window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Eksotis! Part 1

Ary · 8 Jun, 2023 15:00

Navigate to The Max Yamaha XMax Connected

Tour de Sumatera bersama Yamaha XMax Connected berlanjut di Sumatera  Barat.
  • Yamaha XMax melakoni perjalanan di wilayah  Sumatera Barat.
  • Jarak tempuh lebih dari 200 km, termasuk melalui tanjakan Sitinjau Lauik.

Tour de Sumatera yang digagas Yamaha Indonesia bersama Yamaha XMax Connected (Spesifikasi | Berita) kembali dihelat. Setelah memulainya dari Aceh - Medan (Sumatera Utara), perjalanan bersama Maxi Yamaha tersebut pun berlanjut ke Padang, Sumatera Barat. 

Merujuk kepada agenda tersaji, etape kedua Navigate to The Max di ranah minang tak kalah menarik dibanding etape pertama. Pasalnya, Autofun.co.id beserta media lain dan komunitas bakal melakoni touring dari Padang ke Bukit Tinggi dengan total jarak tempuh sekitar 200 km. 

Touring bersama Yamaha XMax Connected selama dua hari (7-8 Juni 2023) juga menyasar beberapa destinasi ciamik. Setelah start dari Sentral Yamaha Padang, rombongan Yamaha XMax Connected yang berjumlah 10 unit mengarahkan tujuan ke Danau Singkarak. 

Touring Yamaha XMax di Sumatera Barat

Rombongan touring Yamaha XMax memulai perjalanan dari Padang.

Baca juga: Yamaha Indonesia Jual Damper Yamaha XMax, Manjur Buat Nikung?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Namun, danau yang membentang di dua kabupaten yaitu Solok dan Tanah Datar tersebut hanyalah pembuka dari menu perjalanan Yamaha XMax di hari pertama. Tanpa berlama-lama, tujuan lantas diarahkan ke Lembah Harau sebagai destinasi akhir pada hari pertama. 

Melahap Tanjakan Sitinjau Laiuk

Untuk menjangkau ngarai di kawasan Payakumbuh itu, rute kami jauh lebih menantang. Acap kali Yamaha XMax Connected dihadapkan dengan kondisi tanjakan disertai tikungan tajam. Termasuk pula melewati tanjakan Sitinjau Lauik yang terkenal dengan elevasi ekstremnya.

Bukan semata euforia lantaran terviralkan, awalnya lokasi ini juga bakal menjadi tantangan tersendiri bagi si motor. Terlebih Yamaha XMax memiliki bobot yang tergolong berat yaitu 181 kg. 

Namun, tanjakan Sitinjau Lauik ini dapat dilalui tanpa kendala. Sekadar informasi, Yamaha XMax memiliki tenaga sebesar 22,8 PS @7.000 rpm dan torsi puncak 24,3 Nm @5.500 rpm. Kemampuan tersebut didapat dari mesin SOHC satu silinder berkapasitas 249,8 cc. 

Yamaha XMax Lembah Harau

Lembah Harau jadi destinasi akhir pada hari pertama.

Baca juga: Sensasi Diboncengin Pakai Yamaha XMax Connected, Masih Ngangkang?

Perihal diameter x langkah piston disetel 70 x 64,9 mm. Mesin seperti ini idealnya mengedepankan tenaga besar di rpm menengah sampai atas. Namun kebutuhan torsi dari Yamaha XMax Connected di area tersebut lebih dari cukup. 

Barulah setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Lembah Harau. Masuk ke dalam wilayah Payakumbuh, Sepanjang mata memandang, kami disuguhkan pemandangan dari jajaran tebing menjulang. Ngarai ini diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian 150 m hingga 200 m. Menariknya, batuan breksi dan konglomerat di tempat ini umumnya terdapat di dasar laut. Eksotis bukan? 

“Kondisi geografis wilayah Sumatera Barat yang sangat bervariasi mulai dari pantai, pegunungan, hingga lembah, tentunya tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah selama di perjalanan. Namun, juga akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan kepada para peserta. Hal ini karena mereka dapat secara langsung membuktikan kualitas berkendara XMax Connected baik itu dari segi kecanggihan fitur, kenyaman riding position, hingga performa mesin dalam mendukung kebutuhan mobilitas touring jarak jauh yang memang menjadi hobi dari penggunanya," ungkap Ricky Indarto Halim, General Manager Sales CV. Tjahaja Baru selaku Main Dealer Yamaha area Sumatera Barat.

Tunggu reportase perjalanan Autofun.co.id dengan Yamaha XMax di Sumbar pada artikel selanjutnya!

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });