window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa

Yongki Sanjaya · 28 Des, 2022 12:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seharga Yaris Bakpao, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Swift Gen-1

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017?

Suzuki Swift pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 2005. Sebagai informasi, Suzuki Swift bekas dari generasi pertama kini dijual dengan harga mulai dari Rp95 juta sampai Rp125 juta.

Namun bagi kalangan muda first buyer di rentang usia 25-35 tahun, Swift menjadi opsi hatchback yang proper dari aspek desain dan tenaga. Kedua aspek ini bagi kalangan muda menjadi pertimbangan utama, karena desain yang sporty ini menggambarkan karakter jiwa muda. Ditambah lagi, karakter mesin yang tenaganya oke dan fun to drive bisa jadi pelampiasan jiwa muda saat berkendara.

Dengan desain yang modis, apakah hal menarik yang bisa kita dapat dari sebuah Suzuki Swift bekas? Berikut ini uraian seputar hatchback legendaris Suzuki di Indonesia tersebut.

1. Suzuki Swift Batch Awal Diimpor Langsung Dari Jepang

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa 01

Suzuki Swift resmi mengaspal pertama kali di Indonesia pada tahun 2005 dengan status completely build up (CBU) alias diimpor secara utuh. Ketika diluncurkan, Swift ditawarkan dalam dua varian, yakni GL dan GT yang diketahui merupakan versi CBU Jepang.

Lantas Swift mulai dirakit sendiri oleh Suzuki Indonesia secara lokal mulai tahun 2007 di pabrik Bekasi. Untuk versi lokal, Swift hadir dalam dua tipe, yaitu GT2 dan ST.

Sebagai pembeda di antara keduanya, varian GT2 terkesan lebih sporty. Hal tersebut dikarenakan GT2 telah dilengkapi body kit serta beberapa fitur pendukung. Sedangkan tipe ST terlihat sederhana karena ini merupakan varian standar.

Sebelum berhenti dijual pada tahun 2012, PT SIS juga sempat menghadirkan varian GTS dan GT3 yang diketahui juga sebagai model sportnya. Artinya, kalau kamu ingin mencari Swift dengan kualitas impor, maka bisa memilih unit produksi 2005-2006.

2. Suzuki Swift Bekas, Hatchback dengan Handling Lincah

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa 02

Nilai jual utama yang dimiliki oleh Suzuki Swift adalah desain yang modis dan timeless. Basis desainnya bahkan masih bertahan hingga generasi terbaru yang kini tak masuk Indonesia. Tak cuma itu, mobil besutan Suzuki ini disukai karena handling yang lincah, dan minim limbung. 

Sebagai informasi, mobil ini berdimensi 3.695 mm x 1.690 x 1.500 mm, dimana sejak awal rancangannya melibatkan desainer dari Eropa dan Jepang. Desainnya mungil, dan ground clearance agak ceper membuat lebih rigid dan stabil. 

Berbekal ground clearance yang rendah dan wheelbase yang pendek, Swift mampu menghasilkan handling yang sangat baik. Dengan bodi mungilnya, Suzuki Swift terasa menyenangkan untuk bermanuver di dalam kota. Tak cuma itu, desainnya serba pas untuk sebuah hatchback perkotaan yang menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban. 

3. Karakter Mesin Suzuki Swift Lebih Linier Output Tenaganya

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa 03

Bicara soal performa Suzuki Swift, hatchback ini dibekali mesin M15A DOHC 1.490 cc. Mobil ini memiliki output 110 ps/6.000 rpm dengan torsi maksimum 143 Nm/4.000 rpm. 

Menyoal durabilitas mesin M15A juga terbukti tangguh. Hal ini dibuktikan dari beberapa pemiliknya dimana jarang sekali mengalami keluhan terhadap jantung pacunya.

Suzuki Swift generasi pertama ditawarkan dengan dua pilihan jenis transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk transmisi yang digunakan terasa halus dalam setiap perpindahan.

"Gw pke yang GL dulu. Tenaganya linier dari gigi 1-4, rata di semua putaran," tulis akun Naldo di Seraya Motor.

4. Konsumsi BBM yang Bersahabat

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa 04

Mobil besutan Suzuki umumnya bukan sahabat karib SPBU, maksudnya cukup irit soal konsumsi BBM. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penggunaan dalam kotannya Suzuki Swift gen-1 mampu menempuh jarak 9-11 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotannya, mobil ini dapat memperoleh angka 13-15 km/liter.

5. Fitur Pendukung yang Oke

5 Hal Menarik Suzuki Swift Bekas, Walau Tua Harganya Masih Jumawa 05

Suzuki Swift versi CBU Jepang ada 3 tipe yang masuk Indonesia, yakni GX, GL dan GT. Namun dari ketiganya hanya berbeda pada tampilan eksterior, kalau GT lebih sporty. 

Untuk fitur hiburannya, terdapat audio steering control yang terkoneksi dengan HU yang terlihat menyatu dengan dashboard bagian tengah. Setirnya sudah dibungkus bahan kulit yang terlihat cukup mewah. Sayangnya panel AC untuk versi yang masuk Indonesia tidak ada yang digital, semuanya masih model putar. 

Lebih lanjut, Swift memiliki indikator suhu luar kabin, penunjuk konsumsi bahan bakar dan jam di center cluster, hingga jok dengan bahan kulit premium. 

Untuk fitur keselamatan, Suzuki Swift memiliki sistem pengereman ABS + EBD, srs airbag dan rem cakram di semua roda, TECT Body, Side Impact Beam dan juga Pendestrian Protection. Fitur terakhir yakni berupa front bumper Swift yang tidak terlalu mematikan ketika terjadi tabrakan karena meredam benturan bila menabrak manusia.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Suzuki Swift Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil