window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun

Ilham · 6 Nov, 2021 10:00

Ada hal menarik yang dilakukan oleh PT Pegadaian di penghujung 2021 ini. Pasalnya meski bukan bergerak di bidang manufaktur dan industri otomotif, namun perusahaan BUMN di sektor ekonomi tersebut justru turun menjual motor. Penjualan tersebut sepaket dengan pembiayaan Pegadaian dengan nama program Amanah yang cicilannya bisa sampai 3 tahun.

Tak tanggung, motor yang dijual bukan sembarangan, karena sudah full custom dengan julukannya The Gade ST150. Basisnya Honda CB150 Verza yang sudah disulap dengan gaya Scrambler Tracker.

Pegadaian tidak sendirian membangun motor tersebut, karena yang didapuk menjadi penggarapnya adalah Retrosyndicate asal Yogyakarta. Workshop tersebut digawangi oleh Yayack Priyo Wibowo.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 01

Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki turut menghadiri peluncuran The Gade ST150

Peluncuran The Gade ST150 berlangsung pada Jumat (5/11) sore di Gedung Pegadaian Salemba, Jakarta di sela acara Kustomfest 2021 yang kini berkonsep keliling Jawa-Bali. Seremonial tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dalam sambutannya, Teten Masduki menyatakan kekagumannya akan kreativitas anak bangsa di sektor otomotif meski di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Apalagi motor tersebut turut menggandeng beberapa usaha kecil menengah (UKM) untuk andil dalam memproduksi komponennya. "Harapannya UKM bisa tumbuh dan mampu memiliki daya saing nasional dan global. Jangan hanya meniru, tapi juga berkreasi," urainya.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 01

Tampang The Gade ST150

Kuswiyoto, Direktur Utama PT Pegadaian mengatakan, peluncuran motor custom The Gade ST150 merupakan upaya bermitra sekaligus memberikan kesempatan oleh pihaknya pada UKM untuk bisa tumbuh dan maju. Apalagi saat ini banyak yang terkendala kondisi sulit karena pandemi corona.

Baca Juga: Honda CB150 Verza 2021 Cuma Rp 20 Jutaan, Apa Hebatnya Dibanding Yamaha Byson 2021?

"Produk motor custom The Gade Coffee & Gold by Pegadaian merupakan wujud komitmen inovasi yang berpihak kepada tumbuh kembang usaha nasabah dan pergerakan ekonomi Indonesia. Ini diharapkan menginspirasi UKM pelaku bisnis otomotif untuk terus meningkatkan kreativitas serta menggunakan produk Pegadaian sebagai solusi pembiayaan," urainya.

Pakai Komponen Custom UKM Jogjakarta

Seperti namanya, banyak motor custom hasil modifikasi workshop dan bengkel di Indonesia yang sudah mendapat rombakan signifikan. Tak terkecuali memotong rangka untuk mendapatkan hasil visual yang jauh berbeda dari standarnya. Namun hal ini tak berlaku pada The Gade ST150 yang memang hadir sebagai produk massal.

Yayack Priyo Wibowo sebagai builder dan perancang The Gade ST150 mengakui jika motor ini dibangun dengan komponen custom yang plug and play, atau tinggal memasang saja. Tak ada ubahan lain, seperti potong sasis atau merombak posisi baut bodi dan kabel kelistrikan di motor ini. Hal itu yang diakuinya sulit dan cukup menantang.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 02

Ubahan plug and play

"Motor ini dibuat dengan tidak banyak mengubah basic dan struktur standar motornya (Honda CB150 Verza), hingga dibuat konsepnya plug and play. Yakni menambahkan kit custom melibatkan para teman-teman UKM. Musim pandemi kemarin membuat kita ditantang untuk membuat produk yang bisa diproduksi massal dengan tetap mempertahankan kualitas," papar Yayack menanggapi usahanya dalam merancang motor ini.

Lebih jauh, Yayack menambahkan jika dengan proyek kerjasama ini sekaligus memberi edukasi pada pelaku UKM yang digandengnya. Di mana untuk membuat sebuah produk bukan hanya visual saja yang ditonjolkan, tapi ada hitungan yang pasti dan ukuran yang sudah ditentukan. Sehingga detail produk parts tersebut betul-betul punya standar dan daya saing tinggi.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 03

Dikerjakan UKM Jogja

Dalam penggarapan The Gade ST150, Yayack menunjuk lima UKM asal Yogyakarta yang didukung juga oleh Pegadaian. Tugasnya beragam, mulai dari pembuat tangki, jok, side bag dan lainnya. Sedangkan urusan desain dan teknik dilakukan langsung oleh Yayack.

Ada 16 kit custom yang bersifat plug and play di motor ini. Diantaranya tangki, cover shock, cover mesin, bracket skid plate, bracket lampu depan, setang, knalpot, juga aksesoris seperti jok dan tas samping (side bag). Rata-rata, komponen custom dibuat dengan bahan plat galvanis.

Baca Juga: Masih Ingat Honda CBR150R Generasi Pertama ini? Harganya mulai Rp 9 Juta

Alasan The Gade ST150 Bergaya Scrambler Tracker

Seperti disebut sebelumnya, The Gade ST150 menganut tampilan scrambler tracker yang merupakan motor multipurpose (segala medan) dari era 70-an. Yayack menyatakan jika aliran modifikasi tersebut cukup mudah diterapkan pada motor dengan sasis standar.

"Kenapa tidak chopper? Mungkin akan sulit diterapkan jika tidak ada modifikasi pada sasisnya. Tapi kalau scrambler tracker masih bisa diaplikasikan. Selain itu, aliran ini juga cocok untuk dibawa di bermacam kondisi jalan. Mulai dari keluar kota, atau masuk mall di dalam kota juga bisa," kata pria berkacamata tersebut.

Baca Juga: 3 Daya Tarik Honda CB150 Verza 2022, Motor Sport Yang Lebih Murah Dari Vario 125 2022

Berbasis Honda CB150 Verza

Menarik melihat pemilihan basis motor custom tersebut, yakni Honda CB150 Verza. Karena motor sport jenis naked tersebut dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai tunggangan komuter. Yayack memberi alasan jika Honda CB150 Verza cukup reliable untuk dijadikan motor custom.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 04

Gaya scrambler tracker terbilang klimis dengan ciri ban all terrain

"Kenapa dipilih Honda CB150 Verza? Karena menurut saya dari segi nilai (harga) masih available untuk di level anak muda. Nggak terlalu mahal. Dan untuk mengkustom bisa dilakukan secara plug and play tanpa mengubah dudukan baut di motor bawaannya," papar Yayack.

Secara spek, motor ini memiliki dimensi panjang 2.050 mm, lebar 742 mm, tinggi 1.054 mm dan jarak sumbu roda 1.318 mm. Mesinnya 4-tak SOHC 150 cc berpendingin udara yang bertenaga 13 PS di 8.500 rpm dengan torsi 12,73 Nm per 6.000 rpm.

Baca Juga: Meluncur di Thailand, Honda CBR150R 2021 Dijual Lebih Mahal, Apa Bedanya Dengan Versi Indonesia?

Penjualan, Harga Dan Garansi The Gade ST150

Untuk produksinya, saat ini The Gade ST150 masih sangat terbatas. Di mana unit yang ready stok baru mencapai 16 unit. "Motor The Gade ini tidak dibatasi produksinya. Tapi yang baru selesai sebanyak 16 unit. Kalau permintaan lebih banyak, akan ditambah," jelas Kuswiyoto yang mengaku sudah menjadi salah satu pemilik The Gade ST150.

Pegadaian Jual Motor Custom Berbasis Honda CB150 Verza, Harga Rp 46 Juta Bisa Dicicil 3 Tahun 05

Meluncur lewat ajang Kustomfest 2021, langsung di depan penggemar motor custom

Jika tertarik konsumen, kata Kuswiyoto, dapat langsung menghubungi Pegadaian. Nanti penjualan motor ini akan satu paket dengan pembiayaan dari Pegadaian dengan nama program Amanah. Dan motor dapat diangsur dengan bunga kompetitif, yakni 1 persen pertahun.

Damar Setiawan, Direktur Penjualan PT Pegadaian menambahkan jika harga jual The Gade ST150 adalah Rp 46 juta. "Motor ini bisa dicicil 1-3 tahun. Untuk DP minimal 30 persen," ucapnya.

Tak perlu khawatir juga mengenai garansinya. Karena Damar menjelaskan jika The Gade ST150 tetap di back up oleh garansi Honda. "Karena memakai komponen modifikasi yang plug and play jadi tidak menggugurkan garansi," tutupnya.

Boleh juga nih!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });