window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah?

Harry · 3 Mei, 2021 12:00

Undangan masuk ke meja redaksi Autofun.co.id dari PT Astra Honda Motor (AHM), yang akan merilis produk terbaru hari Rabu (5/4/2021) pekan ini. Banyak yang menduga motor tersebut adalah Honda CB150R Streetfire terbaru.

Salah satu motor sport 150 cc andalan AHM itu memang sudah cukup lama tak disegarkan tampilannya. AHM sejauh ini hanya melakukan update warna pada generasi kedua Honda CB150R Streetfire ini.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 01

Benarkah Honda CB150R Streetfire terbaru yang akan meluncur?

Padahal sosoknya merupakan model yang saat ini digemari dan menjadi penguasa kelas sport naked 150 cc. Desain yang sporty, performa yang responsif dan posisi berkendara nyaman jadi nilai jualnya.

Jika memang benar AHM akan menghadirkan model terbaru dari motor ini, maka sosoknya akan berubah cukup signifikan. Kami berkata demikian karena berkaca pada Honda CBR150R terbaru yang dikenalkan awal tahun ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Bukan cuma Agresif, Ini Alasan Honda CB150R Streetfire tetap Diminat

Kenapa Honda CBR150R 2021? Karena keduanya menggunakan basis yang relatif sama, mulai dari jenis rangka yang dipakai, spesifikasi kaki-kaki, mesin dan juga fitur yang dibawanya.

Lantas apa saja yang kemungkinan besar akan berubah? Dan apa saja fitur yang tertanam pada Honda CBR150R generasi terbarunya?

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 01

Desain Honda CB150R Streetfire agresif dan sporty.

Suspensi Upside Down

Diperkirakan suspensi depan akan berubah drastis, dari yang sebelumnya menggunakan tipe teleskopik menjadi tipe upside down. Jika benar, Honda CB150R Streetfire akan menjadi pelopor penggunaan suspensi jenis ini pada naked bike 150 cc.

Kemungkinan tipe yang akan dipakai punya spesifikasi yang sama dengan Honda CBR150R yakni SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) lansiran Showa. Tentunya tanpa ada setelan alias sudah fix.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 02

Kemungkinan suspensi depan sudah upside down seperti Honda CBR150R 2021.

Penggunaan suspensi depan akan berpengaruh besar pada desain motor keseluruhan, terlebih tabungnya dilabur warna emas yang mencolok. Karakternya sendiri akan sedikit lebih kaku, yang berimbas pada stabilitas motor.

Baca juga : Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?

Assist & Slipper Clutch

Image sebagai motor sport naked yang nyaman dipakai harian, tentunya penerapan fitur Assist & Slipper Clutch sudah menjadi keharusan. Tangan pengendara akan lebih nyaman dan tak mudah pegal kala berkendara dikemacetan.

Fitur Assist akan membuat handel kopling lebih ringan untuk dioperasikan. Kemudian Slipper Clutch akan mengurangi efek roda terkunci kala melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 03

Fitur Assist & Slipper Clutch akan diterapkan untuk Honda CB150R Streetfire.

Fitur ini sendiri sudah digunakan oleh kompetitor terdekatnya, yakni Yamaha Vixion R yang menggunakan basis dari Yamaha YZF-R15. Jika Honda CB150R Streetfire benar memasangkan fitur itu, praktis tinggal Suzuki GSX-S150 yang tak memilikinya.

Rem ABS + ESS

Sejauh ini belum ada motor sport naked 150 cc dari brand Jepang, yang menggunakan pengereman dengan ABS (Anti-lock Braking System). Ada peluang Honda CB150R Streetfire menjadi pelopornya, namun dengan tetap menyediakan opsi non ABS.

Baca juga : Honda CBR150R 2021 Diganjar Diskon Rp 1 Juta!Tawaran Menarik Untuk Dapatkan Model Terbaru

AHM bisa menerapkan langkah serupa seperti pada Honda CBR150R. Pada tipe ABS, bisa juga dipadukan dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang berfungsi sebagai fitur keselamatan tambahan.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 04

Ada peluang Honda CB150R Streetfire dibekali rem ABS.

ESS akan aktif jika motor melaju lebih dari 50 km/jam dan melakukan pengereman kuat dengan deselerasi 6 m/s. Lampu sein akan berkedip cepat sebagai penanda terhadap pengendara lain, jika Anda sedang melakukan pengereman mendadak.

Lampu Full LED

Sudah menjadi tradisi bagi produk kelas menengah-atas Honda, untuk menggunakan lampu jenis LED pada seluruh bagiannya. Begitu pula pada Honda CB150R Streetfire, generasi terbarunya tentu tetap akan aplikasi teknologi yang sama.

Baca juga : Pilihan Warna Baru Yamaha Vixion 2021, Tampil Atraktif Ala Yamaha MT Series

Penggunaan lampu LED pada sektor penerangan akan membantu saat berkendara dalam gelap. Kemudian nyala lampu jenis ini memiliki respon yang lebih cepat dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.

Mesin Minor

Tenaga penggerak yang sudah ada kemungkinan akan tetap dipertahankan pada model terbaru Honda CB150R Streetfire. Alasannya, karena performa yang ditawarkan sudah memuaskan, terutama respon mesin pada putaran rendah.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 05

Mesin kemungkinan besar masih akan pertahankan yang lama.

Karakter mesin seperti ini jelas lebih dibutuhkan untuk penggunaan harian di dalam kota yang padat dan cenderung stop & go. Efeknya efisiensi bahan bakar juga meningkat, karena tak perlu menggantung RPM untuk mendapatkan tenaga.

Berkaca pada Honda CBR150R, maka mesinnya hanya akan mendapatkan sentuhan minor pada bagian intake dan knalpot. Update minor ini dilakukan untuk memperbaiki akselerasi dan karakter suara yang dihasilkan.

Baca juga : Review Yamaha Vixion R 2021, Motor Sport Serigala Berbulu Domba

Seperti Apa Desainnya?

Harus diakui jika penampilan Honda CB150R Streetfire saat ini masih disukai banyak orang. Desain sporty, memiliki banyak sudut-sudut tajam yang membuatnya tampil agresif.

Apalagi varian Special Edition, konsumen rela membayar lebih tinggi untuk bisa memilikinya dengan tambahan aksesoris pelengkap. Bisa dikatakan desain motor ini sangat sesuai selera orang Indonesia.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 06

Desain agresif dengan lampu LED dan posisi berkendara nyaman.

AHM tentu tak ingin desain yang sudah digemari konsumen ini, berubah menjadi lebih buruk. Mereka tentu sangat hati-hati mendesain ulang sosok motor sport 150 cc tersebut agar tetap bisa diterima pasar. Kami pun penasaran seperti apa bentuknya kelak.

Harga Honda CB150R Streetfire 2021

Hadir dengan model terbaru tentunya ada penyesuaian harga jual yang dilakukan oleh AHM. Ini hal yang lumrah dilakukan setiap pabrikan, kala ada kemunculan produk baru.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 07

Honda CB150R Streetfire Standard (kiri) dan Special Edition (kanan).

Sebagai gambaran saja, saat ini Honda CB150R Streetfire dilepas dengan harga mulai dari Rp 28,36 juta untuk varian Standard. Lantas untuk varian Special Edition diniagakan dengan nominal Rp 29,46 juta. Harga on the road Jakarta.

Pada varian Standard, hanya tersedia opsi warna hitam yang disebut macho black. Lantas untuk varian Special Edition, tersedia pilihan kelir Honda racing red, fury mat red, raptor mat black dan razor white.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Prediksi kami, pada generasi barunya kelak harga varian Standard akan menyentuh Rp 30 jutaan, dan varian Special Edition akan Rp 31 jutaan. Tentunya jika ada vesi ABS akan melonjak Rp 3 sampai 5 juta lebih mahal.

Kesimpulan

Sosok Honda CB150R Streetfire terbaru akan berubah total dari desain sampai fiturnya, meski rangka dan mesin yang digunakan masih relatif sama. AHM rasanya akan mempertahankan yang sudah memuaskan, dan meng-improve bagian yang perlu ditingkatkan.

Honda CB150R Streetfire Terbaru Disebut Rilis Pekan Ini, Apa Saja Yang Berubah? 08

Rangka dan mesin pakai basis yang sama dengan Honda CBR150R 2021.

Dan jika benar pekan ini yang meluncur adalah Honda CB150R Streetfire terbaru, maka AHM akan semakin mengukuhkan status penguasa motor sport naked 150 cc, dengan produk paling update dan fitur yang semakin unggul. Kita nantikan bersama seperti apa sosoknya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });