5 Fakta Menarik Honda HR-V Gen-1, Produk Langka di Indonesia (Part 2)

Yongki Sanjaya · 25 Mei, 2022 15:30

5 Fakta Menarik Honda HR-V Gen-1, Produk Langka di Indonesia (Part 2) 01

Honda HR-V Gen-1 memiliki desain yang memadukan elemen sporty dari sebuah hatchback kedalam sebuah mobil SUV. Ini menjadikan penampilan Honda HR-V tampak unik dibandingkan kendaraan lain berdesain konvensional yang banyak beredar di pasar saat itu. 

Generasi pertama Honda HR-V diluncurkan pada tahun 1999 di Eropa dan terus dipasarkan hingga tahun 2006. Dengan desain yang memadukan elemen sporty dari sebuah hatchback kedalam sebuah mobil SUV menjadikan penampilan Honda HR-V tampak unik dibandingkan kendaraan lain berdesain konvensional yang banyak beredar di pasar saat itu.

Generasi pertama Honda HR-V dipasarkan dengan dua pilihan, yakni penggerak Front Wheel Drive (FWD) dan Four Wheel Drive (4WD) dan dua jenis transmisi yakni manual dan CVT.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Punya Opsi Penggerak 4WD, Lebih Tangguh di Segala Kondisi Jalan

5 Fakta Menarik Honda HR-V Gen-1, Produk Langka di Indonesia (Part 2) 01

Tidak seperti Honda HR-V generasi kedua yang dijual di Indonesia hanya dalam versi FWD, HR-V generasi pertama malah cukup variatif. Sebab, crossover ini memiliki varian 4WD yang membuatnya lebih tangguh di medan off road.

HR-V ditawarkan dengan dua mesin 1,6 liter, D16W1 4-silinder (105 PS/135 Nm) dan D16W5 VTEC (124 PS/138 Nm).  Mesin dipasangkan dengan CVT Multimatic S atau transmisi manual 5-percepatan tetapi hanya VTEC yang datang dengan penggerak 4 roda (4WD).

5 Fakta Menarik Honda HR-V Gen-1, Produk Langka di Indonesia (Part 2) 02

Opsi non-VTEC hanya ditawarkan dengan penggerak roda depan (FWD), sedangkan sistem 4WD pada HR-V sebagian besar masih bias depan. Sebab sistem Real Time 4WD ini diadopsi dari CR-V yang diluncurkan beberapa tahun sebelumnya.

Fitur ini bekerja secara otomatis di beberapa kondisi jalan, diantaranya yaitu jalan menanjak, sehingga mobil menjadi lebih bertenaga. Walaupun demikian, Honda HR-V tidak didesain untuk off-road sehingga fitur tersebut lebih diperuntukkan untuk memberi daya cengkram tambahan pada jalan bersalju, diatas rumput atau kerikil.

Honda HR-V Bukan Produk Istimewa di Jepang

5 Fakta Menarik Honda HR-V Gen-1, Produk Langka di Indonesia (Part 2) 03

Sebagai salah satu kiblat otomotif dunia, Jepang memiliki beragam jenis mobil yang unik dan menarik, HR-V salah satunya. HR-V bahkan bukan model JDM meskipun memiliki highlight desain yang unik dan membuatnya tampak lebih cocok untuk dijual terbatas di Jepang. Sebaliknya, HR-V ternyata juga dijual di Eropa, Australia, dan beberapa pasar Asia.

HR-V bisa diterima konsumen benua biru karena posturnya yang tinggi meskipun ukurannya compact. Konsumen muda di Eropa menyukai desainnya yang unik, dan jadi momentum tepat kebangkitan segmen crossover.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru