window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jaga Fungsi Traction Control System Yamaha NMax 155 ABS Connected 2022, Gak Susah Lho!

Ilham · 22 Feb, 2022 10:30

Jaga Fungsi Traction Control System Yamaha NMax 155 ABS Connected 2022, Gak Susah Lho! 01

Yamaha NMax ABS Connected sudah pakai TCS
  • TCS bisa mencegah motor dari gejala roda slip.
  • Perawatan TCS salah satunya dipengaruhi kebersihan motor.

Saat ini semakin banyak fitur baru yang disematkan pada sepeda motor. Bukan hanya menjadi penunjang gaya dan keamanan, tapi juga tambahan fitur keselamatan.

Seperti di Yamaha NMax ABS Connected 2022 yang sudah dibekali dengan beragam fitur yang memberi kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Salah satunya fitur keselamatan Traction Control System (TCS). Teknologi kontrol traksi roda tersebut melengkapi sistem rem ABS yang sudah hadir sejak awal kehadirannya di 2015 silam.

Tak heran jika kegunaan Yamaha NMax terbilang luas. Tidak hanya sebagai alat transportasi harian atau ojek online, namun juga untuk menyalurkan hobi berkendara seperti touring.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Saat touring atau melakukan perjalanan di dalam kota, pengguna Yamaha NMax 2022 kerap menemui beragam kondisi jalan yang dilewati. Sehingga dibutuhkan fitur keselamatan berkendara yang dapat menunjang kegiatan tersebut.

Seperti Apa Fungsi TCS?

Patut diketahui, sebelum hadir di Yamaha NMax ABS Connected 2022, fitur Traction Control System (TCS) sebelumnya sudah ada di dua tipe skuter matic Maxi Yamaha dengan mesin yang lebih besar. Keduanya adalah Yamaha TMax dan Yamaha XMax.

Jaga Fungsi Traction Control System Yamaha NMax 155 ABS Connected 2022, Gak Susah Lho! 01

Bikin berkendara makin aman

Secara fungsi, TCS di Yamaha NMax ABS Connected juga sama seperti dua tipe sebelumnya. Di mana fitur ini akan menunjang keselamatan berkendara yang mampu menjaga ban dari kondisi slip.

Sehingga pengendara lebih aman ketika melintasi permukaan jalan yang licin. Contohnya di jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

”Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan Traction Control System (TCS) yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Baca Juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Cara Kerja TCS

Lebih detail, terdapat dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. Untuk cara kerja TCS, nantinya speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU.

Jaga Fungsi Traction Control System Yamaha NMax 155 ABS Connected 2022, Gak Susah Lho! 02

Deretan fitur Yamaha NMax 2022

Saat terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip. Kemudian ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar sementara.

Sehingga tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang, hasilnya motor lebih mudah dikendalikan dan pengendara dapat menghindari kemungkinan terjatuh karena ban slip.

Seputar Perawatan TCS

Sama seperti fitur lainnya di Yamaha NMax, tentu TCS juga perlu dirawat. Tak rumit, namun yang penting adalah menjaga kebersihan motor dan memperhatikan cara berkendara.

Karena TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang. Untuk itu area kaki-kaki motor harus rutin dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel.

Selain itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor. Sehingga fitur TCS tak bermasalah ketika berkendara.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Mengecek Fitur TCS

Fungsi TCS memang tak kasat mata, tapi mengecek fitur itu masih berfungsi normal bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya mengecek lampu indikator TCS di layar spidometer.

Jaga Fungsi Traction Control System Yamaha NMax 155 ABS Connected 2022, Gak Susah Lho! 03

Pengecekan bisa dipantau dari spidometer

Jika lampu indikator tersebut terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan.

Selanjutnya dengan melakukan simulasi fitur TCS. Caranya bisa dengan memosisikan motor dengan standar tengah setelah TCS diaktifkan. Lalu mainkan putaran gas.

Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka mesin akan brebet atau tersendat. Jangan panik, itu justru normal karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang.

Sebaliknya jika TCS mengalami kerusakan maka putaran mesin akan mulus. Tidak ada gejala brebet atau tersendat saat gas dimainkan. Ini justru diwaspadai dan sebaiknya segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });