window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Grand Vitara X-Line Concept, Inspirasi Modifikasi Street Racing

Enda · 10 Sep, 2023 20:00

Suzuki Grand Vitara

Grand Vitara X-Line Concept (foto: Bimble Designs)

Generasi terbaru Suzuki Grand Vitara (Spesifikasi | Berita) hadir sebagai SUV kompak dengan membawa desain stylish, atraktif dan juga futuristik. Berkat desain yang dimiliki tak sedikit para digital modification (digimod) melakukan modifikasi bentuk secara virtual.

Seperti yang dilakukan salah satu seniman digital, Bimble Designs. Pelaku dari aktivitas modifikasi tersebut membuat karya yang dinamakan Grand Vitara X-Line Concept.

Suzuki Grand Vitara

Fascia Grand Vitara X-Line Concept 

Berbeda dengan konsep pabrikan yang menghadirkan Grand Vitara sebagai SUV tangguh sekaligus modern, sang modifikator melakukan render secara digital menjadikannya sebuah mobil berkonsep balap yang berpotensi direalisasikan di kehidupan nyata.

Sejumlah perubahan telah dilakukan untuk mencapai profil SUV yang lebih sporty. Terlihat body kit lebar yang sepenuhnya disesuaikan agar tampilannya terlihat seperti mobil balap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Banyak SUV Baru, Suzuki Pede Grand Vitara dan XL7 Tetap Banyak Peminatnya di Indonesia

Suzuki Grand Vitara

Tampilan belakang Grand Vitara X-Line Concept 

Pada bagian fascia, untuk grill di versi digimod dilabur warna hitam doff tanpa sedikitpun mendapat aksen krom. Lampu yang diletakkan di bumper pun diubah dengan bentuk lebih tajam yang dibagi menjadi dua bilah.

Lainnya bentuk bumper juga dimodifikasi dengan menampilkan kesan sporty yang mana memiliki kisi-kisi udara lebar serta bentuk lebih add-on. Tak ketinggalan di bagian bawah mendapat tambahan spoiler yang semakin menekankan aura sporty sekaligus meningkatkan aerodinamika berkendara.

Suzuki Grand Vitara

Stoplamp Grand Vitara X-Line Concept 

Profil sampingnya, Grand Vitara X-Line Concept memiliki fender yang diperbesar untuk dapat menampung velg berukuran besar 21 inci dengan desain sporty yang diberi sentuhan warna hitam matte.

Di atas roda depan, fendernya mendapat tambahan cover dengan tampilan lebih berotot. Untuk kaca spion pun mendapat warna hitam.

Bergeser sedikit ke arah belakang, mulai dari pintu hingga fender di atas roda belakang juga mendapat tambahan body kit dengan tampilan gambot. Dan menariknya pada body kit tersebut memiliki kisi-kisi yang disinyalir dapat mengurangi tabrakan udara dari depan.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara 2023 Ada Peluang Produksi Lokal di Indonesia?

Suzuki Grand Vitara

Tampilan atas Grand Vitara X-Line Concept 

Perlakuan serupa dapat dilihat pada lapisan jendela. Di bagian belakang, konsep ini mendapat strip LED lebar penuh, lampu belakang baru, knalpot custom, serta diffuser dan splitter yang sporty.

Beralih ke sisi buritan, spoilernya dilabur warna hitam dengan stoplamp yang terkesan lebih sporty berkat adanya aksen full smoke di bawah LED bar. Di bagian kanan bawah pintu bagasi terdapat emblem X-LINE serta tampilan bumper lebih kekar dan lebar, terlebih ditambahkannya difusser di bawah yang semakin mempertegas kesan sporty.  

Menyesuaikan Tampilan, Suzuki Grand Vitara X-Line Perlu Upgrade Mesin

Suzuki Grand Vitara

Mesin K15C

Supaya Suzuki Grand Vitara X-Line sesuai dengan tampilan, maka mobil ini perlu ditingkatkan dari segi performa. Pengingkatan tenaga dilakukan juga mengingat adanya tambahan body kit serta velg berukuran lebar yang menambah bobot dari SUV itu sendiri.

Sekedar informasi, Grand Vitara sendiri menggunakan mesin K15C berkapasitas 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC berteknologi multi-point injection Dual Jet ini didukung dengan teknologi SHVS. Di atas kertas tenaga yang dihasilkan 103,06 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dikawinkan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 Bisa Bikin Suzuki Grand Vitara Makin Terpuruk?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil