window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky?

Enda · 28 Sep, 2021 15:00

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 01

Tipe teratas Daihatsu Xenia mendapatkan fitur A.S.A yang sama seperti Rocky?

Sama seperti Avanza, menurut kabar yang beredar Daihatsu Xenia 2022 diprediksi akan melakukan debutnya pada November 2021.

Xenia terbaru yang akan diluncurkan menjelang akhir tahun ini diketahui mengacu pada mobil konsep Daihatsu DN Multisix, yang mana bakal mempunyai bentuk lebih aerodinamis dengan gabungan desain Rocky dan Terios.

Perlu diketahui, status kode produk kendaraan yang merujuk pada Xenia 2022 ini tertera dengan jelas pada dokumen terbaru milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 Tahun 2021 yang membahas perubahan penghitungan dasar pengenaan pajak dan BBN (Bea Balik Nama) kendaraan bermotor.

Baca juga: Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Akan Dapatkan 6 Airbag dan AEB Untuk Sikat Mitsubishi Xpander!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 01

Harga NJKB dan DP PKB Daihatsu Xenia 20222

Melihat secara lebih detail, nama Xenia terbaru memang belum terpampang jelas di dalam daftar. Prediksi kuat kami mengatakan bahwa di dalam dokumen Kemendagri, Daihatsu Xenia 2022 ini diberi kode produk W100RG untuk varian 1.3L dan kode W101RG untuk mesin 1.5L.

Bicara harga DP PKB yang mana gabungan antara NJKB dengan BOBOT sebesar 1.050, diketahui untuk harga termurahnya, yakni W100RG-LMDFJ 1.3 M MT adalah Rp141.750.000. Sedangkan tipe W101RG-LBFRJ 1.5 R CVT A.S.A sebesar Rp180.600.000.

Mengacu dalam daftar, varian teratas Daihatsu Xenia 2022 bakal mendapatkan fitur keselamatan ADAS yang dinamai A.S.A. (Advanced Safety Assist). Teknologi A.S.A ini sebelumnya diketahui lebih dulu hadir pada Rocky 1.0L turbo varian teratas yang diluncurkan pada akhir April tahun ini.

A.S.A sendiri merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya, yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Secara prinsip kerja, fitur A.S.A diawali dari kamera stereo dan sensor yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan berbagai sistem pada mobil untuk keselamatan.

Lantas apakah nantinya fitur keselamatan A.S.A yang ada pada Rocky ini akan sama persis dengan yang ada di Daihatsu Xenia 2022?

Baca juga: 5 Fakta Toyota Avanza 2022 yang Siap Meluncur Akhir Tahun 2021

Deretan Fitur Keselamatan A.S.A di Rocky yang Diprediksi Akan Hadir di Daihatsu Xenia 2022

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 02

6 fitur keselamatan A.S.A pada Rocky yang diprediksi turut hadir di Daihatsu Xenia 2022

Fitur A.S.A yang ada di Rocky ini memiliki 6 fungsi, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. 6 fitur tersebut juga diprediksi akan hadir pada varian teratas Xenia 2022.

1. Pre-Collision Warning

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 03

Ini merupakan fitur peringatan tabrakan depan yang mampu mencegah pengemudi menabrak sesuatu di depannya, apabila pengemudi kehilangan konsentrasi berkendaranya. Sistem ini menggunakan kamera, sensor, atau radar.

Cara kerja sistem ini akan memberikan peringatan seperti alarm untuk mendapat perhatian pengemudi.

2. Pre-Collision Braking

Pre-Collision Braking ini dapat membantu pengendara melakukan pengereman secara otomatis untuk mengurangi dampak dari tabrakan dengan kendaraan di depan akibat situasi jarak yang terlalu dekat, maupun terlambat dalam melakukan pengereman.

3. Pedal Misoperation Control

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 04

Pedal misoperation control

Pedal misoperation control merupakan fitur keselamatan yang menjawab terjadinya kecelakaan karena pengemudi salah menginjak pedal gas. Cara kerja fitur dengan mendeteksi objek yang ada di depan dengan kamera driver assist.

Sistem pedal misoperation aktif ketika sebuah objek yang terdeteksi tersebut terdapat dalam jarak 4 meter di depan mobil. Ketika pedal gas tidak sengaja terinjak, sistem pedal misoperation akan memperingatkan pengemudi dengan menyalakan buzzer peringatan.

Selain itu, fitur secara otomatis melakukan deselerasi dengan cara mengurangi putaran mesin serta mengaktifkan rem hingga pengemudi dapat menginjak pedal rem. Sebagai catatan, fitur keselamatan ini hanya aktif ketika mobil melaju di kecepatan kurang dari 10 kilometer per jam.

4. Front Departure Alert

Seperti namanya, Front Departure Alert memberi tahu ketika mobil di depan mulai berjalan dalam kemacetan. Sebagian besar pengemudi di Indonesia seringkali bermain ponsel ketika terjebak kemacetan.

Jadi, fitur FDA ini mengingatkan pengemudi yang mungkin sedang teralihkan perhatiannya untuk kembali melakukan perjalanan setelah pengemudi kehilangan jarak 3 meter dari mobil didepannya.

5. Lane Departure Warning

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 05

Lane Departure Warning

Sistem ini membuat pengemudi dapat lebih terjaga dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak sengaja. Perlu diperhatikan bahwa teknologi keselamatan yang tergabung dalam A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis.

Dengan demikian, pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan dan harus senantiasa berkendara dengan aman, walaupun kendaraan sudah dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni.

6. Lane Departure Prevention

Fitur ini diketahui mampu membantu menjaga kendaraan agar tidak menyimpang dari jalur secara tidak sengaja. LDP menggunakan kamera untuk memantau jarak antara kendaraan dan marka jalur.

Jika kendaraan tanpa disadari melewati atau menginjak marka jalan, sistem akan membunyikan peringatan terlebih dahulu, diikuti dengan aplikasi rem secara selektif untuk membantu kendaraan kembali ke jalurnya.

Oh iya, bicara fitur keselamatan lainnya, menurut prediksi kami Daihatsu Xenia 2022 nantinya akan dibekali dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist). Selain itu juga terdapat rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Daihatsu Xenia 2022 Menggunakan Platform DNGA

Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky? 06

Daihatsu Xenia 2022 Menggunakan Platform DNGA

Sama seperti model sebelumnya, Daihatsu Xenia 2022 merupakan Low MPV yang diproduksi di pabrik Daihatsu Sunter Plant. Namun ada yang berbeda, Xenia 2022 ini memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang lebih dulu digunakan oleh Rocky dan Toyota Raize.

DNGA ini dikembangkan dengan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Baca juga: Mending Booking All New Honda BR-V Sekarang Apa Tunggu Toyota Avanza 2022 Sebentar Lagi?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil