window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya!

Adit · 30 Sep, 2021 16:04

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 01

Bocoran Daihatsu Rocky Hybrid e-Smart.

Wujud Daihatsu Rocky Hybrid bocor sebelum waktu peluncurannya yang dijadwalkan pada 1 November 2021. Salah satu situs diler di Jepang sempat mempublikasi materi terkait mobil tersebut. 

Namun informasi ini kemudian sudah tak terpampang lagi di sana. Hanya unggahan gambarnya yang masih terlihat. Tampak wajah Rocky memiliki emblem Daihatsu berwarna biru, untuk mencirikan produk elektrifikasinya. 

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 02

Daihatsu Rocky Hybrid e-Smart pakai emblem biru

Baca Juga: Raize-Rocky Minor Change Meluncur 1 November 2021, Tambah Fitur dan Pakai Mesin Hybrid!

Ini seperti yang direalisasikan oleh Toyota untuk beberapa produk hibridanya yang menggunakan emblem biru. Pada model Rocky, nama yang diusung adalah Daihatsu Rocky e-Smart. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Teknologi hybrid ini serupa e-Power milik Nissan, yakni hybrid series yang menggunakan kombinasi mesin, motor listrik dan baterai. Hanya saja mesin yang disematkan tak terhubung langsung dengan sistem penggerak. Sebab gerak roda hanya terkoneksi pada motor listriknya. 

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 01

Komponen dan sistem kerja e-Smart pada Daihatsu Rocky Hybrid

Adapun mesin pembakaran internal pada Daihatsu Rocky bertindak sebagai generator pembangkit listrik, yang menyuplai dayanya langsung ke motor listrik dan kelebihannya disimpan di baterai. 

Oleh karena itu apabila baterainya sudah terisi cukup, mobil bisa melaju tanpa suara seperti mobil listrik murni. Kondisi tersebut memungkinkan penghematan konsumsi bahan bakar, lantaran mesin dalam keadaan mati. 

Selanjutnya ketika daya listrik mulai habis atau butuh akselerasi maksimal, mesin akan hidup lagi menyuplai listrik ke motor penggerak, juga mengisi daya ke baterai. Begitu siklusnya. 

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 02

Tampilan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid

Benefit sistem e-Smart pada Daihatsu Rocky Hybrid adalah respon akselerasinya akan halus mirip mobil listrik. Sebab distribusi tenaganya langsung disalurkan ke roda dari motor dinamo. Selain itu konsumsi BBM-nya diklaim bisa dipangkas hingga 30 persen. 

Daihatsu Rocky Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc

Untuk jantung mekanisnya pabrikan akan menyematkan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX, yang kemudian dicangkok pada motor listrik dan baterai yang diletakkan pada bagian bawah sisi tengah mobil. 

Lebih lanjut belum ada detail lagi bagaimana keluaran tenaga maupun torsi, hingga catatan konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid. Semua akan terungkap pada peluncurannya dalam waktu dekat. 

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 03

Mesin Daihatsu Rocky 1.2L.

Yang jelas produk hibrida ini merupakan kelanjutan dari terobosan yang dilakukan Daihatsu 11 tahun lalu. Ya, Daihatsu sebenarnya sempat memproduksi mobil hybrid dalam bentuk kendaraan komersial mini, Daihatsu Hijet Cargo Hybrid pada September 2005, dan dijual terbatas sampai 2010. 

Baca Juga: Tampang Mirip dan Mesin Serupa, Ini Alasan Pilih Daihatsu Rocky 1.2L Ketimbang Toyota Raize 1.2L

Bocoran Lain Daihatsu Rocky Hybrid

Tak cuma varian baru Daihatsu Rocky Hybrid, detail eksterior mobil tersebut juga akan mendapat beberapa ubahan. Seperti desain gril, velg, serta seperti penjelasan di atas yakni berupa logo Daihatsu berkelir biru, juga emblem e-Smart Hybrid pada fender depan. 

Fitur yang nanti akan hadir pada mobil ini adalah Smart Pedal. Sederhananya serupa One Pedal Operation di mobil elektrifikasi Nissan. Di mana pengoperasiannya cukup mengandalkan pedal akselerator untuk berakselerasi sekaligus deselerasi hingga berhenti.

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Pakai Mesin Bensin 1.200 Cc dan Banyak Fitur Baru, Ini Bocorannya! 04

Rocky Hybrid juga akan pakai fitur Smart Pedal

Jadi ketika pedal akselerator diangkat, sistem akan mengaktifkan pengereman dari penggerak motor. Sehingga terjadi pengurangan laju seperti engine brake, namun dengan daya yang lebih kuat. Sistem pada Daihatsu Rocky Hybrid ini cocok digunakan manakala macet dan hendak berhenti di lampu merah untuk mengurangi letih pada kaki. 

Terakhir ada tambahan fitur rem parkir elektrik, auto hold, hingga full speed adaptive cruise control. Rumor lain berdasarkan laporan Creatvie Trend mengatakan bahwa akan dilengkapi juga dengan:

  • Emergency Braking Function with Pedestrian Detection
  • Off-road Deviation Suppression
  • Wobble Prevention
  • Sign Recognition
  • Adaptive Cruise Control. 

Menarik dinantikan Daihatsu Rocky Hybrid ini, apa lagi sampai masuk Indonesia, kira-kira mau beli nggak misal harganya Rp 350 jutaan?  

Baca Juga: Lebih Hemat, Penjualan Daihatsu Rocky 1.2L Bakal Lebih Laris Ketimbang 1.0L Turbo. Seberapa Irit BBM-nya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil