Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross

Alex · 29 Jun, 2020 09:00

Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross 01

Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.

Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.

Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun, seolah membaca tren dan kemauan pasar Indonesia, mobil ekonomis ini mengusung desain khas SUV. 

Maka dari situ, memang cukup tepat membandingkan Renault Triber dengan Datsun Cross. Selain karena desainnya sama-sama bergaya SUV atau crossover, kisaran harganya pun juga serupa dengan Triber.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan bahas perbandingan spesifikasi mesin mobil ini. Pertama yang paling menarik tentu adalah mesin keduanya. Setelah itu, akan kita bandingkan pula daya yang dihasilkan dari mesin masing-masing.

Selain mesin, dimensi kedua mobil ini juga perlu untuk dibandingkan. Tentu Anda penasaran, siapa yang ukurannya lebih besar antara keduanya? Untuk itu langsung saja kita mulai.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross 02

Mobil Renault Indonesia Renault Triber mengandalkan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan konfigurasi tiga silinder segaris. Mesin yang tergolong kecil untuk ukuran mobil 7 penumpang itu diklaim mampu menghasilkan daya 71 Hp dengan torsi maksimum di angka 96 Nm.

Walau tergolong berkapasitas ringkas, tapi Renault cukup oke dalam pemberian teknologi. Dapur pacu tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi dual VVT.

Lantas bagaimana dengan mobil Datsun Cross?

Di atas kertas, mesin Datsun Cross berkapasitas lebih besar, yakni 1.200 cc namun sama-sama berkonfigurasi tiga silinder. Ternyata dapur pacu tersebut tenaganya sampai 77 Hp pada transmisi otomatis. Namun jika Anda pilih Datsun Cross bertransmisi manual, tenaganya hanya 67 Hp.

Perbandingan Transmisi

Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross 03

Pada sektor transmisi memainkan peran penting untuk pertimbangan memilih dua mobil ini. Keduanya memang sama-sama tersedia opsi transmisi manual. Tidak ada catatan penting dalam opsi transmisi tiga pedal tersebut.

Nah, untuk transmisi otomatis keduanya jauh berbeda. Triber mengusung jenis Automated Manual Transmission (AMT). Transmisi satu ini tak bisa sepenuhnya disebut punya transmisi otomatis. Sebab, kendati pedalnya hanya dua namun karakteristik pengoperasiannya tak murni seperti transmisi otomatis konvensional. 

Lain halnya pada Datsun Cross. Model satu ini sudah dibekali penerus daya berteknologi CVT alias continuously variable transmission. Tentunya bukan cuma praktis, namun transmisi otomatis jenis ini menjanjikan perpindahan gigi yang lebih halus ketimbang AMT.

Persamaan kedua mobil ini adalah menganut sistem penggerak depan alias front wheel drive (FWD). Keuntungan mobil FWD tentu harusnya adalah akselerasi yang baik dan lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Perlu Anda ketahui pula, hingga artikel ini disusun, Renault belum menyediakan tipe transmisi AMT di Indonesia walau pemesanan akan Trimber 2 pedal ini sudah membludak. Pabrikan asal Prancis ini namun berjanji tahun ini sudah bisa memenuhi permintaan Triber transmisi AMT.

Komparasi Dimensi

Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross 04

Urusan dimensi rasanya cukup penting bagi mobil Datsun Cross yang di kabinnya punya tiga baris bangku. Semakin besar dimensinya tentu harusnya semakin lega kabinnya. 

Dalam lembar spesifikasi, Triber punya panjang total 3.990 mm, lebarnya hanya 1.547 mm dan tingginya 1.662 mm. Dari data dimensi tersebut membuatnya lebih compact dibanding Datsun Cross.

Lantas berapa ukuran dimensi andalan Datsun tersebut? Di lembar spesifikasi tertulis panjangnya 3.995 mm, lebarnya 1.670 mm dan tingginya lebih rendah dari Triber, yakni 1.560 mm. 

Kesimpulan

Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross 05

Sebagai pendatang baru, Renaulut KWID Indonesia Renault Triber memang menarik untuk dijadikan alternatif bagi yang mencari mobil ekonomis 7 seater. Namun, Anda harus siap menerima kenyataan bahwa opsi varian dua pedalnya bukan murni transmisi otomatis. Tentu ini akan jadi penting bagi yang mengagungkan kenikmatan berkendara.

Mobil Renault Triber telah diluncurkan dari tahun 2019. Harga Renault Triber 2019 di saat itu adalah Rp 133 juta untuk Renault Triber RXE MT sebagai varian termurahnya dan Rp 179,9 juta untuk Triber RXZ sebagai varian tertingginya. Tentu saja, harga Renault Triber 2019 itu mengalami perubahan di tahun 2020.  Dimana harga mobil Renault Triber 2020 berkisar dari Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 jutaan.

Dari segi transmisi memang Datsun Cross juaranya. Namun, kelemahannya dibanding Triber justru ada di jumlah variannya yang hanya ada dua, sementara Triber ada 3 varian pilihan lain.

Komentar