Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross

Alex · 2 Jul, 2020 08:00

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 01

Renault Triber merupakan sebuah mobil yang tergolong masih baru di Indonesia. Mobil Renault Triber telah diluncurkan dari tahun 2019. Harga Renault Triber 2019 di saat itu adalah Rp 133 juta untuk Renault Triber RXE MT sebagai varian termurahnya dan Rp 179,9 juta untuk Triber RXZ sebagai varian tertingginya. Tentu saja, harga Renault Triber 2019 itu mengalami perubahan di tahun 2020. Dimana harga Renault Triber 2020 berkisar dari Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 jutaan. Bahkan mobil dengan kisaran harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta ini belum tampak beredar di jalanan.

Mobil ini sendiri sudah resmi meluncur pada jelang akhir tahun 2019 lalu dan secara harga dan spesifikasi cukup menarik perhatian. Dengan mengusung mesin yang cukup ringkas namun kemampuan angkutnya disebut bisa sampai 7 penumpang.

Sebuah model yang mampu mengangkut 7 orang penumpang ditambah punya harga yang cukup ekonomis tentu harusnya menarik banyak minat konsumen. Apalagi ia juga mengusung desain layaknya sebuah SUV.

Mobil dengan konsep tersebut sebenarnya sudah dimiliki oleh kubu Nissan. Pada tahun 2018 Datsun Cross meluncur dengan menawarkan kemampuan yang nyaris sama dengan Triber.

Apalagi dari segi harga keduanya juga cukup bersaing. Memandang dua mobil ini pun rasanya seolah punya nafas yang sama, eksterior bergaya crossover, dimensi kompak dan sama-sama mengusung tiga baris bangku. Hal itulah yang menjadikan alasan kenapa perbandingan ini layak dilakukan.

Karena keduanya memiliki tiga baris bangku tentu menarik untuk mempertanyakan fleksibilitas daya angkut dan kepraktisannya. Paling utama tentu adalah bagian bangku baris kedua sampai bagasinya, siapa yang lebih baik? Triber atau Cross?

Perbandingan bangku baris kedua

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 02

Pada bagian baris kedua mobil Renault Triber Renault KWID Indonesia ternyata cukup menarik. Sebab untuk ukuran penumpang dewasa, terasa cukup lapang dan lega.

Bahkan tersedia dua headrest untuk penumpang yang duduk di tengah ini. Kepraktisan juga ditunjang dengan adanya sebuah cup holder di masing-masing pintu.

Sayang sekali pada bangku kedua Datsun Cross hal itu sulit disaingi. Pertama, tidak ada head rest di bangku baris kedua yang bisa diatur ketinggiannya. Kedua, sama sekali tidak ada cup holder yang bisa ditemui untuk penumpang belakang.

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 03

Head rest Datsun Cross tidak bisa diatur ketinggiannya

Kendati demikian, untuk ditumpangi penumpang dewasa, bangku baris kedua Datsun Cross masih cukup akomodatif. Sayangnya mobil merek Jepang ini tak bisa se-fleksibel Renault Indonesia Triber.

Jika penumpang mau lebih nyaman, ia bisa mengatur sandaran bangku baris kedua jadi lebih rebah. Bahkan bangku tersebut juga bisa disetel maju atau mundur secara terpisah.

Asyiknya lagi, Renault sudah memberi sistem pelipatan bangku one touch tumble. Jadi, akses ke bangku baris ketiga cukup mudah. Lain halnya dengan Datsun Cross, untuk melipat bangku Anda perlu menarik tuas di kiri dan kanan secara bersamaan barulah bangku terlipat.

Perbandingan bangku baris ketiga

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 04

Di bagian bangku baris ketiga harus dibilang Triber lebih unggul dibanding Cross. Sebab bangku baris ketiga Datsun Cross nampaknya tidak dirancang untuk diduduki orang dewasa.

Sedangkan pada Renault Triber Renault KWID Indonesia, walau tergolong tak leluasa namun masih cukup untuk ditumpangi orang dewasa. Bahkan untuk mengakomodir penumpang, tersedia dua head rest di bangku paling belakang ini.

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 05

Pelipatan bangku baris ketiga pada Renault Triber mobil Renault Indonesia pun juga cukup unik. Dengan terbagi dalam konfigurasi 50:50, Anda bukan cuma bisa melipatnya, tapi juga bisa melepasnya dengan mudah!

Sebuah kemampuan yang jarang ditemukan pada mobil lain. Keuntungannya tentu adalah terciptanya ruang bagasi yang luas dan fleksibel.

Perbandingan bagasi

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 06

Untuk melihat perbandingan bagasinya kita akan mulai dari luar, tepatnya bagaimana bagasi ini dibuka dari belakang. Satu hal yang langsung jadi catatan adalah kepraktisannya.

Datsun Cross kurang praktis karena memerlukan kunci untuk membuka pintu bagasi. Tidak ada handle pembukanya. Sedangkan masalah itu tak akan ditemui di pintu bagasi Triber.

Adu Kepraktisan dan Daya Angkut Renault Triber dengan Datsun Cross 07

Untuk urusan bagasi, sebenarnya kapasitasnya sama saja saat kedua bangku baris ketiga mobil ini tidak terlipat. Khas mobil SUV, untuk menaik atau menurunkan barang dari bagasi juga tak terlalu mudah karena ketinggian dari tanah cukup jadi masalah.

Nah, saat bangku baris ketiga Renault KWID Indonesia Renault Triber dilipat atau bahkan dilepas maka mobil ini langsung memberikan kelapangan bagasi yang baik. Dibanding bangku baris ketiga Datsun Cross dilipat, tampaknya masih sulit menyaingi daya angkut bagasi Triber.

Kesimpulan

Berkat berbagai kepraktisan dan fleksibilitasnya, Triber memang jelas lebih unggul dibanding Cross. Terutama bagi Anda yang membutuhkan daya angkut tujuh orang penumpang, mobil Renault Indonesia Renault Triber adalah jawabannya.

Sisi keunggulan Datsun Cross nampaknya bukanlah sektor kepraktisan dan keleluasaan kabin, tapi adalah teknologi transmisi otomatisnya. Tinggal mana yang paling Anda butuhkan?

Komentar