window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jadi Varian Langka, Apa Istimewanya Nissan Grand Livina 1.8 Bekas?

Enda · 5 Jan, 2023 18:01

Nissan Grand Livina 1.8

Selain varian 1.5, pada 2007 PT Nissan Motor Indonesia (NMI) turut menghadirkan Nissan Grand Livina 1.8. Untuk pasar Tanah Air, Grand Livina paling bertenaga di kelasnya ini ditawarkan dalam dua tipe, XV dan Ultimate.

Popularitas Nissan Grand Livina 1.8 sendiri mampu bertahan hingga 2013 sebelum keran pemesanan mobil ini ditutup oleh Yoshiya Horigome, selaku Vice President Director of National Sales and Marketing NMI saat itu.

Alasan Grand Livina 1.8 tak lagi dijual saat itu karena mengejar efisiensi, lalu mengoptimalkan varian 1.5 yang lebih diterima pasar. Jadi varian langka sekaligus paling bertenaga di segmen Low MPV 7-seater, ketahui beberapa kelebihan Nissan Grand Livina 1.8 melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • 2019 Nissan GRAND LIVINA VL 1.5

    Rp 204,00 Juta
    Rp 3,69 Juta
    /bulan

    33.484 km

    4,5 tahun

    Banten

  • 2017 Nissan GRAND LIVINA HIGHWAY STAR 1.5

    Rp 160,40 Juta
    Rp 2,97 Juta
    /bulan

    74.715 km

    4,5 tahun

    Banten

  • 2019 Nissan GRAND LIVINA VL 1.5

    Rp 215,70 Juta
    Rp 3,97 Juta
    /bulan

    47.860 km

    4,5 tahun

    Jawa Barat

Baca juga: Masih Banyak Diburu, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina 1.8 Terasa Nyaman Digunakan

Nissan Grand Livina 1.8

Sekilas tampilannya tak jauh berbeda dari varian 1.5

Dari segi berkendara Livina 1.8 lebih nyaman digunakan ketimbang beberapa rival terdekatnya. Memiliki atap serta ground clearance yang dibuat rendah layaknya sedan, mobil ini memiliki center of gravity rendah sehingga terasa stabil meski dipacu dalam kecepatan tinggi.

Selain stabil, penggunaan suspensi McPherson Strut plus stabilizer di depan dan Torsion Beam di belakang yang dilengkapi fitur ripple control pada bagian shockbreakernya. Membuat bantingan yang dihasilkan lebih empuk dan nyaman ketika melewati jalan keriting.

Memiliki tampilan yang aerodinamis, bobot yang ringan, menjadikan mobil ini mudah dikendarai saat melakukan manuver dengan minimnya gejala body roll. Bukan cuma itu, pengemudi juga merasa dimudahkan ketika memarkirkan kendaraan karena mobil ini memiliki putaran setir ringan serta tekukan yang tajam.

Nissan Grand Livina 1.8

Joknya juga nyaman

Oh iya, Livina 1.8 memiliki busa jok yang tebal. Dengan begitu tentunya membuat pengemudi maupun penumpang yang berada didalamnya merasa nyaman dan tidak mudah lelah ketika sedang melakukan berpergian keluar kota.

Tak hanya itu, berpergian keluar kota juga merasa lebih nyaman berkat lantai kabinnya yang dibuat rata. Disisi lain, kalian juga tidak perlu khawatir ketika ingin membawa barang dengan jumlah cukup banyak. Pasalnya akomodasi keluar masuknya barang ke dalam bagasi juga terasa mudah, terlebih pelipatan jok baris ketiganya yang rata.

Baca juga: Penyakit Khas Nissan Grand Livina, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Lebih Mewah dan Punya Fitur Lengkap

Nissan Grand Livina 1.8

Menempati varian atas, secara tampilan Grand Livina 1.8 terlihat lebih mewah. Tipe HWS, eksteriornya menggunakan grill berbeda dengan aksen krom yang terbagi menjadi beberapa bilah. Tak hanya itu, di bagian bawahnya juga dilengkapi list krom di bumper serta side skirt. Untuk lingkar rodanya sudah menggunakan velg bergaya two tone.

Melihat sisi dalamnya, mobil disematkan aksen wood panel di dashboard dan door trim. Selain itu joknya sudah dibungkus menggunakan bahan kulit dengan kualitas premium yang juga diaplikasikan di beberapa bagian pintunya.

Bicara soal fitur yang ada di bagian dalam, mobil ini berhasil dipadukan head unit 2din yang terkoneksi secara langsung dengan CD, Mp3, Aux-in SD card, iPod dan USB, serta dua buah layar monitor di belakang headrest baris pertama. Sistem hiburannya disandingkan dengan 6 buah speaker yang menghasilkan kualitas suara baik.  

Guna memberikan kenyaman secara lebih terhadap penumpangnya saat berkendara cukup lama, di belakang konsol tengahnya terdapat kisi-kisi AC yang mampu mendistribusikan udara sejuk pada penumpang baris kedua dan ketiganya. Adapun untuk fitur unggulan lainnya yang dimiliki Grand Livina 1.8 yakni power window, electric mirror, tilt steering, Electronic Power Steering (EPS) dan deffoger di bekalang.

Mengenai fitur keselamatan yang disuguhkan, mobil ini sudah dibekali dengan Ani-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan dual airbags di depan. Untuk keamanannya mobil ini berhasil dilengkapi alarm sytem dan central lock.

Karakter Mesin Lebih Repsonsif

Nissan Grand Livina 1.8

Kapasitas mesin terbesar di kelasnya

Low MPV 7-seater Tanah Air mayoritas didominasi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc. Sebagai varian teratas, Grand Livina 1.8 dibekali mesin 1.800 cc berkodekan MR18DE yang sangat bertenaga sekaligus responsif.

Secara spesifikasi, mesin 1.800 cc yang digunakan memiliki konfigurasi  4-silinder segaris DOHC 16 valve yang menurut data di atas kertas sanggup melecutkan tenaga hingga 126 PS di 5.200 rpm dengan torsi puncak sebesar 174 pada putaran 4.800 rpm.

Uniknya jantung pacunya dikawinkan menggunakan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan sistem penggerak roda depan (FWD).

Mengenai konsumsi BBM Nissan Livina 1.8 tidak terlalu boros sebanding dengan performa serta kenyamanan yang dihasilkan. Beberapa pemilik menyebutkan bahwa penggunaan dalam kotanya mobil ini dapa menempuh jarak 9-10 km per liter. Sedangkan luar kotanya 12-13 km per liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina X-Gear, Crossover Kompak yang Terjangkau

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil