window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tarikan Awal pada Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Ndut-ndutan? Begini Mengatasinya

Enda · 1 Jul, 2023 14:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Selang Vacum Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Lepas

Penyebab Daihtasu Sigra Ndut-ndutan

Selang vacum Daihatsu Sigra dan Toyota Calya 

Melansir salah satu forum, gejala ndut-ndutan pada Daihatsu Sigra dan Toyota Calya disebabkan karena selang vacum yang lepas. Selang ini menuju throttle body yang membantu dalam sistem pembakaran.

Untuk mengatasi kerjadian tersebut, kalian bisa mengencangkannya menggunakan klem atau tali tis.

2. Mengganti Filter Udara Setiap 40.000 Kilometer

Udara memiliki peran penting untuk membantu proses pembarakan di dalam ruang mesin. Untuk Sigra dan Calya, sebaiknya melakukan penggantian filter udara setiap 40.000 kilometer.

Jika sering berkendara di jalan yang berdebu, ada baiknya mengganti filter udara setiap 20.000 kilometer. Oh iya, kalian juga disarankan untuk membersihkan filter udara setiap 5.000 kilometer supaya debu yang menempel tersebut tidak ikut masuk ke dalam mesin.

Baca juga: 30 Mobil Terlaris Mei 2023, Daihatsu Sigra Tumbangkan Toyota Avanza dan Honda Brio

3. Gunakan Busi Iridium

Penyebab Daihtasu Sigra Ndut-ndutan

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya menggunakan busi biasa model platina. Penggunaan busi iridium juga dapat menghilangkan gejala ndut-ndutan pada kedua mobil ini.

Karenanya busi idium mampu meletupkan api secara fokus dan sempurna. Tak hanya itu, busi iridium diklaim mampu mendongkrak performa mesin hingga 3% lebih kencang daripada performa menggunakan jenis busi biasa.

4. Lakukan Tune Up Secara Berkala

Tune up merupakan salah satu cara yang efektif guna menghilngkan gejala ndut-ndutan. Tune up sendiri pada umumnya membersihkan sistem ruang bakar dari debu yang merangsek masuk ke ruang bakar, serta menghilangkan kerak dari sisa pembakaran.

Untuk tune up, kalian bisa melakukannya setiap 6 bulan sekali baik menggunakan cairan khusus atau mengunjungi bengkel terdekat dengan membuka throttle bodi beserta kompartemen lainnya.

5. Pakai Bensin dengan RON 92

Penyebab Daihtasu Sigra Ndut-ndutan

Terakhir untuk menghilangkan gejala ndut-ndutan pada Sigra dan Calya yakni selalu menggunakan bensin dengan angka RON 92.

Bahan bakar ini sebenarnya telah menjadi standar pabrikan untuk kedua mobil ini. Dengan angka RON yang tinggi maka pembakaran akan lebih sempurna serta memiliki kandungan sulfur rendah sehingga jumlah kotoran yang masuk akan lebih sedikit.  

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Buat Taksi Online Selain Daihatsu Sigra, Murah Tapi Mesinnya Bandel

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Sigra ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.  

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil