window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM

Harry · 10 Mar, 2021 12:00

Sebuah gambar paten Honda Africa Twin dengan dilengkapi radar, bocor. Honda disebut akan menjadi pabrikan berikutnya yang menggunakan radar pada motornya setelah Ducati, BMW dan KTM.

Ya merek-merek Eropa tadi memang sudah menggunakan radar, sebagai komponen yang terhubung dengan fitur-fitur canggih. Motor-motor itu menjadi pintar dan bisa menyesuaikan laju dengan kondisi lalu lintas.

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 01

Honda CRF1100L Africa Twin.

Sistem radar awalnya digunakan untuk pesawat dan kapal sejak lama, kemudian teknologi ini digunakan oleh mobil premium. Belakangan teknologi tersebut digunakan oleh pabrikan sepeda motor.

Baca juga : Update Harga Moge Honda Dari Rp 153 Jutaan Sampai Rp 1,1 Milyaran, Honda CB500F 2021 Jadi Paling Murah

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Afrika Twin sendiri bukan jadi model pertama Honda yang akan dipasangi radar, sebelumnya sudah tersebar gambar paten Honda Gold Wing dengan perangkat canggih ini. Fitur ini memang disematkan untuk motor-motor flagship.

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 01

Gambar paten Honda Africa Twin dengan radar.

Pada gambar paten Honda Africa Twin tersebut, terlihat komponen radar terpasang di tengah tepat di bawah lampu depan. Komponen pendukung lainnya berupa sensor yang berposisi di buritan motor.

Honda CRF1100L Africa Twin sendiri sudah diniagakan di Indonesia. Harganya mulai dari Rp 652,9 juta sampai Rp 692,9 juta (DCT) on the road Jakarta.

Baca juga : Jagoan Moge Kelas Menengah, Yamaha MT-07 2021 Makin Seru!

Cara Kerja Radar

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 02

Radar akan dibantu dengan kamera.

Dituliskan Motorcycles, komponen radar yang terpasang di depan motor berfungsi untuk mendeteksi dan memonitor kendaraan di depan. Radar bisa mendeteksi meski dalam kondisi cuaca yang buruk, seperti kabut tebal.

Sayangnya, radar tak bisa membaca marka jalan, lampu rem dan lampu lalu lintas. Untuk mendukung hal itu, terdapat tambahan kamera pula yang difungsikan untuk bisa membaca semuanya.

Selain sebagai pendukung fitur keselamatan, radar dan kamera di depan motor juga terhubung dengan Adaptive Cruise Control. Saat fitur ini diaktifkan, motor akan mengikuti laju kendaraan di depan.

Baca juga : BMW R18 Classic 2021 Mengaspal di Thailand, Indonesia Segera Menyusul Dengan Harga Rp 1 Milyar Lebih!

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 03

Letak radar belakang Honda Africa Twin.

Jika melihat pada gambar paten, Honda akan menggunakan sepasang radar di belakang motor. Ini artinya, Honda Africa Twin terbaru juga bisa mendeteksi kendaraan di belakang dan samping di area blind spot.

Radar Jadi Standar Baru?

Teknologi radar relatif sangat baru untuk pabrikan sepeda motor. Mereka pun menggunakan teknologi ini pertama kalinya untuk produk-produk flagship mereka, apakah kelak teknologi radar jadi standar baru?

Diawali oleh Ducati dengan Multistrada V4, kemudian BMW K1600 dan KTM 1290 Super Adventure. Kini Honda segera menyusul dengan Africa Twin dan Gold Wing.

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 04

Letak radar akan ada di bawah lampu utama.

Pabrikan Jepang lain yang sedang riset teknologi ini ada Kawasaki untuk H2 SX SE+. Hanya saja pabrikan yang identik dengan warna hijau ini, menunda pengumuman produk dengan radarnya itu.

Baca juga : Review Lengkap Ducati Monster, Moge Naked yang Berotot

Seperti diketahui, teknologi baru yang pertama kali diterapkan akan mahal. Namun seiring waktu, teknologi itu akan menjadi lebih terjangkau dan pabrikan tak akan segan menerapkan untuk lini produk lainnya.

Bahkan KTM sudah merencanakan untuk menggunakan teknologi canggih ini untuk motornya yang bermesin kecil, seperti KTM 390 Duke. Menarik untuk ditunggu, pasalnya KTM 390 Duke juga diniagakan di Indonesia.

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 05

Area kokpit Honda Africa Twin.

Kesimpulan

Teknologi canggih memang awalnya akan diterapkan untuk motor-motor flagship dari tiap pabrikan. Namun seiring waktu, teknologi itu juga akan diturunkan untuk motor-motor dengan kasta di bawahnya.

Baca juga : Motor Baru Triumph Tersingkap, Inilah Speed Triple Terbuas 

Di Indonesia sudah banyak contohnya, seperti teknologi Ride by Wire yang dulu hanya untuk motor besar, kini bisa dirasakan lewat Honda CBR250RR atau Kawasaki Ninja ZX-25R.

Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM 06

Honda Africa Twin akan dipasangi radar.

Kemudian teknologi konektivitas nan canggih dengan GPS di dalamnya, bisa ditemukan pada Kymco Like 150i yang dijual Rp 30 jutaan. Tinggal menunggu untuk teknologi radar ini hadir untuk motor kecil di Indonesia.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });