window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tips: Empat Langkah Merawat Kopling Honda Monkey

Nussa · 16 Jan, 2021 07:00

Tips: Empat Langkah Merawat Kopling Honda Monkey 01

Honda Monkey memiliki dimensi yang mungil. Tak sedikit yang mengira motor ini dibekali mesin bertransmisi kopling otomatis, seperti pada motor bebek pada umumnya.

Namun, Honda Monkey justru dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc dengan kopling manual. Layaknya komponen lainnya pada sepeda motor, kopling pada Honda Monkey juga perlu dilakukan perawatan.

Berikut ini empat langkah merawat kopling Honda Monkey:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Rutin Mengganti Oli

Oli atau pelumas memiliki fungsi untuk memberikan lapisan pada bagian-bagian mesin yang bekerja. Sehingga, gesekan yang terjadi antar komponen di dalam mesin dapat diminimalisasi. Dengan begitu, mesin Honda Monkey akan terdengar atau terasa lebih lembut, serta tidak cepat panas.

Maka itu, penting bagi setiap pemilik motor kopling, seperti Honda Monkey, untuk rutin mengganti oli mesin. Lakukan pergantian oli mesin setiap motor melalui jarak tempuh hingga 2.000 km. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, performa mesin juga tetap terjaga dan dapat terus bekerja secara optimal.

Tips: Empat Langkah Merawat Kopling Honda Monkey 01

2. Cek Kampas Kopling

Pengecekan kampas kopling merupakan kewajiban untuk setiap pengendara motor bermesin kopling. Jika kampas kopling bermasalah, akibatnya akan mengganggu performa mesin saat terjadi perubahan transmisi.

Perubahan gigi atau transmisi menjadi tersendat, sehingga laju motor jadi terdampak. Jika kampas kopling sudah aus atau terkikis, sebaiknya segera lakukan pergantian dengan yang kondisinya masih baru.

3. Bersihkan Kabel Kopling

Seiring dengan pemakaian, saat sedang berkendara, kadang kita menemukan tarikan kopling pada Honda Monkey menjadi lebih berat. Hal ini wajar saja terjadi, karena kabel kopling dalam keadaan kering atau kotor.

Kondisi ini diakibatkan terjadinya karat pada bagian dalam kabel. Untuk mengatasinya, bisa dengan menuangkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel kopling melalui tuas.

Setelah cairan pelumas tersebut masuk, tarik tuas kopling perlahan. Lakukan proses tersebut beberapa kali sampai merasakan perubahan pada tarikan tuas kopling menjadi lebih ringan.

Tips: Empat Langkah Merawat Kopling Honda Monkey 02

4. Perhatikan Kualitas Bahan Bakar

Salah satu perawatan pada kopling Honda Monkey yang termudah adalah memerhatikan kualitas bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar dengan kualitas rendah atau oktan rendah tidak disarankan untuk Honda Monkey. Sebaiknya, gunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal 92.

Bahan bakar dengan oktan tinggi mampu melakukan pembakaran yang sempurna. Sehingga, dapat meminimalisasi timbal besi yang dibawa oleh bahan bakar tersebut. Efeknya juga akan membuat motor lebih halus dan bertenaga tanpa harus menghentak-hentak kopling.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });