window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dimensi Membesar, All New Honda CR-V 2023 Layak Jadi Pesaing Dekat Hyundai Palisade?

Enda · 15 Jul, 2022 14:00

All New Honda CR-V 2023

Wujud asli generasi keenam Honda CR-V berhasil diperkenalkan baru-baru ini. Bukan di negara asalnya, debut pertama All New Honda CR-V 2023 dilakukan di Amerika Serikat, tepatnya di Torrance, California.

Punya empat varian berbeda, yaitu; EX, EX-L, Sport dan Sport Touring, CR-V 2023 Lebih prestisius sekaligus memiliki performa berkendara yang semakin menyenangkan. Terlebih secara dimensi lini terbaru Honda di segmen Medium SUV ini lebih gambot dibandingkan generasi sebelumnya.

Memiliki dimensi lebih besar, apakah Honda CR-V 2023‘naik kelas’ dan menjadi pesaing utama Hyundai Palisade? Berikut ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord

Dimensi All New Honda CR-V 2023 Vs Hyundai Palisade

All New Honda CR-V 2023

Dimensi All New Honda CR-V 2023 lebih besar dibandingkan model sebelumnya

Di generasi keenamnya All New Honda CR-V secara bentuk terlihat mempertahankan garis besar desain pada model sebelumnya. Hanya saja penampilannya terkesan semakin sporty sekaligus atraktif berkat konsep yang diterima.

Terlihat pada wajahnya, SUV jenama Negeri Matahari Terbit ini mengimplementasikan bahasa desain Solid Wing Face layaknya kebanyakan produk Honda lainnya. Grillnya bukan cuma terlihat gahar, tampilannya juga tampil mewah berkat dilaburnya dengan warna hitam solid. Untuk sistem pencahayaannya rumah lampunya berdesain pipih dengan menganut teknologi LED.

Melihat bumpernya, bentuknya menampilkan kesan sporty berkat adannya tambahan difusser serta dua kisi-kisi udara yang diletakan di setiap sisinya. Melihat tampilan sampingnya, di atas handle pintu terdapat garis tegas yang membujur dari ujung lampu depan dan terhubung hingga stoplampnya yang terkesan begitu kokoh.

Sebagai ciri khas mobil SUV, di atas roda All New Honda CR-V 2023 tersematkan over fender berkelir hitam doff yang terhubung dengan side skirts sekaligus sebagai side moulding.

Melihat bagian buritan, pada stoplampnya CR-V 2023 berbentuk L shape dengan garis menyudut yang menganut teknologi LED. Selain itu juga, di belakang telah dilengkapi high mount stoplamp pada spoiler, shark fin antenna, rear wiper dan deffoger. Untuk bagian bawah terdapat dua buah lubang muffler yang dipadukan dengan bumper bewarna hitam dengan tampilan gambot dan berotot.

Sebagai informasi, All New Honda CR-V 2023 dibangun dengan platform terbaru. Untuk dimensinya, kini CR-V terbaru memiliki panjang 4.694 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.681 mm, dan wheelbase mencapai 2.700 mm. Sedikit membadingkan dengan generasi sebelumnya, CR-V 2023 lebih panjang 71 mm, lebih lebar 10 mm, lebih tinggi 24 mm dan wheelbasenya ditarik mundur 40 mm.

Hyundai Palisade

Hyundai Palisade

Bicara dimensi Hyundai Palisade, di atas kertas LSUV pabrikan Negeri Gingseng ini berada di angka 4.980 mm untuk panjangnya, lebar 1.975 mm, tinggi 1.750 mm, serta wheelbase 2.900 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, meski Honda CR-V 2023 semakin besar, secara dimensi Medium SUV ini masih kalah jauh dibandingkan dengan Hyundai Palisade. Dengan begitu juga generasi keenam CR-V bukan menjadi pesaing terdekatnya.

Fitur Unggulan Hyundai Palisade Lebih Lengkap

All New Honda CR-V 2023

Interior All New Honda CR-V 2023

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, All New Honda CR-V 2023 di AS hadir dalam empat varian, EX, EX-L, Sport dan Sport Touring. Untuk varian EX dan EX-L hadir dengan sistem hiburan layar sentuh 7 inci, sedangkan Sport dan SPort Touring dibekali sistem hiburan layar sentuh 9 inci yang mendukung konektivitas wireless Apple CarPlay dan Android Auto, Qi-compatible 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system. 

Guna memberikan kesan berkendara lebih, mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic sunroof di baris pertama.

Sebagai SUV flagship 7-seater dari Hyundai, Palisade menampilkan suasana kabin yang mewah dengan nuansa intuitif yang premium. Mobil ini dilengkapi oleh captain seats di baris kedua, selain itu juga didukung dengan baris ketiga yang luas. Untuk joknya Palisade dilapisi kulit premium jenis Nappa. Selain itu, kelengkapan Dual sunroof dikombinasikan dengan atap mobil yang dapat terbuka memberikan kesan lapang yang luar biasa bagi penumpang yang ada di belakang.

Pada seluruh baris tempat duduk, Hyundai Palisade telah disediakan 7 port USB untuk semua penumpang (6 port USB pengisi daya dan 1 port USB terminal multimedia).

Hyundai Palisade

Interior Hyundai Palisade

Selain itu juga dilengkapi dengan wireless charger dan touch display audio berukuran 8 inci. Apabila pengemudi dan penumpang di kursi depan ingin menikmati musik selama perjalanan, maka pengemudi dapat mengaktifkan Quiet Mode (Mode tenang) yang akan mematikan speaker di bagian belakang hanya dengan menekan satu tombol.

Baca juga: Inilah Detail Hyundai Palisade Facelift 2022 Buat Indonesia, Sudah Punya Smartsense dan Bluelink!

All New Honda CR-V 2023 Didukung dengan Mesin Hybrid

All New Honda CR-V 2023

All New Honda CR-V 2023 ditawarkan mesin 1.5L turbo dan 2.0L HEV 

Pasar Amerika Serikat, generasi keenam Honda CR-V ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.5L turbo dan 2.0L HEV (Hybrid Electric Vehicle). Varian EX dan EX-L, dipadukan dengan mesin 1.5L turbocharged 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan tipe Sport dan Sport Touring yang menggendong mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris dipadukan dengan dua motor sistem hybrid (two motor hybrid system) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 204 HP.

Tidak seperti mesin konvensional, versi hybrid-nya baru akan diproduksi dan dijual pada musim gugur tahun ini di Amerika Serikat, yang mana diharapkan mampu memberikan kontribusi sebesar 50% dari total penjualannya.

Untuk tingkat percepatannya tipe EX & EX-L menggunakan transmisi CVT yang mana kini telah dilengkapi dengan teknologi Step-Shift programming dimana dapat membuat perpindahan gigi lebih terasa ketika berkendara. Sementara itu tipe Sport dan Sport Touring menggunakan transmisi two-motor hybrid system. 

Selain itu, Real Time All-Wheel Drive with Intelligent Control System juga mendapatkan improvisasi dalam hal manajemen traksi pada berbagai kondisi jalanan yang licin seperti bersalju maupun berlumpur. Guna menyesuaikan gaya berkendara All New Honda CR-V 2023 turut dihadirkan pilihan mode berkendara; ECON, Normal dan Snow untuk tipe EX & EX-L kemudian ECON, Normal, Snow dan Sport untuk tipe Sport dan Sport Touring.

Hyundai Palisade

Shift-By-Wire Hyundai Palisade

Tidak seperti CR-V 2023 yang menggunakan mesin bensin 1.5L turbo dan 2.0L HEV, Hyundai Palisade mengandalkan jantung pacu R 2.2L CRDi inline 4 cylinder diesel with e-VGT dengan output tenaga 200 PS @3.800 rpm dan torsi 440 Nm @1.750-2.750 rpm. Untuk transmisinya Palisade dipadukan dengan otomatis 8-percepatan yang diatur menggunakan tombol Shift-By-Wire (SBW). SUV ini juga menyediakan Drive Mode yang terdiri dari COMFORT, ECO, SPORT dan SMART.

Selain Drive Mode, mobil ini juga dilengkapi dengan Multi-Terrain Control yang terintegrasi untuk beralih dari Drive Mode dan Terrain Mode. Dengan mengaktifkan Terrain Mode, Palisade dapat menjelajahi berbagai kondisi medan yang ada.

Melalui pilihan mode SNOW, MUD, dan SAND yang ada di fitur Terrain Mode, mobil ini mampu memberikan daya cengkram pada ban lebih optimal.

Kesimpulan

Meski All New Honda CR-V 2023 menggunakan platform baru yang membuat dimensinya semakin membengkak, SUV ini bukanlah pesaing utama Hyundai Palisade. Tetap bermain di segmen Medium SUV berkapasitas 7-seater, CR-V terbaru tentu akan terasa lebih nyaman digunakan dibanding model sebelumnya berkat beberapa improvement yang dilakukan.

Baca juga: Hyundai Palisade XRT Resmi Meluncur, SUV Stylish Tapi Gak Cengeng Diajak Offroad

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil