window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5?

Yongki Sanjaya · 20 Jun, 2022 17:30

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 01

Segmen crossover kini telah bertransformasi mengisi segmen kelas menengah atas. Harganya pun sudah setara dengan SUV medium di kisaran Rp500 jutaan, dan hadir dengan fitur premium dan bahkan telah memiliki ADAS. Di kisaran harga yang selisihnya lumayan jauh, apakah Honda HR-V tipe tertinggi bisa mengungguli Mazda CX-5 yang kastanya lebih tinggi? 

Sebagai informasi Honda HR-V 1.5 RS Turbo with Honda Sensing kini dijual Rp513.900.000 sedangkan Mazda CX-5 Elite dijual Rp597.700.000. Selisihnya mencapai Rp83,8 juta atau nyaris Rp84 jutaan. Secara harga sebenarnya Mazda CX-5 Elite ini sepadan dengan Honda CR-V, hanya saja konfigurasinya cuma 5-penumpang.

Mazda selama satu dekade terakhir terus berevolusi menjadi merek Jepang papan atas. Ini membuat Mazda berusaha menghadirkan mobil dengan fitur premium, diantaranya Adaptive LED headlamp, 10-speakers BOSE premium audio, hingga Mazda Radar Cruise Control (MRCC) di Mazda CX-5.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apakah Mazda CX-5 Elite ini cuma 'jual nama' dan reputasi sebagai SUV menengah atas? Mampukah Honda HR-V 1.5 RS Turbo melampaui dengan kecanggihan fiturnya? Mari kita bandingkan keduanya.

Honda HR-V 1.5 RS Turbo, Lebih Murah Tapi Terlengkap

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 01

Honda HR-V generasi kedua mungkin dianggap sebagai anak bawang karena memang masuk kategori crossover. Hal menarik yang jadi keunggulan Honda HR-V terbaru ialah teknologi Honda Sensing yang tersedia di semua varian. Selain itu, hadir juga opsi mesin 1.5 L turbo di tipe RS. 

EksteriorAll New Honda HR-V 1.5L RS Turbo hadir dengan tampilan yang semakin sporty dengan Aero Kit RS yang stylish dan aksen garis merah pada bumper bawah, berikut dan Dual Exhaust Pipe Finisher. Fitur keselamatan di mobil andalan Honda ini juga cukup lengkap, dimana Teknologi Honda Sensing pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Dari segi performa, All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo mengusung mesin baru 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Untuk semakin menambah sensasi berkendara, terdapat 3 pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ. 

Fitur Kenyamanan Jempolan di Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 02

Interior All New Honda HR-V juga semakin berkelas dilengkapi dengan Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C. Hadir pula 3-Mode Drive System (Sport, Normal, ECON), Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close dan 6 Airbags. Tak kalah penting, HR-V tipe tertinggi juga memiliki panoramic glass roof. 

Fitur hiburannya didukung 8” Capacitive Touchscreen Display Audio, USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink (dengan tambahan kabel untuk mirroring) berikut 4-Speakers + 2 Tweeters

New Mazda CX-5, SUV Medium dengan Status 'Mewah'

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 03

Brand Mazda kini telah berinovasi menjadi sebuah merek Jepang kelas atas. Menjunjung tinggi filosofi Jinba Ittai New Mazda CX-5 dilengkapi dengan Skyactiv-Vehicle Architecture. Filosofi ini menciptakan sebuah kendaraan yang bisa menyatukan manusia dengan mobil. 

Mazda memakai pendekatan unik terhadap teknologi struktur kendaraan baik dari body, suspensi, hingga kursi, memberikan pengalaman berkendara yang lebih natural dan nyaman.

Terdapat banyak peningkatan fitur fungsionalitas di New Mazda CX-5, seperti wireless charging (Qi). Selain itu, pembaruan yang dilakukan Mazda mencakup pada peningkatan kenyamanan berkendara mulai dari settingan suspensi, kursi, dan kualitas NVH (Noise, Vibration, and Harshness). Mazda CX-5 telah memiliki beberapa fitur unggulan yakni:

  • Sistem audio besutan BOSE dengan 10 speaker
  • Active Driving Display
  • i-Stop
  • Transmisi Tiptronic
  • Auto-dimming inner mirror
  • Smart City Brake Support
  • Adaptive LED Headlamp
  • Mazda Connect
  • Wireless Charger
  • Kamera 360.

Untuk ruang bagasi cukup inovatif dengan fitur hands-free power liftgate, memungkinkan buka-tutup pintu bagasi secara otomatis melalui sensor di bagian tengah bawah bumper belakang. 

Teknologi di Mesin Mazda CX-5 Elite, Bisa Berjalan Cuma Pakai 2 Silinder

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 04

Bicara soal performa, Mazda CX-5 menggunakan mesin Skyactiv berbahan bakar bensin dengan  kapasitas 2.5L yang memiliki tenaga sebesar 190ps dan torsi 252 Nm. Selain itu mesin ini dilengkapi dengan teknologi cylinder deactivation yang dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi. 

Fungsi ini secara otomatis menentukan mana yang lebih baik untuk  pengemudian; 4 silinder atau 2 silinder, dengan melakukan perpindahan secara otomatis. Silinder satu dan empat dinonaktifkan dalam situasi berkendara ringan, seperti saat melaju dengan kecepatan konstan.

Fitur Keselamatan Canggih di Mazda CX-5, Mahal Tapi Tak Selengkap Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Harga Nyaris Rp84 Juta Lebih Murah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo Menang Banyak Dari Mazda CX-5? 05

Bicara fitur keselamatan, Mazda CX-5 memiliki teknologi i-ACTIVSENSE yang mencakup serangkaian fitur keselamatan canggih. The New CX-5 sudah  dilengkapi dengan serangkaian fitur safety lengkap seperti Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang membantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya ketika diaktifkan, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan juga Cruising and Traffic Support, keselamatan pengemudi Mazda menjadi semakin terjamin.

Tidak cuma itu, Mazda CX-5 facelift juga didukung beragam fitur keselamatan standar yang cukup komprehensif antara lain:

  • Cruising & Traffic Support (CTS)
  • Front parking sensor
  • Mazda connect
  • Smart City Brake Support (Reverse).

Kesimpulan

Dengan selisih harga yang segitu mahal, fitur yang dimiliki Mazda CX-5 Elite tak lebih baik ketimbang Honda HR-V 1.5 RS Turbo. Namun demikian, Mazda kini terkenal dengan built quality produknya yang cukup baik dan solid.

Hal mendasar inilah yang menjadikan Mazda CX-5 layak disebut sebagai SUV menengah atas. Built quality menjadi selling point utama yang tak dimiliki oleh Honda HR-V. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Mazda CX 5 GT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil