window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate

Yongki Sanjaya · 2 Jan, 2023 13:30

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 01

Nama Nissan Livina dalam tiga tahun ini seolah makin tenggelam. Di satu sisi kembarannya yaitu Mitsubishi Xpander semakin sukses dan bahkan telah mengalami facelift. Meskipun masih model lawas, Nissan Livina VL sebagai tipe tertinggi punya banyak hal menarik yang bisa kalian jadikan pilihan. 

Pada laman resmi Nissan Indonesia, sekarang cuma ada tiga varian Livina yang tersedia berupa Livina EL M/T, VE A/T, dan VL A/T. Sebagai informasi, MPV andalan Nissan ini telah mengalami pengurangan tipe. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sering Dianggap Mahal, Segini Biaya Service Nissan Livina di Bengkel Resmi Hingga 100.000 km

Simpel, Ini Alasan Nama Nissan Livina Tidak Lagi Menggunakan Grand Ditengahnya

Nissan Livina Buatan Indonesia Resmi Dijual di Filipina, Harga Lebih Mahal dari Xpander

Sebelumnya saat meluncur di 2019, varian Nissan Livina memiliki lima varian. Sedangkan kini tipe E M/T dan EL A/T telah menghilang dari daftar. 

Meskipun belum mengalami facelift, tapi Nissan Livina VL termasuk low MPV yang proporsional dari sisi harga dan fitur. Bahkan dari sisi sparepart, mobil ini nyaris seluruhnya memakai part Xpander pre facelift.

Itu tadi sekilas hal menarik dari Nissan Livina VL yang bisa memikat kalian yang sedang cari mobil baru di awal tahun. Berikut ini ulasan mendalam soal MPV yang jadi kembaran Xpander tersebut.

1. Harga Nissan Livina VL Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 01

Hal pertama yang pasti jadi pertimbangan saat akan membeli mobil baru ialah soal harga. Untuk perbandingan tipe tertinggi dari Nissan Livina yaitu VL ternyata dijual lebih murah ketimbang Mitsubishi Xpander tipe Ultimate.

Sebagai informasi, harga Nissan Livina VL di penghujung 2022 lalu dijual Rp308.500.000. Sementara itu, 'mantan kembarannya' yaitu Mitsubishi Xpander tipe Ultimate CVT kini dijual seharga Rp312.100.000. Kenapa kami bilang mantan kembaran, ini karena Xpander sudah mengalami fase facelift dengan banyak perubahan fitur maupun spesifikasi.

2. Fitur Nissan Livina VL Belum Ketinggalan Zaman

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 02

Saat Xpander belum mengalami facelift, fiturnya masih kalah daripada Livina. Kini setelah kembarannya mengalami facelift, ternyata Livina masih bisa mengimbangi dari sisi fitur.  Livina memiliki positioning lamp dan daytime running (DRL) LED.

Bila kita perhatikan secara detail, lampu depan Livina punya dimensi lebih kecil dan desain foglamp-nya pipih. Kemudian untuk lampu rem belakang, jika menyala maka bentuk pancaran cahaya yang bersinar seperti siluet anak panah.

All New Nissan Livina pada tipe VL punya keistimewaan di head unit. Livina VL sebagai tipe teratas dibekali head unit 7-inci layar sentuh yang bisa terkoneksi secara Apple Carplay dan Android Auto dengan Steering Switch Control. Tak hanya itu, terdapat juga 6 buah speaker sehingga audio akan lebih merata.

Nissan Livina Punya Kabin yang Lebih Berkelas dan Kedap

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 03

Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, desainer Livina juga turut meningkatkan kemampuan sistem peredam. Konon, bagian kaca dibuat lebih tebal dari Xpander pre facelift sehingga membuat kabin Livina jadi makin kedap.  

Untuk material interiornya, kabin Livina didominasi oleh warna hitam yang dilengkapi dengan bahan kulit untuk membungkus joknya. Material busa jok di Livina terasa empuk saat diduduki. 

Itu didukung juga dengan desain yang mengedepankan ergonomi penggunanya, yang mampu menopang paha dengan baik juga desain head rest yang punya sudut pas. Kelebihannya memakai material kulit, bila ada air minum atau makanan yang tumpah maka membersihkannya cukup dilap, maka jok akan kembali bersih.

Tak cuma itu saja, setir Livina dilengkapi setelan tilt (naik-turun) dan telescopic (maju-mundur). Jni jelas memberikan keleluasaan buat pengemudi untuk mendapatkan posisi berkendara paling tepat dan nyaman.

4. Transmisi Otomatis Konvensional, Lebih Andal Untuk Medan Pegunungan

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 04

Nissan mempercayakan mesin berkapasitas 1.499 cc yang mampu menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi 141 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan pada 2 roda di depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan.

Dahulu Livina dan Xpander memakai jenis mesin dan transmisi yang sama. Namun kini Xpander telah beralih memakai transmisi CVT yang diklaim lebih halus saat proses akselerasi dan deselerasi. 

Meskipun demikian, transmisi otomatis konvensional dengan torque converter seperti milik Livina juga memiliki keunggulan tersendiri. Transmisi yang masih mengandalkan gigi rasio tersebut jelas lebih responsif saat menghadapi jalan berkontur pegunungan yang umum kita temui di Indonesia. Torsi awal untuk menanjak lebih kuat ketimbang CVT yang hanya mengandalkan rasio diameter sabuk baja. 

5. Fitur Keselamatan Lengkap, Tapi Tidak Melimpah

5 Hal Menarik Nissan Livina VL, Alternatif Murah Xpander Ultimate 05

Untuk fitur keselamatan di Livina VL pun terbilang lengkap, cukup untuk membantu pengemudi saat situasi sulit. Mobil ini memiliki Dual SRS Airbag, ada sabuk pengaman tiga titik, Auto Hazard Light on Emergency Braking, Immobilizer, Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), Parking Sensor juga Rear View Camera.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil