4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord

Prasetyo · 12 Jul, 2022 10:04

4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord 01

  • Ada empat mobil Honda yang akan discontinue hingga September 2022.
  • Keempatnya yaitu Honda Shuttle, CR-V, Insight, dan Accord.
  • Honda CR-V dihentikan produksinya Agustus 2022, Accord di September 2022.

Berita sedih datang dari Honda. Karena dalam dua bulan ke depan, ada empat mobil Honda yang akan dihentikan penjualannya. Itu berarti, mobil-mobil tersebut segera mengakhiri kiprahnya dibelantikan industri otomotif dunia.

4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord 02

Awalnya Odyssey yang diumumkan stop produksi

Keempat mobil tersebut adalah Honda Shuttle, Honda CR-V, dan Honda Insight yang akan terakhir diproduksi Agustus 2022. Sementara satu lagi datang dari Honda Accord yang rencananya bakal distop produksinya pada bulan September 2022.

Dihentikannya produksi kempat mobil tersbeut berarti menambah panjang daftar mobil honda yang discontinued. Yaitu ada Clarity, Legend, Odyssey, S660, Acty, dan NSX. Jadi dalam dua tahun ini ada 10 mobil Honda yang setop produksi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga : Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan?

Akibat Pasar Meredup dan Penutupan Pabrik

4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord 01

CR-V di Jepang terakhir diproduksi Agustus 2022

Dikutip dari Bestcarweb, Selasa (11/07/2022) pihak Honda menjawab ada sejumlah alasan mengapa pabrikan berlogo H tegak itu memangkas sejumlah lini produknya. "Ini merupakan hasil dari penelitian ulang tren pasar di Jepang dan kebutuhan pelanggan terhadap model-model Honda," jelas divisi Humas Honda, Jepang.

Misalnya untuk Honda CR-V, model ini dianggap makin tidak cocok untuk pasar Jepang akibat harganya sudah terlampau mahal. Kondisi itu pun mengakibatkan penjualnnya terus lesu. Alhasil penjualan model di bawahnya seperti Honda HR-V atau Vezel serta ZR-V lebih moncer. Pabrikan pun belum memutuskan apakah akan meneruskan model CR-V untuk pasar Jepang.

4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord 02

Honda Accord discontinue September 2022

Kemudian untuk Honda Insight, dikatakan sumber tersebut jika pabrikan sudah menyiapkan Civic e:HEV yang baru saja diumumkan. Civic dinilai menjadi evolusi yang lebih sporty namun tetap mengusung kendaraan ramah lingkungan dibanding Insight.

Mengenai Honda Accord sebenarnya bukan dihentikan sepenuhnya. Namun hanya sementara sampai model barunya muncul. Selain itu penutupan pabrik Sayama, Jepang yang memproduksi Clarity dan Odyssey juga mempengaruhi lini produk Honda.

Baca juga : Pabrik Honda Odyssey Ditutup Tahun Depan, Pertanda Discontinue?

Jadwal Penghentian Produksi Beberapa Mobil Honda Tahun Ini

4 Mobil Honda Bakal Stop Produksi Tahun Ini, Termasuk CR-V dan Accord 03

Honda NSX generasi kedua juga discontinue

Selain alasan mengapa banyak mobil Honda discontinue ternyata sumber tersebut juga menuturkan jadwal penghentian produksi dan penjualan model-model tersebut.

Antara lain untuk Shuttle sebenarnya sudah diumumkan untuk penghentian produksinya mulai 9 Mei 2022. Namun produksinya baru akan disetop akhir Agustus 2022, penjualan pun hanya akan menghabiskan stok yang ada.

Kemudian untuk CR-V, Honda juga akan menghentikan proses produksinya akhir Agustus 2022. Penjualannya pun hanya akan menghabiskan stok yang tersisa. Sementara di September 2022 giliran Honda Accord yang dihentikan produksinya. Termasuk juga Honda akan menghentikan produksi NSX generasi kedua pada Desember 2022.

Apakah ini akan berefek juga ke Indonesia?

Baca juga : Honda Civic RS Turbo Stop Produksi, Giliran Honda Civic e:HEV 2022 Yang Naik Panggung. Ke Indonesia Gak Ya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru