Daihatsu Rocky 2021 Hadir di Malaysia Maret 2021, Indonesia Tinggal Tunggu Waktu?

Budi · 7 Jan 2021 19:20

Di Malaysia, model SUV paling ditunggu, yang diberi kode Perodua D55L yang juga dikenal dengan Daihatsu Rocky diperkirakan akan hadir sebelum Tahun Baru China dirayakan pada bulan Maret 2021. Berdasarkan informasi yang didapat dari salah satu dealer di Negeri Jiran tersebut, Perodua akan memulai pelatihan bagi para sales mereka mengenai model tersebut pada 8 Februari mendatang.

Meski begitu tanggal pelatihan ini juga masih mungkin berubah mengingat situasi terkini terkait pandemic Covid-19 yang terjadi di Malaysia juga tengah memburuk di beberapa hari terakhir. Yang menjadi kendala lain bagi Perodua adalah, jika mereka tak segera memperkenalkan model baru ini sebelum akhir Juni 2021, maka mereka akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan keringanan pajak yang diberikan oleh pemerintah Malaysia bagi mobil yang dirakit di Malaysia. 

Perodua sudah siap memproduksi D55L (foto: wapcar.my)

Keringanan pajak bagi mobil baru yang dijual di Malaysia memang hanya berlaku hingga 30 Juni 2021. Setelah itu, diprediksi penjualan mobil di Malaysia akan mengalami penurunan karena harga mobil kembali normal.

Daihatsu Rocky di Indonesia

Lalu bagaimana dengan Daihatsu Rocky di Indonesia? Beberapa indikasi akan kehadiran Daihatsu Rocky di Indonesia tahun 2021 ini telah sedikit dihembuskan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di akhir tahun lalu. Salah satunya adalah adanya sosialisasi mengenai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang diberikan kepada para rekan media di Indonesia. Seperti diketahui, Rocky sendiri merupakan model Daihatsu yang akan dijual di Indonesia dengan platform DNGA.

Selain itu, pada saat acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 bulan Februari tahun lalu, H. Ashitani sebagai Customer Service Directorate, Daihatsu Motor Company, Jepang sempat memastikan mengenai kehadiran Daihatsu Rocky ke Indonesia pada tahun 2021. Dalam kesempatan itu Ashitani bahkan mengungkapkan bahwa Rocky akan mengusung fitur terbaru Daihatsu Connect untuk pasar Tanah Air.

Sayangnya dalam setiap kesempatan bertemu media, pihak Daihatsu Indonesia masih belum mau memberikan konfirmasi sedikit pun terkait rencana ini. 

Harga Daihatsu Rocky 2021

Masih terlalu awal untuk mengetahui harga pasti ataupun menebak harga Daihatsu Rocky di Indonesia. Seperti halnya Perodua yang akan diproduksi di dalam negerinya sendiri, Malaysia, kemungkinan besar Daihatsu Rocky juga akan hadir di Indonesia dalam wujud Completely Knock Down (CKD), mengingat merek saudara mereka, Toyota juga dikabarkan akan meluncurkan kembaran Rocky, yaitu Toyota Raize. 

Hal ini memang mengingatkan pada kisah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia serta Toyota Rush dan Daihatsu Terios dimana semua model tersebut diproduksi oleh Daihatsu di pabriknya di Karawang. Jika memang hal ini kembali terwujud, maka harga Daihatsu Rocky bisa jadi akan sangat kompetitif untuk tetap bersaing di segmennya yang saat ini sudah ada KIA Sonet dan Nissan Magnite.

Komentar

Mobil Terbaru