window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Stargazer X Dijual Lebih Murah dari Mitsubishi Xpander Cross, Tapi Fiturnya Lebih Lengkap

Enda · 21 Agu, 2023 14:04

Hyundai Stargazer X vs Mitsubishi Xpander Cross

Hyundai Stargazer X meluncur secara resmi di GIIAS 2023 dengan mengisi segmen Low SUV 7-seater berhadapan langsung dengan Mitsubishi Xpander Cross.

Sebagai varian teratas, Stargazer X Prime dibandrol Rp336.200.000 OTR Jakarta lebih murah Rp6.450.000 dari Xpander Cross Premium CVT, yang saat ini diniagakan Rp342.650.000.

Memiliki selisih harga baru yang cukup banyak, pilih Stargazer X atau Xpander Cross? Sebelum memutuskan membeli simak perbandingan keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Hyundai STARGAZER X Tawarkan Desain Stylish Berbalut Fitur Terlengkap Dikelasnya

Ground Clearance Mitsubishi Xpander Cross Lebih Tinggi

Mitsubishi Xpander Cross

Ground clearance Mitsubishi Xpander Cross mencapai 220 mm

Bicara mengenai dimensi, Hyundai Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm serta wheelbase 2.780 mm. Sedangkan untuk ground clearance atau jarak permukaan dasar kabin dengan tanah mencapai 200 mm.

Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander Cross? Menurut data pada brosur, salah satu produk andalan tiga berlian ini mempunyai panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.750 mm, wheelbase 2.775 mm dengan ground clearancenya 220 mm.

Artinya, selain memiliki dimensi sedikit lebih besar, Xpander Cross juga mempunyai ground clearance lebih tinggi dari Stargazer X sehingga terasa lebih mudah dan nyaman ketika diajak berpetualang.

Dimensi
Keterangan Mitsubishi Xpander Cross Hyundai Stargazer X
Panjang 4.595 mm 4.495 mm
Lebar 1.790 mm 1.815 mm
Tinggi 1.750 mm 1.710 mm
Wheelbase 2.775 mm 2.780 mm
Ground clearance 220 mm 200 mm

Hyundai Stargazer X Punya Opsi Captain Seat

Hyundai Stargazer X

Captain seat  Stargazer X

Melihat interior daripada keduanya, baik Stargazer X maupun Xpander Cross sama-sama disematkan head unit layar sentuh yang mendukung smartphone connectivity. Hanya saja pada Xpander Cross fitur hiburannya memiliki dimensi lebih besar.

Meski begitu untuk sistem hiburannya Stargazer X dipadukan sistem audio garapan BOSE sebanyak 8 speaker yang dapat menghasilkan kualitas suara tingkat atas, beda dengan Xpander Cross yang menggunakan speaker biasa sebanyak 6 buah.

Hyundai Stargazer X

Interior Stargazer X

Sebagai informasi, untuk sistem hiburan keduanya bisa dikendalikan melalui tombol pada stir. Selain itu, melalui stir kalian juga bisa melakukan pengaturan yang ada pada pusat informasi berkendara yang mana untuk kedua mobil sudah menggunakan tampilan full digital.

Tidak bisa dijumpai di Xpander Cross, Stargazer X memiliki opsi jok captain seat serta ambient mood lighting yang dapat memberikan kenyamanan berkendara secara lebih. Selain itu, lini up terbaru Hyundai ini juga mendapatkan Bluelink serta remote engine start yang memudahkan pengguna di kondisi tertentu.

Mitsubishi Xpander Cross

Interior Xpander Cross

Walaupun tidak memiliki pilihan jok captain seat, ambient lighting, serta beberapa fitur lainnya, Xpander Cross turut disematkan wirless charging seperti Stargazer X. Dan menariknya mobil sudah dibekali micron air filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin.

Baca juga: Membuktikan Kenyamanan dan Ketangguhan Mitsubishi Xpander Cross ke Dieng, Paling Baik di Kelasnya?

Fitur Keselamatan Xpander Cross Kalah Komplit

Hyundai Stargazer X

Stargazer X dilengkapi Hyundai SmartSense

Seperti diketahui Xpander Cross Premium CVT dilengkapi fitur keselamatan berupa; ABS + EBD + BA, dual SRS airbags, cruise control, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), Electric Parking Brake (EPB), multi arround monitor, kamera 360 derajat, serta Active Yaw Control (AYC) yang meningkatkan performa saat menikung. Untuk keamanan berkendara mendapatkan speed sensing door lock, keyless operation system dan immobilizer with security alarm.  

Menyoal fitur keselamatan yang ada pada Stargazer X, mobil ini berhasil tersematkan ABS, EBD, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), Hill-Start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management (VSM),6 airbags,cruise control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta rem cakram di semua roda.

Bukan cuma itu, untuk menunjang keamanan pengendara, Stargazer X mendapat fitur keselamatan ADAS berupa Hyundai SmartSense yang meliputi; High Beam Assist (HBA), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Driver Attention Warning (DAW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), dan Safe Exit Warning (SEW).

Sama-sama 1.500 Cc Xpander Cross Tenaganya Kalah Besar

Mitsubishi Xpander Cross

Mesin 1.5L MIVES Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross dan Hyundai Stargazer X sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc. Bicara Xpander Cross, mobil ini mengandalkan jantung pacu 1.5L MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 valve 1.499 cc yang dapat meletupkan tenaga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk transmisinya, varian teratas mengandalkan CVT yang mampu memberikan keseimbangan antara akselerasi dan terasa agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan. Tak hanya itu, mobil ini memiliki 4 mode berkendara, yaitu; Normal, Eco, Sport, dan Gravel.

Bicara Hyundai Stargazer X, mobil ini gunakan mesin Smartstream G1.5L MPI 4-silinder segaris berkapasitas 1.497 cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Untuk membuatnya berjalan dikawinkan dengan transmisi IVT. Transmisi IVT pada dasarnya memiliki cara kerja sama seperti CVT pada mobil lain sekelasnya.

Tidak kalah dengan Xpander Cross, Stargazer X juga memiliki 4 mode berkendara, Eco, Normal, Smart dan Sport.

Kesimpulan

Dijual lebih murah dari Mitsubishi Xpander Cross, Hyundai Stargazer X memiliki fitur unggulan, keselamatan, serta kenyamanan berkendara jauh lebih komplit. Tak hanya itu, untuk performa yang dihasilkan Low SUV berlogo H miring juga lebih buas.

Namun apabila kalian lebih mengutamakan ruang kabin yang luas serta kemudahan layanan after sales, menjatuhkan pilihan pada Xpander Cross adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Beda Rp20 Juta, Ini Upgrade di Hyundai Stargazer X Prime Dibanding Stargazer Biasa

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Stargazer X Style 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil