Ada 7 Varian Daihatsu Terios 2021, Mana Pilihan yang Paling Ideal Untuk Saat Ini?

Enda · 22 Feb 2021 08:00

Sampai dengan saat ini Daihatsu Terios 2021 ditawarkan dengan harga lebih murah dari saudara kembarnya, Toyota Rush. Melansir situs resminya, LSUV tulang punggung Daihatsu ini dibandrol mulai dari Rp214,450,000 hingga Rp269,050,000.

Memiliki rentang harga yang terbilang cukup jauh, tak lepas dari banyaknya varian yang ditawarkan. Perlu diketahui, Daihatsu Terios 2021 dihadirkan dengan 7 varian. X MT STD, X MT DLX, X AT DLX, R MT STD, R AT STD, R MT DLX dan R AT DLX.

Dari sekian banyaknya varian Daihatsu Terios yang ditawarkan, tipe mana yang paling ideal untuk dipilih sebagai LSUV keluarga saat ini?

Daihatsu Terios R MT DLX, Varian Terios Paling Ideal

Daihatsu Terios R MT DLX

Di dalam kasta Terios, tipe R merupakan varian tertinggi. Seperti yang disebutkan di atas, pada tipe ini terdapat R MT STD, R AT STD, R MT DLX dan R AT DLX.

Melihat segi tampilan, fitur unggulan, fitur keselamatan, serta kenyamanan berkendara, Daihatsu Terios R MT DLX merupakan pilihan yang sangat ideal untuk sebuah LSUV keluarga dengan harga terjangkau saat ini.

Penampilan Daihatsu Terios R MT DLX, Mewah dan Sporty

Tampilan belakang Daihatsu Terios R MT DLX

Melihat tampilan luarnya, varian R MT DLX dari Daihatsu Terios 2021 ini terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan beberapa varian dibawahnya. Dimana pada tipe ini berhasil dilengkapi dengan grille besar beraksen krom, rumah fog lamp dilapisi krom yang dihubungkan dengan kelir hitam, serta under guard yang dilabur warna perak.

Bagian sampingnya juga terlihat lebih adventure berkat side skirt yang dicat silver serta velg berpalang 17 inci dengan warna two-tone.

Bergeser ke bagian buritan, varian R MT DLX ini mendapatkan garnish berukuran besar dengan warna hitam glossy yang dikombinasikan list krom pada bagian atasnya. Bumpernya sendiri berwarna hitam doff berbahan dasar plastik yang mana dibawahnya juga terdapat under guard berkelir silver.

Secara tampilan luar, varian R MT DLX ini jelas terlihat lebih mewah dan sporty dibandingkan beberapa varian dibawahnya.

Daihatsu Terios R MT DLX Memiliki Fitur Hiburan Paling Lengkap

Dashboard Daihatsu Terios 2021

Menurut data, varian dibawahnya yakni X MT DLX, memiliki sistem hiburan berupa 2 DIN Touchscreen Audio (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar, Front Power Outlet dan Rear Parking Camera.

Sebagai varian yang paling ideal, R MT DLX memiliki fitur yang sama dengan X MT DLX. Namun, ada beberapa tambahan fitur unggulan demi menunjang kenyamanan berkendara. Antara lain, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, AC Digital, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, dan Arround View Monitor.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Daihatsu Terios R MT DLX Lumayan Lengkap

Fitur Daihatsu Terios 2021

Sebagai tipe teratas dari Daihatsu Terios 2021, varian R MT DLX berhasil disematkan beberapa fitur keselamatan yang terbilang sangat lengkap.

Dimana pada varian ini Daihatsu berhasil menyematkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Immobilizer, Integrated key with alarm, dengan tambahan Auto on Headlamp dan terakhir Key Free System.

Daihatsu Terios R MT DLX Lebih Ideal Dari R AT DLX

Transmisi manual 5-percepatan Daihatsu Terios 2021

Di atas varian R MT DLX sebenarnya masih ada R AT DLX sebagai sebutan untuk varian transmisi otomatisnya. Namun, transmisi otomatis konvensional 4-percepatan Daihatsu Terios kerap kali dikeluhkan karena terbilang jadul, lambat dan kurang nyaman.

Hal ini bisa dirasakan lambanya respon ditarikan pertama, serta hentakan dari perpindahan gigi naik dan turun yang dirasa kurang halus. Dengan begitu, Daihatsu Terios R MT DLX dianggap sebagai varian yang paling ideal saat Ini. Karena dari akselerasi dan kenyamanan berkendara bisa dilakukan secara manual sesuai dengan kebutuhan ketika berkendara.

Sebagai informasi tambahan, Daihatsu Terios 2021 berhasil ditanamkan mesin anyar berkodekan 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Jantung pacunya berhasil merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 Rpm. Untuk varian R MT DLX ini, putaran mesin yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Daihatsu Terios R MT DLX merupakan varian yang paling ideal untuk dipilih saat ini. Mengingat, transmisi manual 5-percepatan yang digunakan dianggap lebih reliable dibandingikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatannya. Selain itu, perawatan transmisi manual juga terbilang lebih mudah dan murah.

Bicara mengenai harga, Daihatsu Terios R MT DLX ini ditawarkan Rp257,150,000. Tentunya ini lebih murah dibandingkan dengan Daihatsu Terios R AT DLX yang dibandrol Rp267,150,000.

Dibandingkan dengan saudara kembarnya, Daihatsu Terios R MT DLX juga dipatok dengan harga lebih murah. Toyota Rush 2021 tipe terendahnya, 1.5 G MT ditawarkan dengan harga Rp257,700,000 on the road Jakarta.

Komentar