window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Mazda CX-60, SUV Premium dengan Tingkat Kenyamanan Ala Mobil Eropa

Enda · 31 Jul, 2023 13:00

Mazda CX-60

Kehadiran Mazda CX-60 (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air menambah daftar line up kendaraan Mazda di Indonesia yang fokus terhadap mobil premium. Bermain di segmen Medium SUV premium, CX-60 yang dihadirkan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) baru-baru ini membawa ideologi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda.

Dengan Jinba-Ittai yang disempurnakan, maka tidak hanya fokus pada estetika, namun juga kenyamanan dan keselamatan berkendara. Perlu diketahui CX-60 dihadirkan dalam dua edisi, yakni Kuro Edition dan Elite Edition.

Untuk harga, kedua varian ditawarkan Rp1.188.800.000 on the road Jakarta. Guna mengetahui lebih dekat Mazda CX-60, simak 5 hal menarik seputar mobil ini melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mazda CX-60 Melantai di Indonesia, SUV Jepang Lawan Berat BMW X3

1. Bahasa Desain Kodo-Soul of Motion Suguhkan Tampilan Futuristik dan Prestisius

Mazda CX-60

Mazda CX-60 Elite Edition

Mempertahankan DNA Mazda dengan menyematkan gaya bahasa desain KODO-Soul of Motion sebagai ikonnya, CX-60 hadir dengan bentuk yang  elegan, premium dan juga futuristis pada bagian ekstriornya. Terinspirasi dari elemen organik dan juga gerakan kaligrafi Jepang, lekukan body yang diterima mobil ini dibuat dengan halus dari bawah hingga ke atas.

Tak hanya desain Kodo khas Mazda, mobil ini juga membawa konsep Noble Toughness. Pada fascia, bagian fender depan terdapat side signature. Untuk sistem pencahayaan mobil ini mengaplikasikan lampu LED auto levelling model memanjang yang seolah terhubung dengan grill-nya, serta stoplamp LED dengan bentuk khas mobil Mazda zaman sekarang.

Mazda CX-60

Interior CX-60

Melihat ke sisi bagian dalam, ideologi Jinba-Ittai langsung bisa kalian rasakan tersematkan pada mobil ini. Desain elegan ditampilkan melalui jahitan Kakenui hingga trim kulit nappa yang diaplikasikan pada bangkunya.

Mempertegas kesan premium sekaligus kenyaman dalam berkendara, interiornya dibungkus dengan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin kontemporer. Selain membawa tampilan premium, mobil ini juga menyajikan konsep ergonomis sehingga memudahkan penggunanya ketika ingin menjankan fitur yang dibutuhkan.

2. Fitur di Mazda CX-60 Dapat Menyesuaikan Posisi Berkendara Sesuai Tinggi Badan Secara Otomatis

Mazda CX-60

Pertama kalinya Mazda menyematkan teknologi Driver Personalization System pada CX-60. Teknologi terbaru ini memudahkan penggunanya untuk mendapatkan poisisi berkendara yang ideal tanpa harus melakukan penyetelan secara manual, meski dibekali fitur power seat adjustment.

Secara otomatis Driver Personalization System mengatur posisi mengemudi Jinba-Ittai khas Mazda hanya dengan memasukan data tinggi badan pengemudi melalui head unit. Posisi mengemudi ideal secara otomatis meliputi kursi, setir, spion samping dan heads-up display.

Menariknya teknologi ini sekaligus menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system dan juga sistem keselamatan aktif i-Activsense. Oh iya, mobil ini juga mendapatkan pendeteksi wajah infra red yang akan memberikan sinyal peringatan ketika pengemudi kehilangan konsentrasi berkendara.

Pada bagian atap, CX-60 juga dilengkapi panoramic sunroof dengan ukuran cukup besar yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara setiap penggunanya.

Mazda CX-60

Bicara mengenai sistem hiburan, mobil ini disematkan head unit layar sentuh 12,3 inci model floating dengan teknologi tingkat atas yang dapat menjawab segala kebutuhan saat berkendara. Tak hanya itu, sistem infotaimentnya juga menghasilkan suara premium berkat dipadukan 12-speaker garapan Bose.

Guna memudahkan pengguna dalam menjalankan fitur atau melakukan pengaturan pada sistem hiburan maupun panel instrumentnya, mobil ini telah dilengkapi switch contol pada lingkar kemudinya. Bukan cuma itu, selain port pengisian daya smartphone, mobil juga sudah dibekali wirless charging.

Baca juga: Produksi Mobil Listrik Mazda Dikebut, Basisnya SUV

3. Fitur Keselamatan CX-60 Komplit

Mazda CX-60

Sebagai SUV Premium, Mazda CX-60 memiliki fitur keselamatan lengkap yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini telah mencakup Anti-lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), 6 airbags, Electric Parking Brake (EPB), Dynamic Stability Control (DSC) & Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Hill Descent Control (HDC).

Selain itu CX-60 juga mendapatkan front & rear parking sensors, 360 view monitor with see-through view, Collapsible steering shaft & injury-minimizing brake pedal, Neck injury mitigation front seats, dan SKYACTIV-BODY.

Tak ketinggalan CX-60 turut disematkan ADAS yang dinamai i-Activsense. Fitur yang ada didalamnya antara lain; Adaptive LED Headlamp (ALH), Smart Brake Support (SBS) & Forward Obstruction Warning (FOW), Mazda Radar Cruise Control (MRCC)

Cruising & Traffic Support (CTS), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane keep Assist System (LAS), Driver monitoring, Blind Spot Monitoring (BSM), dan terakhir Rear Cross-Traffic Alert (RCTA)

Mengenai fitur kemanan, mobil ini sudah dilengkapi power door locks with auto door lock system, serta immobilizer & burglar alarm.

4. Gunakan Mesin 3.3L Turbo dengan Teknologi Mild Hybrid

Mazda CX-60

Mazda CX-60 baik Kuro Edition maupun Elite Edition dibenamkan mesin 3.3L 6-silinder segaris DOHC, 24-valve, turbocharged dengan kubikasi 3.283 cc. Dipadukan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System), jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga 284 PS di angka 5.000 - 6.000 rpm dan torsi puncak 450 Nm pada putaran 2.000-3.500 rpm. Dengan kapasitas besar dan teknologi Mild Hybrid, mesinnya memiliki performa maksimal namun irit dalam hal penggunaan bahan bakar.

5. Andalkan Transmisi Baru dengan Sistem Penggerak AWD

Mazda CX-60

Sebelum diarahkan ke semua roda, Output mesinnya diatur menggunakan transmisi 8-speed automatic without torque converter terbaru yang menjanjikan kenyamanan sekaligus akselerasi cepat. Selanjutnya putaran yang dihasilkan ditranslasi ke semua roda untuk membuatnya berjalan.

Mazda CX-60

Menganut sistem penggerak All Wheel Drive (AWD), mobil ini dilengkapi teknologi i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak. Tidak berhenti sampai di situ, Mazda CX-60 memiliki fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.

Mode tersebut dapat dialihkan dari Normal ke Sport hingga Off-road yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan kebutuhannya. Mazda juga menyematkan Kinematic Posture Control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Baca juga: Siapa Sangka, Mazda Ternyata Terinspirasi Joki Kuda Ketika Bikin Mobil

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mazda CX-60 AWD Kuro Design 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia