window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand

Fariz · 15 Mei, 2023 10:00

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 01

Modifikasi Yamaha XMax Thailand Style.
  • Suspensi depan dan belakang dibuat ceper.
  • Pelek kena pisau mesin bubut membuatnya tampil beda.

Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) sejatinya dibuat untuk mereka yang senang melakukan perjalanan panjang atau jauh. Ini karena pengendaranya disuguhkan dengan posisi berkendara nyaman, jok tebal, kaki-kaki empuk, hingga bagasi besar.

Tapi ternyata di tangan Yudi Aprianto justru dimodifikasi dengan menganut aliran Thailand Style. “ Seneng aja ngeliat konsep ini. Nuansanya jadi berbeda buat di XMax, karena motor ini kan dikenalnya buat turing ya, hahaha…” buka Yudi.

Langkah pertama untuk memberi kesan Thailand Style yang kuat dimulai dengan penggunaan grafis serta bodi baru. Motor ini pun sudah beberapa kali gonta-ganti warna, hingga akhirnya berlabuh ke grafis dari helm Arai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Pakai Arai Laguna Seca. Pilih ini karena perpaduan warna dan grafisnya Thailand bangetlah. Habis itu beberapa part bodi dilapis carbon fiber motif batik ya, sudah gak heran banget lah carbon fiber tuh di dunia otomotif,” sambung pria yang menyerahkan pengerjaan cat ke AHM Airbrush ini.

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 01

XMax dengan tampilan ceper

Baca juga: Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit?

Masih di sekitaran bodi, kesan modifikasi ala Thailand ini juga terlihat dari penggunaan windshield pendek dengan tampilan smoke. Bracket aluminiun dari NUI Racing pun digunakan untuk memegang windshield mungil ini.

Kaki-Kaki Yamaha XMax Dibuat Amblas

Hal selanjutnya yang membuat Yamaha Max milik Yudi berbeda adalah kaki-kakinya yang amblas, auto bikin ceper abis! Tentu kalau dibandingkan dengan kondisi standar, tingginya akan terpaut jauh.

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 02

Jok tipis jadi salah satu ciri aliran modifikasi ini

“Buat shock depan pakai lowering kit garapan mas Baron dari BRN Technical, turunnya lumayan banyak tapi masih enak dipakai. Tadinya sempat ragu sih emang, karena biasanya kan jadi mentok-mentok ya, tapi ternyata enggak.”

“Kalau yang belakang ganti suspensi pakai KTC Racing yang tingginya 310 mm, standarnya kan 350 mm. Tadinya mau diturunin lagi, tapi ternyata boks filter udara mentok bodi. Overall setelan yang sekarang udah oke sih, buat boncengan sama bini juga aman,” yakinnya.

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 03

Suspensi belakang hanya tinggi 310 mm

Baca juga: Bukan Kempis, Ini Alasan Tekanan Angin Ban Yamaha Grand Filano Cuma 22 Psi

Gak ketinggalan ada upgrade juga di sektor pengereman. Depan menggunakan kaliper Brembo M4 sedangkan yang belakang pakai kaliper Brembo 2P, keduanya dipompa menggunakan master rem KTC Kytaco.

Masih di sektor pengereman, kesan Thailand kembali terasa dengan adanya penggunakan fitting dari HYB, dilanjutkan dengan quick connect Staubli, dan diakhiri dengan selang rem HEL. Lengkap!

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 04

Kaliper Brembo M4 terpasang apik

Main Coak

Tidak hanya mengandalkan ragam produk aftermarket yang tersedia di pasaran, tapi Yudi juga coba menuangkan kreatifitasnya dengan memberikan coakan di beberapa komponen. 

Seperti pada kedua cakramnya, mesti masih pakai cakram orisinal XMax namun diberi coakan sehingga membuatnya berbeda. Coakan ini juga bisa ditemui pada handle rem, pelek, swing arm, bahkan hingga footstep pembonceng.

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 05

Knalpot GP Speed dengan efek bakar bikin tampilan berbeda

Baca juga: Bengkel Jaga Yamaha Diserbu 16.000 Konsumen Saat Musim Mudik Lebaran!

“Ngeliat modifikasi di Thailand sih beberapa ada yang main coak begini, pas dilihat-liat ternyata unik juga. Akhirnya tanya ke tukang bubut dan ternyata bisa, akhirnya coak beberapa part deh,” tutup pemilik usaha Bakoel Bakso Blora yang ada di bilangan Jatinegara, Cakung, Jaktim ini.

AHM Airbrush: 0858-6049-4128

Coak Sana-Sini, Yamaha XMax Auto Amblas Usung Konsep Thailand 06

Footstep standar kena coak
Data Modifikasi Yamaha XMax
Kaliper depan Brembo M4
Kaliper belakang Brembo 2P
Cakram Orisinal custom
Master rem KTC Kytaco custom
Tabung minyak rem Brembo
Slang rem HEL
Fiting slang rem HYB
Quick connect slang rem Staubli
Pelek Orisinal custom
Suspensi depan Lowrengkit by BRN Technical
Suspensi belakang KTC Racing 310 mm
Bodi Full airbrush Arai Laguna Seca Nicky Hayden by AHM Airbrush
Baut Full stainless steel
Ban depan Maxxis Victra 120/70-15
Ban belakang Maxxis Victra 140/70-14

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });