window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya

Prasetyo · 22 Feb, 2022 17:01

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 01

  • Modifikasi velg Honda Jazz tapi mau tetap nyaman sebenarnya tak sulit.
  • Cukup perhatikan diameter, lebar, dan offset velg.
  • Soal model velg, semua sesuai selera Anda.

Honda Jazz merupakan mobil yang banyak disukai kaula muda. Ini lataran hatchback berlogo H tegak itu menyenangkan untuk dikendarai tapi masih bisa hemat bahan bakar. Apalagi untuk modifikasi Honda Jazz juga bukan perkara sulit.

Populasinya yang begitu banyak membuat berbagai produsen aksesoris dan part aftermarket untuk Honda Jazz pun bermunculan. Mulai dari yang hanya sekedar mempercantik penampilan, sampai komponen peningkat performa mesin dan pengendalian mobil.

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 02

Sayangnya Jazz tak lagi dipasarkan Honda Indonesia

Nah kali ini yang kita bahas adalah satu bagian saja dari komponen di Honda Jazz, yaitu velg. Meskipun cuma satu perangkat berjumlah empat buah, namun ternyata mengganti velg standar bawaan pabrik dengan velg aftermarket bisa menciptakan perbedaan besar di tampilan mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi mungkin banyak diantara Anda atau pengguna Honda Jazz khususnya yang memang ada niat mengganti velg namun tak mau mengganti komponen lain dan mengorbankan kenyamanan. Untuk itulah kali ini coba Autofun bahas tips modifikasi velg Honda Jazz tanpa harus melakukan perubahan komponen lain serta tak mengorbankan kenyamanan berkendara.

Baca juga : Hal Menarik yang Dimiliki Honda Jazz 2021, Cocok Untuk Sehari-hari atau Modifikasi

1. Pastikan PCD Velg Honda Jazz 4x100

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 01

Velg Honda Jazz punya 4 lubang berjarak 100 mm

Sebelum memastikan mau beli velg seperti apa untuk Jazz kesayangan Ada, pastikan dulu untuk mengetahui spesifikasi velg bawaan di mobil tersbeut. Satu diantaranya dengan melihat tipe PCD (Pitch Circle Diameter) velg tersebut.

PCD adalah jumlah dan jarak lubang baut velg. Untuk velg Honda Jazz, memiliki PCD 4x100 yang artinya di velg itu punya 4 lubang baut serta jarak antar lubang 100 mm. Kalau mau mengganti velg aftermarket, pastikan velg itu juga punya PCD 4x100.

2. Perhatikan Offset Velg

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 02

Offset sering diberi istilah ET

Spesifikasi pada sebuah velg selain PCD adalah offset atau yang juga biasa tertulis di spesifiksi velg dengan istilah ET. Ini merupakan jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg.

Untuk Jazz, Honda umumnya menggunakan offset velg 53 di tipe Jazz RS dan offset 45 untuk Jazz tipe S. Jadi kalau mau mengganti velg aftermarket, sebaiknya pilih yang juga punya ET 40-50 jika ingin posisi velg masih rata dengan bibir fender mobil atau minimal keluar sedikit.

3. Diameter Velg Sebaiknya Jangan Terlalu Besar

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 03

Velg diameter terlalu lebar gak nyaman buat harian

Setelah mengetahui PCD dan offset velg standar, maka kini beralih pada penentuan besarnya diameter velg. Pada kondisi bawan pabrik, velg Jazz RS menggunakan ukuran ring 16 dengan dipasangkan ban ukuran 185/55/R16. Sedangkan di Jazz S pakai velg R15 dengan ban 175/65/R15.

Untuk modifikasi bagian velg tapi tak mau ubah komponen lain di bagian kaki-kaki, maka cukup naik 1-2 inci dari ukuran velg standar. Itu artinya ukuran velg maksimal yang disarankan adalah ring 17. Jika lebih dari itu maka bisa dipastikan ban akan mentok di bibir fender dan mobil jadi tidak nyaman.

Baca juga : Tips Merubah Diameter Ban dan Velg Mobil

4. Lebar Velg

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 04

Velg terlalu lebar maka posisinya akan keluar dari bibir fender

Elemen berikutnya yang harus dipikirkan ketika ingin memodifikasi bagian velg adalah lebar dari velg itu sendiri. Pada kondisi standar, velg Honda Jazz RS punya lebar 6" sementara di Jazz tipe S lebarnya 5.5".

Jika ingin mengganti dengan velg ftermarket tapi tidak mau berubah komponen lain serta ingin posisi velg tak keluar dari tepian fender, maka bisa pilih yang maksimal punya lebar 7". Tapi lebar velg ini juga berkaitan dengan offset/ET. Disinilah pentingnya fittment velg sebelum memutuskan untuk membelinya. Jadi sebaiknya coba masukkan velg ke fender roda, untuk melihat apakah posisinya keluar fender atau masih rata.

5. Tentukan Ban Terbaik

Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya 05

Lakukan fitting terlebih dulu untuk melihat bagaimana kondisi velg saat ada di fender mobil

Kalau sudah yakin mana velg yang cocok dengan Jazz kesayangan Anda, maka langkah terakhir adalah tentukan bannya. Pastikan memilih ban yang spesifikasinya sesuai dengan ukuran velg.

Contoh, jika ganti pakai velg R16 maka pilih ban yang juga punya ukuran diameter 16". Serta hitung pula lebar velg yang sesuai dengan lebar ban. Supaya mobil tetap nyaman dipakai sehari-hari.

Gimana? Gak perlu yang terlalu ekstrim kan buat bikin Hona Jazz kalian lebih keren.

Baca juga : Hatchback Bekas Rp60 Jutaan, Pilih Honda Jazz GD3 atau Toyota Yaris Bakpau?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil