Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos?

Yongki Sanjaya · 19 Mar, 2021 17:00

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 01

Segmen crossover di kisaran harga Rp300 jutaan penjualannya didominasi oleh Honda HR-V. Terlebih, kini Honda HR-V masuk ke dalam program relaksasi PPnBM dari pemerintah untuk mesin 1.5 liter. Diskon PPnBM untuk Honda HR-V juga lumayan besar, hingga Rp21 jutaan. 

Padahal, banyak merek lain yang menyediakan crossover dengan fitur lebih menarik. Untuk kelas harga Rp300 sampai Rp350 juta, lawan sepadan untuk HR-V hadir dari kubu asal Korea Selatan, Kia Seltos. Lantas dengan diskon PPnBM yang cukup besar, apakah Honda HR-V jadi makin kompetitif?

Perbandingan Harga Honda HR-V dengan Diskon PPnBM vs KIA Seltos

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 02

Penurunan harga mobil Honda HR-V berkat diskon PPnBM variatif. Ada yang Rp18,8 juta sampai dengan Rp 21,9 juta. Berikut ini harga baru Honda HR-V dengan PPnBM nol persen:

  • HR-V 1.5L S M/T: Rp 284.200.000 - (Rp235.200.000 X 10%) = Rp260.680.000
  • HR-V 1.5L S CVT: Rp294.000.000 - (Rp243.600.000 X 10%) = Rp 269.640.000
  • HR-V 1.5L E CVT: Rp 316.900.000 - (Rp262.500.000 X 10%) = Rp290.650.000
  • HR-V 1.5L E CVT Special Edition: Rp333.600.000 - (Rp276.150.000 X 10%) = Rp305.985.000

Adapun syarat mobil untuk mendapatkan diskon PPnBM adalah sebagai berikut:

1. Harus memenuhi kandungan komponen lokal alias TKDN (tingkat komponen dalam negeri) minimal sebesar 70%.

2. Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc berpenggerak dua roda atau 4x2.

3. Sedan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 03

Di sisi lain, KIA Seltos tidak masuk program relaksasi PPNBM ini karena tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh pemerintah. Bila tidak ada diskon PPnBM, kisaran harga KIA Seltos setara dengan Honda HR-V, yaitu:

  • Seltos E Rp300 juta
  • Seltos Ex Rp325 juta
  • Seltos EX+ Rp360 juta

Bila membandingkan secara harga, jelas Honda HR-V 1.5 untuk sekarang ini jauh lebih kompetitif. Bayangkan saja, tipe tertinggi yaitu E Special Edition harganya tidak sampai Rp306 juta. 

Desain Ala Eropa di KIA Seltos vs Japanese Style Honda HR-V

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 04

 

Melihat penampilan KIA Seltos ini begitu fresh, karena memperlihatkan aksen desain ala Eropa. Grill besar di bagian depan seolah menyatu dengan headlamp.

Baca juga: 

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback?

Setia Pakai Penggerak Roda Depan dan CVT, Setangguh Apakah Honda HR-V 2022 yang Akan Masuk Indonesia?

Mobil Korea Kini Punya Keunggulan Fitur dan Harga Dari Mobil Jepang, Apa Iya?

Tampilan tersebut semakin cantik dengan hadirnya fitur LED dan auto light. Dua fitur ini, menjadikan tampilannya menjadi elegan dan maskulin. 

Selain itu dimensi All-New KIA Seltos juga tidak terlalu besar untuk ukuran SUV. Sehingga masih cukup lincah untuk diajak bermanuver di jalan raya.

Desain Honda HR-V, Bergaya Coupe

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 05

HR-V diminati masyarakat karena harganya yang masuk akal dan desainnya maskulin. Pilihan tipe yang ditawarkan juga lengkap, dan harganya tidak kemahalan. 

Honda HR-V memiliki desain yang maskulin dan sporty. Kesan gagah ini berkat penggunaan panel front grille Solid Wing dengan desain lebih lebar dan tebal, sebagai latar dari logo Honda. 

Garis-garis bodinya semakin mempertegas kesan SUV yang aerodinamis dan modern. Bila Seltos bergaya SUV dengan atap pilar C tinggi, maka HR-V ini bergaya landai seperti coupe. 

Adu Fitur Honda HR-V Vs KIA Seltos, Sunroof Jadi Perbedaan 'Kasta' 

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 06

Fitur andalan lain di All-New KIA Seltos adalah sunroof. Kehadiran sunroof ini selain membuat kabin terasa lebih luas, juga membuat mobil ini jadi terkesan lebih mewah.

Kehadiran sunroof pasti akan membuat perjalananmu dengan mobil ini menjadi lebih menyenangkan. Sebab kamu bisa melihat bintang-bintang saat malam atau pancaran cahaya jingga di pagi hari. 

Sayangnya, untuk kisaran harga Rp300 jutaan, Honda HR-V tidak memiliki panoramic sunroof dan chrome exhaust finisher. Fitur keren seperti itu hanya ada pada varian Honda HR-V 1.8L Prestige.

Fitur Kekinian KIA Seltos, Bikin Harganya Terasa Murah

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 07

KIA Seltos ini jadi lawan berat Honda HR-V apabila tidak mendapatkan diskon PPnBM. Sebab, Seltos punya fitur melimpah dengan harga yang relatif murah. Crossover asal negeri ginseng ini dibekali headunit 8 inci yang bisa terhubung dengan dua ponsel sekaligus! 

Bahkan, headunit ini juga sudah mendukung ponsel android dan iphone. Fitur hiburannya kian menarik karena  KIA Seltos juga telah dibekali enam speaker yang bisa membuatmu betah berlama-lama mendengarkan musik di dalam kabin.

Fitur unggulan lain adalah Fast wireless charging. Dengan fitur ini kamu bisa mengisi ulang baterai handphone tanpa harus repot. Tentu saja, fitur ini hanya berfungsi jika handphonemu sudah mendukung pengisian tanpa kabel itu.

KIA Seltos juga diklaim sangat fun to drive di segala kondisi. Sebab mobil ini dilengkapi dengan lima mode berkendara, yaitu Normal, Eco, Sport, Mud dan Snow.

Dan jangan lupakan juga fitur cruise control tersedia di Seltos. Fitur ini memungkinkan kamu menyetir dengan kecepatan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Fitur ini bakalan asyik banget buat diajak road trip melintasi jalan tol Trans Jawa.

Honda HR-V, Crossover Keluarga dengan Kabin Lega

 

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos? 08

Layout interior Honda HR-V ini beda dari Seltos, karena rancangannya driver oriented. Ini bisa kita lihat pada desain center cluster dashboard yang mengarah ke pengemudi. 

Fitur hiburan mengandalkan head unit floating audio touchscreen berukuran 8 inci yang kompatibel dengan berbagai format media seperti AM/FM radio, MP3/WMA, iPod/iPhone, Android via port USB, AUX, Bluetooth dan Smartphone Connection.

Untuk bagian setirnya, dipenuhi dengan tombol kontrol untuk memudahkan pengaturan beberapa fitur. Di sebelah kiri setirnya terdapat tombol pengaturan audio. HR-V juga memiliki fitur Cruise Control dengan pengaturan pada bagian kanan palang setir. 

Paddle Shift juga tersedia pada Honda HR-V tipe E CVT, sehingga ada sedikit sentuhan racing pada mobil ini. Kita bisa pindah gigi dari paddle shift ini. 

Jangan lupa, HR-V punya keunggulan fitur Ultra Seat yang diwariskan dari Honda Jazz yang  Honda itu. Ultra Seat pada HR-V terbagi menjadi refresh mode (menyambung kursi depan dengan kursi belakang), tall mode (menegakan dudukan kursi belakang) dan utility mode yang dapat membuat kursi belakang terlipat rata lantai. Wajar saja karena HR-V juga memakai sharing platform dengan Honda Jazz.

Kesimpulan

Honda HR-V bisa jadi crossover yang semakin laris dengan adanya program relaksasi PPnBM dari pemerintah. Fiturnya sih sudah pas namun sebenarnya tidak istimewa bila dibandingkan dengan KIA Seltos.

Pendatang baru ini menghadirkan sebuah crossover yang fresh, dengan desain elegan dan maskulin ala mobil Eropa atau Amerika. Belum lagi, Seltos punya beberapa fitur keren yang tidak dipunyai Honda HR-V 1.5 seperti sunroof, wireless charging, dan head unit dengan teknologi mutakhir.  

Komentar