Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand
Fariz · 15 Mei, 2023 10:00
0
0
Suspensi depan dan belakang dibuat ceper.
Pelek kena pisau mesin bubut membuatnya tampil beda.
Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) sejatinya dibuat untuk mereka yang senang melakukan perjalanan panjang atau jauh. Ini karena pengendaranya disuguhkan dengan posisi berkendara nyaman, jok tebal, kaki-kaki empuk, hingga bagasi besar.
Tapi ternyata di tangan Yudi Aprianto justru dimodifikasi dengan menganut aliran Thailand Style. “ Seneng aja ngeliat konsep ini. Nuansanya jadi berbeda buat di XMax, karena motor ini kan dikenalnya buat turing ya, hahaha…” buka Yudi.
Langkah pertama untuk memberi kesan Thailand Style yang kuat dimulai dengan penggunaan grafis serta bodi baru. Motor ini pun sudah beberapa kali gonta-ganti warna, hingga akhirnya berlabuh ke grafis dari helm Arai.
“Pakai Arai Laguna Seca. Pilih ini karena perpaduan warna dan grafisnya Thailand bangetlah. Habis itu beberapa part bodi dilapis carbon fiber motif batik ya, sudah gak heran banget lah carbon fiber tuh di dunia otomotif,” sambung pria yang menyerahkan pengerjaan cat ke AHM Airbrush ini.
Masih di sekitaran bodi, kesan modifikasi ala Thailand ini juga terlihat dari penggunaan windshield pendek dengan tampilan smoke. Bracket aluminiun dari NUI Racing pun digunakan untuk memegang windshield mungil ini.
Kaki-Kaki Yamaha XMax Dibuat Amblas
Hal selanjutnya yang membuat Yamaha Max milik Yudi berbeda adalah kaki-kakinya yang amblas, auto bikin ceper abis! Tentu kalau dibandingkan dengan kondisi standar, tingginya akan terpaut jauh.
“Buat shock depan pakai lowering kit garapan mas Baron dari BRN Technical, turunnya lumayan banyak tapi masih enak dipakai. Tadinya sempat ragu sih emang, karena biasanya kan jadi mentok-mentok ya, tapi ternyata enggak.”
“Kalau yang belakang ganti suspensi pakai KTC Racing yang tingginya 310 mm, standarnya kan 350 mm. Tadinya mau diturunin lagi, tapi ternyata boks filter udara mentok bodi. Overall setelan yang sekarang udah oke sih, buat boncengan sama bini juga aman,” yakinnya.
Gak ketinggalan ada upgrade juga di sektor pengereman. Depan menggunakan kaliper Brembo M4 sedangkan yang belakang pakai kaliper Brembo 2P, keduanya dipompa menggunakan master rem KTC Kytaco.
Masih di sektor pengereman, kesan Thailand kembali terasa dengan adanya penggunakan fitting dari HYB, dilanjutkan dengan quick connect Staubli, dan diakhiri dengan selang rem HEL. Lengkap!
Main Coak
Tidak hanya mengandalkan ragam produk aftermarket yang tersedia di pasaran, tapi Yudi juga coba menuangkan kreatifitasnya dengan memberikan coakan di beberapa komponen.
Seperti pada kedua cakramnya, mesti masih pakai cakram orisinal XMax namun diberi coakan sehingga membuatnya berbeda. Coakan ini juga bisa ditemui pada handle rem, pelek, swing arm, bahkan hingga footstep pembonceng.
“Ngeliat modifikasi di Thailand sih beberapa ada yang main coak begini, pas dilihat-liat ternyata unik juga. Akhirnya tanya ke tukang bubut dan ternyata bisa, akhirnya coak beberapa part deh,” tutup pemilik usaha Bakoel Bakso Blora yang ada di bilangan Jatinegara, Cakung, Jaktim ini.
AHM Airbrush: 0858-6049-4128
Data Modifikasi Yamaha XMax
Kaliper depan
Brembo M4
Kaliper belakang
Brembo 2P
Cakram
Orisinal custom
Master rem
KTC Kytaco custom
Tabung minyak rem
Brembo
Slang rem
HEL
Fiting slang rem
HYB
Quick connect slang rem
Staubli
Pelek
Orisinal custom
Suspensi depan
Lowrengkit by BRN Technical
Suspensi belakang
KTC Racing 310 mm
Bodi
Full airbrush Arai Laguna Seca Nicky Hayden by AHM Airbrush