window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Viral Honda ADV150 Terbakar di Jawa Timur, Gara-Gara Kabel Digigit Tikus?

Ilham · 25 Mei, 2022 17:30

Viral Honda ADV150 Terbakar di Jawa Timur, Gara-Gara Kabel Digigit Tikus? 01

Kondisi motor pasca terbakar
  • Kondisi motor belum dimodifikasi.
  • Kemungkinan korsleting akibat kabel digigit tikus.

Kasus kebakaran motor kembali terjadi. Kali ini satu unit skuter matic Honda ADV150 yang dilalap api di Jalan Raya Pacet Petak, Jawa Timur pekan ini. Padahal usia motor masih relatif baru tuh.

Kejadian ini diunggah langsung oleh pemilik motor dengan akun Vyn Vlandren di laman Facebook Group Honda ADV 150 2019 Indonesia pada 23 Mei lalu.

Baca Juga: Honda Tiger Jadi Keganasan Si Jago Merah, Terbakar Habis Pasca Track Day di Sirkuit Gery Mang Subang

Kronologi Kejadian

Vyn Vlandren menuturkan jika motor yang digunakannya tiba-tiba mengeluarkan api dari bagian bawah. Kemudian motor terbakar yang untungnya sempat diselamatkan dengan memadamkannya secara darurat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Motor tiba-tiba langsung terbakar dari bawah," katanya saat ditanyakan soal kronologi kejadian tersebut.

Viral Honda ADV150 Terbakar di Jawa Timur, Gara-Gara Kabel Digigit Tikus? 01

Api diduga terjadi karena korsleting

Meski sebagian besar komponen terbakar, namun tidak sampai ludes memakan seluruh motor, termasuk mesinnya yang terbilang utuh. Sehingga dirinya masih bisa membawa motor tersebut pulang ke rumah.

Karena kondisi motor yang cukup parah, estimasi perbaikannya bisa lebih dari Rp 5 juta. Pasalnya, nyaris seluruh bodi dan komponen berbahan plastik, juga joknya habis terbakar. Belum lagi peranti kelistrikan yang terbakar juga perlu diganti.

Kebakaran Bukan Karena Aksesoris

Banyak kasus motor terbakar disebabkan modifikasi yang dilakukan pemilik. Semisal memasang aksesoris seperti lampu atau klakson yang membebani kelistrikan motor. Kerap juga instalasi kelistrikan yang asal-asalan sehingga menimbulkan korsleting di motor.

Viral Honda ADV150 Terbakar di Jawa Timur, Gara-Gara Kabel Digigit Tikus? 02

Mesin masih bisa menyala

Namun Vyn Vlandren menyatakan jika motor yang dimilikinya masih standar pabrik. Tidak ada aksesoris atau modifikasi yang dilakukannya terkait kelistrikan di motor.

Meski demikian, dirinya berpendapat jika kebakaran pada motornya disebabkan oleh korsleting listrik, karena api merembet dari bawah. Hal ini pun mendapat beragam tanggapan dari beberapa netizen.

Rata-rata menyebut, jika kemungkinan ada kabel di dekat sumber panas atau api yang digigit tikus. Apalagi kabel kelistrikan di balik bodi yang kerap kurang terdeteksi kondisinya itu. Sehingga spekulasi akan hal tersebut bisa saja terjadi.

Viral Honda ADV150 Terbakar di Jawa Timur, Gara-Gara Kabel Digigit Tikus? 03

Motor masih bisa dibawa pulang

Hal ini juga perlu Anda waspadai, terutama jika menyimpan motor di tempat yang digemari tikus. Seperti gudang atau garasi. Sehingga sebaiknya cek kondisi kabel secara berkala, terutama ketika melakukan servis.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });