window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa

Yongki Sanjaya · 14 Agu, 2023 11:00

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 01

Hyundai Stargazer X baru saja meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Model ini disebut sebagai crossover yang dikembangkan dari MPV Stargazer. Tentu ada beberapa upgrade yang dilakukan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) agar Stargazer X layak mengisi segmen low SUV. 

Sebagai perbandingan harga, Stargazer Prime dijual Rp316.200.000 sedangkan Stargazer X Prime One-Tone Roof Rp336.200.000. Terdapat selisih Rp20 juta antara segmen MPV dan SUV. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Hyundai Stargazer Goda Keluarga Muda dengan Fitur Paling Komplit

Intip Detail Hyundai Stargazer X 2023, SUV yang Cuma Nambah Body Kit?

Selisih segitu banyak apakah sepadan dengan upgrade kosmetik yang dihadirkan pada Stargazer X? Apakah cuma nambah cladding atau ada upgrade lain?

Kali ini kita akan membahas upgrade apa saja yang dilakukan pada Hyundai Stargazer X tersebut.  Simak penjelasannya berikut ini. 

Upgrade Eksterior Hyundai Stargazer X, Bukan Cuma Nambah Cladding

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 01

Banyak orang menyangka kalau Stargazer X ini cuma versi rombakan dari Stargazer standar yang dipasangi cladding. Ternyata tidak sesederhana itu upgrade untuk naik level ke segmen low SUV. 

Hyundai Stargazer X dirancang dengan tampilan yang stylish dan sporty, dengan ubahan pada bagian kap mesin yang lebih berkontur. Kemudian terdapat aksen X Dedicated, kap mesin (Hood), Rear Guard, hingga Front dan Rear Bumper.

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 02

Untuk penambahan cladding terdapat pada Side Sill Molding, Roof Garnish, dan RearRoof Spoiler. Upgrade lainnya pada Hyundai Stargazer X yaitu memiliki ground clearance yang lebih tinggi 5mm. 

 

Ini karena Stargazer X memakai velg berukuran 17 inci Diamond Cut Alloy dengan profil ban 205/50 R17. Sementara itu Stargazer biasa menggunakan ban berukuran 16 inci dengan ukuran 205/55 R16.

Dimensi Jadi Sedikit Membesar

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 03

Melihat dimensinya, Hyundai Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase mencapai 2.780 mm. Sementara itu untuk Stargazer X memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, wheelbase 2.780 mm dan tinggi 1.710 mm. 

Ukuran Stargazer X disebut lebih melar karena adanya panel body kit dan pemakaian velg yang lebih besar. Namun untuk jenis suspensi dan per yang digunakan tetap sama seperti Stargazer biasa. 

Upgrade Sound System Kelas Atas di Interior Stargazer X

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 04

Untuk interior di Stargazer X Prime juga terdapat beberapa upgrade terutama pada sisi entertainment. Perbedaan Hyundai Stargazer X dibandingkan Stargazer biasa ada di bagian audio yang digunakan, yaitu sound system yang berkualitas dari Bose. Hanya saja, sistem audio 8 speaker dari Bose hanya tersedia pada Hyundai Stargazer X tipe Prime.

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 05

Lebih lanjut,  untuk kursinya yang material kulit dihias dengan jahitan merah untuk menampilkan aspek keberanian dan kemewahan. Karena memakai basis dari Stargazer Prime, maka Stargazer X juga telah memakai electric parking brake dengan tombol auto hold. 

Dukungan ADAS Hyundai SmartSense

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 06

Sebagai mobil keluarga yang modern, maka Stargazer X telah didukung teknologi keselamatan Hyundai SmartSense. Ada beberapa fitur yang tercakup, yaitu:

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), 
  • Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA), 
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), 
  • Forward and Reverse Parking Distance Warning (PDW), 
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), 
  • Safe Exit Warning (SEW), 
  • High Beam Assist (HBA)

Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa 07

Kemudian untuk perbedaan fitur keselamatan dengan Stargazer biasa, Stargazer X memiliki Tire Pressure Monitoring System untuk memantau kondisi ban dan menjaganya di kondisi prima untuk mencegah masalah ban saat berkendara. Stargazer X juga menggunakan Rear Disc Brake untuk pengereman yang lebih baik sementara menyediakan resistansi panas yang lebih baik dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Upgrade kosmetik dengan cladding, penggantian velg, hadirnya rem cakram belakang, hingga bose audio membuat Stargazer X jadi lebih menarik. Hanya saja, melihat selisih harga mencapai Rp20 juta, maka upgrade yang dihadirkan pada Stargazer X ini kurang melimpah bila dibandingkan dengan Stargazer biasa. 

Perlu ada upgrade dari aspek teknis lainnya supaya Stargazer X bisa lebih terkesan SUV keluarga, bukan rombakan dari MPV. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Stargazer X Style 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil