Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020!

Enda · 4 Nov, 2020 19:00

Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020! 01

Nissan Kicks e-Power 2021 vs Toyota Corolla Cross 2020

Setelah membahas tentang kekurangan dari Nissan Kicks e-Power, pada artikel ini akan mengulas kelebihan dari SUV sub-kompak milik Nissan ini.

Namun sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui Nissan Kicks e-Power merupakan SUV kompak bertenaga listrik pertama yang menggunakan teknologi e-Power. Dalam hal ini memungkinkan pengguna menikmati sensasi berkendara mobil listrik tanpa perlu pengisian eksternal.

Teknologi e-Power yang ada di Nissan Kicks didukung dengan mesin bensin konvensional dan bertugas sebagai generator untuk mengisi daya pada baterai, yang kemudian disalurkan kepada motor listrik utamanya.

Lalu apa kelebihan lainnya yang dipunya? Bicara keunggulan pada Nissan Kicks e-Power, tidak pas rasanya jika mengulasnya sendirian. Untuk itu kami akan melakukan komparasi dengan pesaingnya, yakni Toyota Corolla Cross Hybrid.

Harga Nissan Kicks e-Power 2021 relatif lebih murah

Diperkenalkan secara visual melalui Virtual Reveal yang dilaksanakan pada 2 September kemarin, Nissan Kicks e-Power diyakini akan membawa banyak perubahan. Hal tersebut dikarenakan SUV sub-kompak ini disinyalir merupakan salah satu SUV yang menjembatani peralihan kendaraan listrik di Indonesia.

Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020! 02

Nissan Kicks e-Power 2021

Diketahui bahwa SUV yang bermain di segmen B ini sudah mendapatkan harga resminya. Di mana menurut situs resminya, Nissan Kicks e-Power dibandrol dengan harga Rp449.000.000.

Sebagai pesaing utama yang belum lama ini juga diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek di Tanah Air, Corolla Cross Hybrid ditawarkan lebih mahal dari Nissan Kicks e-Power. SUV kompak besutan tiga oval ini dijual Rp497.800.000 dan sama-sama hanya ditawarkan satu varian saja.

Dengan begitu antara Nissan Kicks e-Power 2021 dengan Toyota Corolla Cross Hybrid 2020 mempunyai selisih harga Rp48.800.000.

Fitur One Pedal Acceleration Nissan Kicks e-Power 2021

Berkendara dengan Nissan Kicks e-power akan lebih asik. Karena SUV ini mendapatkan teknologi pintar yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal – yaitu pedal gas saja.

Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020! 03

One Pedal Acceleration Nissan Kicks e-Power 2021

Fitur One-Pedal operation ini mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan lebih menyenangkan. One-Pedal operation bahkan memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

Kelebihan dari One-Pedal operation lainnya, ketika kita tidak menginjaknya maka akan terjadi seperti pengereman halus yang fungsi nya adalah untuk menghasilkan daya listrik.

Di Toyota Corolla Cross Hybrid, kalian tidak bisa menemukan fitur semacam ini.

Fitur keselamatan Nissan Kicks e-Power 2021 banyak dan canggih

Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020! 04

Nissan Kicks e-Power 2021

Menyinggung soal fitur keselamatan aktif, Nissan Kicks e-Power terbilang lengkap, loh. Di mana kalian bisa menjumpai teknologi dari Nissan Intelligent Mobility. Fitur-fiturnya mulai dari intelligent cruise control (ICC), intelligent forward collision warning (IFCW), intelligent emergency braking (IEB), blind spot warning (BSW), dan rear cross traffic alert (RCTA). 

Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid hanya mendapatkan Anti-lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist dan Emergency Brake Signal.

Mesin bensin nya untuk mengisi daya baterai

Didukung dengan Teknologi e-Power, Nissan Kicks dilengkapi dengan motor listrik EM57, generator dan inverter yang menghasilkan tenaga listrik dari daya yang dihasilkan oleh mesin 1.2L DOHC 12-valve tiga silinder. Sistem e-POWER menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) (129 PS), torsi maksimum 260 Nm, dan baterai lithium-ion.

Kelebihan Nissan Kicks e-Power 2020 Bisa Mematikan Toyota Corolla Cross Hybird 2020! 05

Mesin Nissan Kicks e-Power 2021

Mesin bensin konvensional yang digunakan bertugas sebagai generator untuk mengisi daya pada baterai, dan kemudian disalurkan kepada motor listrik utamanya sebagai penggerak roda. Dengan begitu tidak perlu memerlukan listrik external untuk mengisi daya.

Berbeda dengan Toyota Corolla Cross Hybrid yang mana memakai mesin bensin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc empat silinder segaris dengan 16 valve DOHC VVT-i mampu merilis tenaga hingga 170 PS dengan torsi puncak 305 Nm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik tunggal untuk meningkatkan tenaga dan menghematkan bahan bakar.

Kesimpulan

Nissan Kicks e-Power mempunyai kelebihan yang tidak ditemui rivalnya, yakni pengalaman berkendara 100% mobil listrik. Pada teknologi ini, roda-roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin bensinnya hanya digunakan untuk mengisi baterai dan mengalirkan listrik untuk motor.

Beberapa fitur pendukung yang dimiliki Nissan Kicks e-Power juga tidak bisa kalian temukan di Toyota Corolla Cross Hybird. Selain itu soal harga jual, Nissan Kicks e-Power lebih murah terpaut Rp48.800.000 dari Toyota Corolla Cross Hybrid.

Oiya, untuk kalian yang membeli Nissan Kicks e-Power secara langsung, akan mendapatkan program Nissan Care Package. Paket ini terdiri dari suku cadang dan servis berkala gratis hingga 50.000 km atau 4 tahun. Ada pula garansi standar 3 tahun atau 100.000 km, dan juga garansi baterai lithium-ion serta sistem kelistrikan hingga 5 tahun atau 100.000.

 

Komentar