window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Irit Banget! Part 2

Ary · 15 Jun, 2023 16:30

Yamaha XMax Connected Navigate To The Max

Yamaha XMax Connected melakoni perjalanan Navigate To The Max di Sumatera Barat.
  • Menguji Yamaha XMax Connected di berbagai rute dengan jarak lebih dari 360 km.
  • Konsumsi BBM Yamaha XMax Connected tembus 45 km/liter.

Melanjutkan pengujian kami bersama Yamaha XMax Connected (Spesifikasi | Berita) di Ranah Minang, perjalanan bertajuk Navigate to The Max Tour de Sumatera kali ini pun berlanjut ke destinasi-destinasi menarik lain di Sumatera Barat. 

Lepas bermalam di Lembah Harau di bilangan Payakumbuh, Sumatera Barat, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kelok 9. Seperti namanya, jalan penghubung antara Provinsi Sumatera Barat dan Riau ini sarat dengan tikungan-tikungan tajam. 

Sayang, tak ada momentum untuk mengeksploitasi perbekalan Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) Connected. Selain kondisi lalu lintas agak ramai, pimpinan rombongan tampak sengaja memperlambat laju kami. 

Yamaha XMax Kelok 9

Rombongan Yamaha XMax melintasi kawasan Kelok 9.

Baca juga: Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Eksotis! Part 1

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tentu dengan satu tujuan. Agar kami bisa lebih lama memanjakan mata, memandangi keindahan sekitar berapit Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Kendati dengan kecepatan rendah, motor bertubuh lumayan bongsor ini nyatanya tak memberi beban berarti saat melahap tikungan demi tikungan di Kelok 9. 

Tanpa berlama-lama, tujuan kami lantas tertuju ke Bukittinggi. Jika sebelumnya dominan rute menanjak, kali ini perjalanan kami justru didominasi rute menurun dan berkelok. Perubahan rancang bangun plus komposisi area kemudi dan jok, membuat riding position XMax baru makin ergonomis. 

Yamaha XMax Jam Gadang Bukittinggi

Mengabadikan momen di Jam Gadang.

Baca juga: Ternyata, Yamaha XMax Connected di Padang Pernah Meledak Sebelum Rilis!

Setelah beberapa jam riding, kami pun tiba di Bukittinggi. Seperti kebanyakan pelancong, Jam Gadang yang berada tepat di depan Istana Bung Hatta menjadi perburuan landmark kami kali ini. Singkat saja mengingat kondisi siang itu juga cukup ramai. 

Lepas rehat, kami bersama rombongan pun mencanangkan perjalanan untuk kembali lagi ke Padang. Untuk kembali ke titik semula tersebut, kami melalui beberapa destinasi lain. Mulai dari Lembah Anai, Teluk Bayur, Pantai Air Manis, swafoto di Masjid Raya Sumatera Barat dan kembali ke diler Tjahaja Baru. 

Yamaha XMax Connected Navigate to The Max Tour de Sumatera

Peserta touring melewati kawasan Pantai Air Manis.

Baca juga: Yamaha XMax Connected Punya Kunci Jadul, Mirip Kontak Mio!

Pada rute penutup ini, kami juga merasakan betul perubahan dari performa Yamaha XMax Connected. Memang, tipikal output dari mesin seperempat liter kepunyaannya, smooth di putaran bawah. Namun, dorongan mesinnya mulai terasa sejak 5.500 rpm.

Konsumsi BBM Yamaha XMax Connected

Sekadar informasi, Yamaha XMax Connected berbekal mesin Blue Core berkapasitas total 249,8 cc. Perbandingan kompresi 10,5:1 dan punya klaim tenaga maksimal 22,8 ps di 7.000 rpm serta torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm. Modal inilebih dari cukup untuk kebutuhan touring. 

Konsumsi BBM Yamaha XMax Connected

Konsumsi BBM Yamaha XMax menyentuh 45,5 km/liter.

Baca juga: Karakter Mesin Yamaha XMax Connected, Tenaga Merata Enteng Libas Tanjakan

Menariknya lagi, ternyata konsumsi BBM Yamaha XMax Connected ini cukup mengagumkan. Setelah melakoni perjalanan sekitar 360 km dengan bahan bakar minyak RON 92, motor ini mencatatkan konsumsi BBM rata-rata 45,5 km/liter dengan average speed 44 km/jam. Irit banget kan!

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });