window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X?

Yongki Sanjaya · 11 Sep, 2023 16:00

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 01

Sebelum trend SUV berbasis MPV populer seperti sekarang ini, Nissan sudah sejak lama menginisiasi varian 'off road' tersebut melalui Livina X-Gear pada 2008. Awalnya, pilihan X-Gear saat itu hanya ada pada Livina/Livina XR saja. Melihat kebutuhan MPV 7-seater yang semakin besar, lantas membuat Nissan menambah varian X-Gear dengan mengambil basis dari Nissan Grand Livina di tahun 2013.

Baca juga: 

Bukan Cuma Nissan Grand Livina, Ini Deretan MPV 'Ceper' Buat Tampil Keren Ala Mobil Estate

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penyakit Khas Nissan Grand Livina, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Cek Komponen Ini Sebelum Beli Nissan Grand Livina

Kini harga jual Nissan Livina X-Gear mulai dari Rp65 jutaan dan untuk Grand Livina X-Gear mulai Rp115 jutaan, sehingga cukup terjangkau bagi kalian yang mencari mobil tahun muda dengan harga terjangkau. Supaya tidak penasaran, berikut ini lima hal menarik dari Nissan Livina X-Gear yang bisa kalian jadikan referensi.

1. Desain Maskulin ala Crossover

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 01

Livina X-Gear memiliki gaya agresif dengan image yang lebih kuat di berbagai elemen eksterior maupun interiornya. Bila dilihat, mobil ini menonjolkan kesan macho dan sporty sehingga terkesan sebagai sebuah crossover. 

Kelebihan Livina X-Gear dari sisi eksterior dibanding Grand Livina antara lain adalah desain gril yang macho, alloy wheel sporty, front & rear bumper protector, over fender, side moulding, dan back door ornament. Mobil ini juga terpasang roof rail yang mampu menopang beban hingga 25 kg. 

Livina X-Gear memiliki dimensi panjang sekitar 4.175 mm, lebar 1.690 serta mempunyai tinggi 1.595 mm. jarak antara as roda depan serta belakang adalah 2.600 mm. dan untuk jarak mobil dengan tanah yaitu sekitar 18,5 cm.

Pada varian 7-seater, Nissan Grand Livina X-Gear mempunyai dimensi panjang 4.400 mm, dengan lebar dan tinggi yang sama.

2. Nissan Grand Livina X-Gear Jadi Varian 7-Seater

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 02

Pada saat pertama kali hadir di Indonesia pada 2008, Livina X-Gear hanya tersedia dalam varian 5-seater.  Kapasitas bagasi berdaya muat hingga 383 liter di bagian belakang. Bodi terasa compact tapi interiornya tidak terasa sempit.

Setelah PT Nissan Motor Indonesia tak lagi menjual Livina dan Livina XR, otomatis basis yang digunakan untuk model Livina X-Gear mengadopsi dari Grand Livina. Otomatis, Grand Livina X-Gear berganti genre jadi sejenis low SUV 7-seater. 

Bagi kalian yang ingin punya mobil 7-seater, maka Grand Livina X-Gear juga menarik jadi incaran. Kabin muat 7 penumpang dengan konfigurasi jok fleksibel sesuai kebutuhan. Kursi belakangnya bisa dilipat rata lantai dengan porsi 50:50.

3. Grand Livina X-Gear Punya Interior Modern dan Mendukung Aktivitas Outdoor

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 03

Dengan konsep sebagai mobil keluarga yang aktif dan dinamis, maka interior Livina X-Gear juga didesain khusus untuk mendukung gaya hidup aktif serta aktivitas outdoor. 

Material interior sengaja dipilih berwarna gelap yang tidak mudah kotor. Bahan pelapis kursi dipilih aksen hitam dan abu-abu dari bahan fabric, sementara dasbor dan door trim dilengkapi silver finisher yang sporty. 

Aksen sporty kian tajam karena pada panel instrumen analog dilengkapi silver ring ornament. Selebihnya, mobil ini mengusung banyak aspek yang sama seperti Livina atau Grand Livina.

Untuk fitur multimedia, mobil ini memiliki head unit 6 inci Double Din. Untuk format yang bisa dioperasikan adalah radio AM/FM, DVD, iPhone Connectivity, Bluetooth dan USB. Pada Livina X-Gear juga mendapat fitur Roof Mounted Monitor, yang mana penumpang belakang juga mendapatkan hiburan Multimedia.

4. Spesifikasi Mesin 1.500 CC dengan Tenaga Lumayan

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 04

Livina X-Gear dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc sama seperti Grand Livina 1.5 dan Livina XR. Outputnya tergolong besar saat itu, mencapai 109 ps pada 6.000 rpm dengan torsi 148 Nm pada 4.400 rpm. Pilihan transmisinya tersedia otomatis 4 percepatan (L10), CVT (L11) dan manual 5-percepatan.

Keandalan mesin HR15DE ini sudah teruji kehematannya dalam konsumsi bahan bakar. Tenaga dan torsinya tetap responsif untuk bermanuver di keramaian kota besar. 

Masih soal spesifikasi teknis, Nissan Livina X-Gear menggunakan McPherson Strut plus stabilizer di depan dan Torsion Beam di belakang yang dilengkapi fitur ripple control pada shockbreakernya. 

Suspensi pada keluarga Livina tergolong nyaman dengan bantingan yang halus. Di sisi lain, suspensinya cukup stabil saat melakukan manuver dengan minimnya gejala body roll.

5. Fitur Berkendara yang Belum Ketinggalan Zaman

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X? 05

Selain fitur multimedia yang dijelaskan di atas, Nissan Livina X-Gear juga memiliki beberapa fitur berkendara yang modern. Mobil ini  dilengkapi dengan SRS Airbag serta sabuk pengaman 3 titik. 

Tersedia pula  Collapsible Steering Column, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist hadir di Livina X-Gear sebagai fitur keselamatan. Untuk fitur kenyamanan terdapat AC dengan beberapa arah semburan, deffoger, electric mirror dan tilt steering.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil