window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Deretan Nissan Livina Terbengkalai di Area Penuh Rumput Liar, Penjualannya Ternyata Miris

Herdi · 20 Okt, 2022 09:03

Viral Deretan Nissan Livina Terbengkalai di Area Penuh Rumput Liar, Penjualannya Ternyata Miris 01

  • Sejumlah Nissan Livina terlihat terbengkalai disuatu tempat.
  • Mobil yang diduga belum pernah digunakan itu bahkan sampai tertutup alang-alang.
  • Penjualan Nissan Livina tak sebagus Mitsubishi Xpander.

Jagad maya otomotif dihebohkan dengan sebuah rekaman video yang memperlihatkan Nissan Livina dalam jumlah banyak. Bukan cuma terparkir, namun beberapa mobil ini terlihat terbengkalai di sebuah tanah lapang bahkan hingga tertutup rumput lebat.

Tidak disebutkan kapan video tersebut diambil, dan bagaimana nasib mobil tersebut, apakah masih baru atau bekas. Namun yang pasti mobil Nissan Livina dari video tersebut sengaja dibiarkan diparkir di tempat terbuka. Video Nissan Livina terbengkalai ini pun sudah tersebar di grup whastapp dan beberapa platform media sosial.

Bahkan beberapa influencer otomotif di Tanah Air juga ikut mengunggahnya ke akun Instagram pribadi mereka. Satu diantaranya akun Instagram @Bang_koboi yang merepost dari pemilik akun @hengkis248 di Tiktok.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Disebutkan bahwa mobil tersebut unitnya berada di Balai Lelang Smart Bid Palembang, Sumatera Selatan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bang Koboi (@bang_koboi)

Jika saja benar Nissan Livina tersebut berada di Balai Lelang, bisa saja mobil-mobil tersebut berstatus bekas. Tapi bisa juga kondisi baru, atau ada permasalahan perihal surat-surat dan yang lainnya sehingga tak digunakan si pemilik.

Baca juga: Nissan Livina Terpantau Sudah Mendarat di Filipina, Juga Belum Alami Facelift

Penjualan Nissan Livina di Indonesia

Bicara soal Livina, fakta yang perlu dicatat adalah mobil ini memang kembaran dari Mitsubishi Xpander. Hal itu karena Nissan dan Mitsubishi telah bekerja sama sejak beberapa tahun lalu.

Namun memang harus diakui penjualan Nissan dan Mitsubishi berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berbeda jauh. Wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) untuk Livina selama Januari-September 2022 hanya 894 unit.

Nissan Livina

Nissan Livina kurang populer dibanding Mitsubishi Xpander

Hal ini memang cukup mencengangkan untuk sebuah mobil Low MPV yang banyak disukai di Indonesia. Pasalnya, untuk Mitsubishi Xpander, selama 10 bulan pada tahun 2022 telah menjual hingga 35.406 unit.

Baca juga: Sering Dianggap Mahal, Segini Biaya Service Nissan Livina di Bengkel Resmi Hingga 100.000 km

Seberapa Hebat Nissan Livina?

Meski disebut kembar, namun Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander tetap memiliki bagian yang berbeda, khususnya dari tampilan eksterior maupun interior.

Tampak belakang Nissan Livina

Tampak belakang Nissan Livina

Nissan Livina yang memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.750 dan tinggi 1.700 mm, pada bagian wajahnya mengusung unsur V-Motion seperti model mobil Nissan lainnya. Gril berciri khas itu pun dibalut warna chrome mengitari grille dan berdiri logo Nissan.

Mobil ini juga memiliki garis vertikal pada bagian kap mesin sehingga lebih terlihat berotot. Kemudian lampu utama ditambah Daytime Running Light (DRL) dan lampu LED signature light, serta untuk foglamp berbentuk trapezium.

Pada bagian samping, Nissan Livina memiliki garis bodi lurus meruncing ke arah depan, kemudian bagian fender dibuat setengah lingkaran, serta kaki-kakinya menggunakan velg berukuran 16 inch.

Untuk bagian buritan, bentuk pintu Livina terlihat polos, kemudian  model lampu membentuk huruf V miring, serta ada dua bagian skid plate berwarna silver.

Kabin Nissan Livina

Kabin Nissan Livina

Pada bagian kabin, Nissan Livina memiliki jok dibalut warna hitam, dan ada  ornament panel seperti desain kayu, kemudian sistem hiburan dijejali layar sentuh berukuran 7 inch, yang bisa mengaktifkan radio, hingga smartphone.

Baca juga: Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap?

Fitur Nissan Livina

Nissan Livina sudah dilengkapi Multi Information Display with Eco Indicator - Color LCD Display, kemudian ada juga steering adjustment, tilt & telescopic, Multimedia Control Switches on Steering Wheel & Bluetooth Hands Free Phone.

Viral Deretan Nissan Livina Terbengkalai di Area Penuh Rumput Liar, Penjualannya Ternyata Miris 04

Fitur keselamatan berkendara di Nissan Livina

Untuk fitur keamanan, Nissan Livina sudah dilengkapi Dual SRS Airbag Driver, Safety Belt with Seatbelt reminder Driver & Assistant, Auto Hazard Light on Emergency Braking Vehicle Dynamic Control (VDC).

Selain itu ada juga Traction Control System (TCS) & Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor & Rear View Camera, Immobilizer, Rack and pinion with EPS (Electronic Power Steering).

Mesin Nissan Livina

Mesin Nissan Livina

Mesin Nissan Livina

Untuk dapur pacu, Nissan Livina memiliki mesin yang sama dengan Xpander berupa mesin 4 silinder, berkapasitas 1.499 cc 4, 16 valve, DOHC and twin Variable-valve Timing Control (VTC), yang menghasilkan daya 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Performa mesin Nissan Livina disalurkan ke transmisi otomatis manual dan otomatis, yang dikawinkan dengan sistem penggerak roda depan.

Untuk memberikan rasa nyaman Nissan Livina sudah menerapkan suspensi MacPherson strut with Coil Spring di depan, torsion beam belakang, serta stabilizer di depan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil