Konsumsi BBM Toyota Avanza Ternyata Gak Sebaik Suzuki Ertiga, Nih Buktinya!

Mark Jacob · 21 Sep 2020 19:00

Bagi masyarakat Indonesia, nama Toyota Avanza rasanya sulit ditandingi sebagai salah satu mobil yang punya konsumsi bbm irit. Tapi, banyak orang salah sangka. Sebenarnya ada lagi nih mobil yang punya konsumsi bbm lebih baik dibandingkan dengan Toyota Avanza. Mobil tersebut adalah Suzuki Ertiga, yang menurut kami adalah mobil dengan konsumsi bbm yang lebih baik daripada Avanza.

Kedua mobil ini sebenarnya berkompetisi di segmen yang sama, yakni mobil LMPV dengan kapasitas 7 orang penumpang. Sayang, masih banyak orang menilai sebelah mata buat si Suzuki Ertiga ini. Terus, kenapa Suzuki Ertiga punya konsumsi bbm yang lebih bagus daripada Avanza? Apa rahasianya? Kami akan mencoba mengupas lebih dalam mengenai perbandingan kedua mobil tersebut.

Konsumsi BBM Toyota Avanza

Kebetulan saya pernah mencicipi test drive bersama PT Toyota Astra Motor (TAM) saat New Avanza dan New Veloz generasi terbaru dirilis. Kala itu lokasi test drive dimulai dari Cirebon, Jawa Barat sampai Jogjakarta, Jawa Tengah. Dengan perjalanan lebih kurang 450 km, setidaknya kami sudah memiliki gambaran yang sangat cukup mengenai konsumsi bbm dari mobil yang punya slogan Mobil Sejuta Umat.

Spesifikasi Mesin Toyota Avanza
Tipe 1NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i 2NR-VE 1.3L 16V DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 1.329 cc 1.496 cc
Tenaga Maksimum 95 hp @ 6.000 rpm 102.5 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 120 Nm @ 4.200 rpm 136 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual
Sistem Penggerak Rear-wheel-drive

Toyota Avanza dibekali mesin 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 102 ps @6.000 rpm dengan torsi 136 Nm @4.200 rpm. Mobil yang direkomendasikan memakai bahan bakar RON 92 ini mencatatkan angka konsumsi bbm 10,5 km per liter. Pada saat test drive, kami memang memacu kendaraan ini lebih kencang dari biasanya. Seharusnya kami yakin jika angka konsumsi bbmnya bisa lebih baik lagi.

Angka konsumsi bbm 10,5 km per liter ini kami dapat dengan rute kombinasi yang mayoritas disuguhi dengan jalan lancar. Karena jalanan lancar, kami pun mencoba memacu kendaraan ini lebih cepat dari biasanya. Namun jika berkendara santai, kami yakin jika Avanza ini bisa mencatatkan angka konsumsi bbm hingga 1:11 km per liter. Dengan catatan berkendaranya benar-benar santai dan tidak ngebut ya.

Walaupun punya konsumsi bahan bakar irit, sayangnya mobil ini punya suspensi yang lumayan keras. Rasanya nggak begitu enak kalau dibawa ngebut, apalagi kalau melibas jalan keriting. Duh, badan rasanya berantakan banget! Bener-bener nggak enak suspensi dari Toyota Avanza ini. Karena suspensinya menjadi keras, handlingnya pun jadi lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga

Lalu, bagaimana dengan Suzuki Ertiga yang menjadi kuda hitam di Indonesia ini? Kami sangat yakin jika mobil ini disebut kuda hitam. Karena Suzuki Ertiga punya konsumsi bbm yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Toyota Avanza. Kebetulan kami juga pernah mengikuti sesi test drive yang diadakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk mengetahui konsumsi bbm Ertiga ini. Lalu, bagaimana hasilnya?

Dengan rute pengujian Jakarta menuju Cirebon, dan pernah mencicipinya di Bali pada saat awal launching, mobil ini benar-benar punya konsumsi bbm yang sangat bagus. Di Bali pada tahun 2016 silam, kami pernah mencatatkan angka konsumsi bbm 1:14 km per liter. Angka ini kami dapat pada rute luar kota yang memang lebih banyak melewati jalan tol.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga
Tipe Mesin K15B, DOHC, VVT
Kapasitas Silinder 1,462 cc
Tenaga Maksimal 102 HP @ 6,000 rpm
Torsi Maksimal 138 Nm @ 4,400 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 11,4 detik
Konsumsi bahan bakar  12,3 km/l (dalam kota), 17 km/l (tol konstan 100 km/jam
Transmisi  Manual 5-percepatan & Otomatis 4-percepatan
Sistem Penggerak Sistem Penggerak

Tetapi untuk rute dalam kotanya sendiri pun justru tak jauh berbeda dibanding konsumsi bbm luar kota. Untuk konsumsi bbm dalam kota mencatatkan angka 1:13 km per liter. Rute tersebut tentunya sudah melintasi kemacetan dan stop n go ala perkotaan. Hal ini membuktikan jika konsumsi bbm Suzuki Ertiga ini lebih baik dibandingkan dengan sang Mobil Sejuta Umat ini.

Suzuki Ertiga sendiri dibekali mesin 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Mesin ini mampu melontarkan tenaga hingga 104 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal di angka 138 Nm @4.400 rpm. Di atas kertas, tenaga mesin yang dihasilkan oleh Suzuki Ertiga memang sedikit lebih besar dibanding Toyota Avanza. Walaupun demikian, konsumsi bbm lebih irit Ertiga dibanding dengan Avanza.

Soal karakter suspensi, Suzuki Ertiga ini bisa dibilang jadi yang paling oke dalam hal suspensi. Karakter suspensinya benar-benar sangat nyaman. Empuk, tetapi tidak terlalu limbung saat diajak mengebut. Rasanya membawa mobil ini sendirian atau penuh sama-sama enak. Hal ini juga jadi kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Ertiga dibanding Avanza.

Kesimpulan

Memang, rute pengujian yang kami lalui memiliki karakter jarak, kecepatan, dan beban yang berbeda. Setidaknya, pengujian yang kami lakukan ini sudah sedikit memberikan gambaran mengenai konsumsi bbm dari kedua mobil yang bermain di segmen LMPV. Toyota Avanza boleh jadi berbangga diri sebagai mobil yang menyandang predikat sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Tapi, soal konsumsi bahan bakar Avanza secara tidak langsung harus mengakui keunggulan Suzuki Ertiga dalam hal konsumsi bbm. Selain konsumsi bbm, kedua mobil ini juga memiliki biaya perawatan dan spare part yang sama-sama murah. Tak heran kalau kedua mobil ini cukup diminati di Tanah Air. Walaupun permintaan Suzuki Ertiga tak sebanyak Toyota Avanza.

Konsumsi BBM Toyota Avanza Konsumsi BBM Suzuki Ertiga
Dalam kota: 1:11 km per liter Dalam kota: 1:13 km per liter
Luar kota: 1:14 km per liter Luar kota: 1:18 km per liter

Kesimpulan kami, jika ingin mobil dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit maka kamu bisa memilih Suzuki Ertiga. Namun Toyota Avanza juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, hanya saja efisiensinya tak sebaik Ertiga. Sayangnya, orang Indonesia masih banyak yang membeli karena merek. Padahal kedua mobil ini sama-sama dibuat di Indonesia, di pabrik yang berlokasi di Karawang. Nah, jadi kamu pilih yang mana nih, Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga?

 

Komentar

Mobil Terbaru