena mengadopsi tipe tualang, ground clearance cukup tinggi, yakni 165 mm. Boleh dibilang setara motor sport, jadi aman melewati jalan tidak rata termasuk daerah pegunungan.

3. Tangki bahan bakar cukup besar, yaitu 8 liter. Sekali isi fulltank, mampu menempuh jarak hingga 360 km.

4. Suspensi depannya berkarakter empuk dan punya diameter sama seperti motor sport Honda (CB150R). Sementara suspensi belakangnya pakai model tabung berwarna gold lengkap dengan tulisan Showa. Selain bikin tampilan lebih kekar, komponen itu juga menjadi daya tarik tersendiri.

5. Dashboard speedometer canggih dan lengkap. Istimewanya ia punya indikator suhu udara sekitar. Di kelas skutik 150 cc hanya dia yang memilikinya, boleh dibilang teknologi itu biasanya diterapkan di motor-motor besar. Selain itu ada Trip A/B serta realtime fuel consumptionnya jadi gampang atur gaya berkendara lebih irit.

6. Karena diciptakan untuk melahap medan semi off-road, kaki-kaki cukup mumpuni. Ukuran ban depan 14 inci (110/80) lebih besar daripada ban belakang yang berukuran 13 inci (130/70) dengan pola ban semi pacul layaknya kombinasi yang pas bagi motor petualang.

Di balik keunggulannya itu, Honda ADV 150 juga memiliki kekurangan.

1. Bagi sebagian orang, Honda ADV 150 tergolong skutik tinggi. Tinggi joknya mencapai 795 mm. Dimensi tersebut lebih tinggi sekitar 30 mm dari jok Honda PCX dan Yamaha Nmax, serta 5 mm bila dipadankan Yamaha Aerox. Buat rider yang memiliki postur badan 168 cm dipastikan jinjit saat duduk di atas jok Honda ADV 150.

2. Karena mesin Honda ADV 150 serupa dengan milik PCX 150, maka ada potensi ''geredek'' di putaran bawah, tarikan gas berat, hingga mesin mati. Meski begitu mesin ADV 150 dibuat lebih responsif di putaran bawah dan menengah.

3. Skutik petualang baru Honda itu dibanderol Rp 37.805.000 untuk tipe ABS-ISS. Lebih mahal Rp 4.963.000 dari PCX 150 ABS Rp 32.842.000. Sedangkan ADV 150 CBS-ISS dibanderol Rp 34.742.000 atau lebih mahal sekitar Rp 4.899.000 ketimbang PCX 150 CBS yang dibanderol Rp 29.843.000. Harga ADV 150 juga di atas harga Yamaha NMax Connected. Maxi Yamaha itu dibanderol Rp 33.750.000 untuk tipe ABS dan Rp 29.750.000 untuk tipe standar.

Kesimpulan

Selain harganya yang cukup mahal untuk kategori skutik 150 cc, ADV 150 menawarkan desain gagah dan tinggi, jadi cocok untuk kaum pria yang butuh tunggangan kekar. Tapi karena dimensinya terlalu besar dan terasa sangat berat, bisa dibilang handlingnya kurang lincah. Namun semua itu terbayar dengan beragam fitur yang disediakan.

Perbandingan

Hingga saat ini dirinya bermain sendiri di kelas skutik bertampang tualang. Namun, tak ada salahnya jika kita bandingkan dengan skutik lain di segmen 150 cc. Salah satu lawan terdekatnya yaitu All New Yamaha NMax 155.

NMax terbaru berkapasitas 155 cc, SOHC 4 katup dengan VVA. Sedangkan ADV 150 kapasitas mesinnya 149,3 cc SOHC 2 katup. Untuk pendinginan keduanya sama-sama pakai cairan. Mesin NMax mampu muntahkan tenaga 15,2 PS / 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm/6.500 rpm. Sedangkan ADV 150 tenaga maksimal 14,5 PS / 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm / 6.500 rpm. Dari data output kedua mesin, bisa disimpulkan kalau NMax lebih unggul dari ADV 150 soal tenaga mesin, meski torsinya terpaut tipis. Meski begitu, mesin ADV 150 terasa lebih halus dan suara mesin serta knalpot lebih senyap.

Honda ADV 150 memiliki tangki lebih besar dengan 8 liter. All New NMax 2020 hanya menampung 7,1 liter bensin, walaupun sudah diperbesar dari generasi sebelumnya yang hanya 6,6 liter. Fitur unggulan di Honda ADV 150 adalah emergency stop signal (ESS) yang dapat menyalakan sinyal darurat ketika pengendara melakukan panic brake atau pengereman mendadak. ESS akan menyalakan semua lampu sein ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Simak Review Lengkap Honda ADV 150 02

Untuk pengereman, tipe teringgi All New NMax maupun Honda ADV 150 sama-sama menggunakan rem cakram depan dan belakang dan sudah dibekali ABS. Bedanya NMax dual channel dan ADV 150 hanya untuk rem depan saja. Tapi skutik Honda punya nilai lebih karena mengadopsi jenis wavy disc brake untuk roda depan dan belakangnya. Memberikan kesan yang lebih agresif terhadap dan lebih cepat melepas panas.

Honda ADV 150 ini juga telah dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang sangat besar yaitu 28L, sehingga para pengguna dapat dengan lebih mudah menyimpan barang bawaannya. Selain itu, pelindung angin (winsheld) dapat diatur dua tingkat sesuai keinginan pengendara. Pola pengoperasiannya masih manual.

Simak Review Lengkap Honda ADV 150 03

Harga

Soal harganya, All New Yamaha NMax dibanderol Rp 33.750.000 untuk tipe Connected/ABS dan Rp 29.750.000 khusus versi standar. Sedang Honda ADV 150 dijual dengan harga Rp 34.742.000 untuk tipe CBS dan Rp 37.805.000 buat varian ABS.

Terlepas dari itu, AHM menawarkan skutik premium dengan 7 pilihan warna anti-mainstream, antara lain Tough Matte Black Gold (ABS), Tough White Gold (ABS), Tough White Black (ABS), Advance Red (ABS), Tough Matte Black (CBS), Tough Red (CBS) dan Tough Matte Brown (CBS).

Kesimpulan

Buat sebagian orang, touring di akhir pekan merupakan kebutuhan yang menyegarkan. Seseorang tak perlu sampai beli dua motor agar bisa memenuhi kebutuhan itu. Sebab satu motor seperti ADV 150 sudah cukup buat dipakai ke tempat kerja sehari-hari atau dibuat ke luar kota.

Selain itu ADV 150 juga merupakan personifikasi skutik macho yang menawarkan sesuatu kekinian, ini juga bisa jadi bahan dasar pemilihan konsumen impulsif yang tidak terlalu terkait dengan kebutuhan sebenarnya. Penempatan banderol ADV 150 yang lebih mahal bisa terbayar saat menggunakannya ke daerah-daerah pegunungan. Itulah informasi tentang Honda ADV 150, semoga bisa membantu Anda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });